Dari Peserta Dicoding Academy menjadi Dicoding Reviewer

Dari Peserta Dicoding Academy menjadi Dicoding Reviewer

Mari berkenalan dengan salah satu Dicoding Reviewer kami “Tatang Kuswandi”. Dulu peserta Dicoding Academy, kini Tatang dipercaya sebagai Reviewer di Dicoding. Apa rahasianya? Mari simak berikut ini.

September 2019, Tatang mulai bergabung dan belajar di Dicoding Academy. Sebagai peserta awam yang baru melangkah belajar pemrograman, kelas Belajar Dasar Pemrograman Web jadi pilihannya.

Awalnya sempat terkendala dalam belajar. Ia tak tahu lagi harus berkonsultasi kepada siapa. Alhasil, ia tidak melanjutkan kelas yang sedang dipelajari.

Berkesempatan Mengikuti Program Beasiswa IDCamp

Tatang pun mencoba peruntungan pada program beasiswa IDCamp 2020 yang diadakan oleh Dicoding bersama Indosat Ooredoo. Ia berhasil lolos seleksi  sebagai penerima beasiswa tersebut. Dengan memilih alur belajar di learning path Front-End Web Developer, ia sangat mengharapkan bisa lanjut belajar di kelas yang sebelumnya ia pelajari dan lulus!

Saat mengikuti beasiswa ini, Tatang sangat terbantu dalam belajar. Di antaranya ada fasilitator yang selalu membimbing setiap peserta, berkenalan dengan Forum Diskusi, dan bisa berdiskusi dengan sesama peserta.

Konsisten, disiplin dan berperan aktif dalam berdiskusi adalah kuncinya. Ia bisa lulus dari kelas Dasar hingga Expert setelah 285 jam belajar dengan nilai yang memuaskan.

Selain aktif bertanya di forum diskusi, ia juga suka membantu peserta lainnya yang memiliki kendala. Baginya belajar bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga dapat berbagi.

“Forum diskusi sangat-sangat membantu peserta dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Terkadang saya tidak perlu membuat diskusi baru, karena sudah menemukan diskusi yang ingin dicari.” (Tatang).

Tak hanya itu, menurutnya forum diskusi juga bisa menjadi tempat dirinya menguji sejauh mana pemahaman dirinya mengenai materi yang sudah dipelajari.

Bergabung Menjadi Bagian dari Dicoding

Kami melihat potensi Tatang yang begitu aktif dalam bertanya maupun bantu menjawab pertanyaan di forum diskusi. Sehingga, kami menawarkan dirinya untuk menjadi Discussion Squad. Senang pastinya menjadi bagian dari Dicoding dan tambah bersemangat.

Selalu berkontribusi berbagi ilmu dan membantu peserta dalam menghadapi kendala belajar, pada akhir 2020 tahun lalu, ia mendapat kembali kesempatan untuk menjadi salah satu code reviewer di learning path Front-End Web Developer.

Keren kan?

Mulai aktif di forum diskusi yuk! Selain berbagi ilmu, kamu juga bisa berkesempatan menjadi tim Discussion Squad hingga menjadi Dicoding Reviewer. Kamu kah selanjutnya?


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.