tesalonika angela tumey lulusan dts yang dapat pekerjaan setelah lulus

Dapat Pekerjaan setelah Ikut DTS FGA Analitik Data 2022

Cerita Tesalonika Angela Tumey, Lulusan Program DTS FGA Analitik Data 2022

“Sesuatu yang berdiri di antara kamu dan mimpimu hanyalah keinginanmu untuk mencoba dan keyakinanmu bahwa itu bisa diraih.”
(Joel Brown, Motivator)

Punya pekerjaan menjanjikan adalah mimpi dari hampir semua calon lulusan baru, termasuk Tesalonika Angela Tumey (21). Perempuan yang biasa dipanggil Tesa ini merupakan lulusan program studi Matematika di Universitas Sam Ratulangi. Menjelang masa studi sarjananya selesai, Tesa sempat resah dan bertanya pada dirinya sendiri, “Apa ilmu dan pengalaman yang aku punya sudah cukup untuk melamar kerja nanti?”

Pertanyaan tersebut mendorongnya untuk mendaftarkan diri ke program Digital Talent Scholarship Fresh Graduate Academy (DTS FGA) Analitik Data 2022. Ia sadar bahwa seorang lulusan Matematika seperti dirinya kelak bisa berkarier di bidang data selama memiliki bekal ilmu yang cukup.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Calon Lulusan Baru Matematika Murni yang Mencari Tahu tentang Prospek Kerja

tesalonika saat lulus dari kampus

Bersama keluarganya, Tesa tinggal di Bitung, Sulawesi Utara. Ia merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Ayah Tesa adalah seorang penjaga keamanan di sebuah perusahaan perikanan, sedangkan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Kedua orang tua Tesa memberikan dukungan penuh terhadap apa yang menjadi minat putri sulungnya selama ia bertanggung jawab.

Selepas SMA, Tesa menyadari bahwa ia menaruh minat pada Matematika. Berbekal restu dan dukungan orang tua, akhirnya Tesa memutuskan untuk merantau ke Manado yang berjarak 43 km dari kota tempat tinggalnya. Di sana, ia melanjutkan studi di Universitas Sam Ratulangi, jurusan Matematika.

Empat tahun lamanya Tesa menuntut ilmu dengan baik di jurusan pilihannya. Kemudian, menjelang kelulusannya di tahun keempat, Tesa mulai mencari informasi mengenai karier yang bisa dipilih oleh seorang calon lulusan Matematika seperti dirinya. Pencariannya berujung pada prospek karier di bidang data. Penemuannya tersebut membuatnya tertarik untuk mendalami ilmu data.

“Berlari” Kencang untuk Menyelesaikan Program DTS FGA Lebih Cepat

Saat ketertarikan Tesa untuk mempelajari ilmu data tumbuh, ia menemukan info tentang program DTS FGA dari salah seorang temannya. Melihat program ini memiliki alur belajar Analitik Data di dalamnya, tekad Tesa semakin bulat untuk mendaftarkan diri.

“Aku tertarik untuk daftar program DTS FGA Analitik Data 2022 karena ingin menjadi lulusan baru yang siap kerja.”

Sebulan sebelum seremoni kelulusannya di Universitas Sam Ratulangi, Tesa mendaftar ke DTS FGA Analitik Data 2022. Namun, proses belajarnya di DTS dimulai setelah momen wisudanya berlangsung. Saat itulah Tesa mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebagai seorang lulusan baru yang ingin segera bekerja di bidang data.

Di DTS, Tesa dituntut untuk bisa belajar secara mandiri. Keinginannya yang begitu kuat untuk segera mendapatkan pekerjaan purnawaktu mendorong Tesa untuk menyelesaikan masa belajar lebih cepat dari waktu yang ditentukan.

“Peserta lain mungkin butuh waktu dua bulan untuk menyelesaikan kelas. Namun, aku “berlari” sekencang-kencangnya untuk memperpendek periode tersebut menjadi satu bulan.”

Usaha Tesa berhasil saat ia akhirnya melewati 180 jam belajar di DTS FGA Analitik Data hanya dalam waktu tiga puluh hari. Ia sudah tak sabar membawa sertifikat kelulusannya dari program DTS untuk melamar berbagai pekerjaan purnawaktu di bidang data.

DTS FGA Analitik Data yang Memberikan Tesa Bekal Cukup untuk Dapatkan Pekerjaan

tesalonika setelah dapat pekerjaan

Tesa yang berhasil lulus dari program DTS FGA Analitik Data lebih cepat dari waktu yang ditentukan sangat bersemangat mencari lowongan pekerjaan purnawaktu di bidang data. Berbagai platform pencarian kerja ia gunakan untuk menunjukkan resume dan sertifikat kelulusannya dari DTS FGA Analitik Data.

Pencariannya berakhir saat ia bertemu dengan PT Arta Boga Cemerlang (Orang Tua Group) yang membuka posisi Full-Time Sales Data Analyst. Kesempatan kerja yang perusahaan ini tawarkan tak Tesa lewatkan begitu saja. Namun, berbeda dengan perusahaan lain yang sudah Tesa lamar, PT Arta Boga Cemerlang memberikan lampu hijau di setiap tahap rekrutmen yang Tesa jalankan.

“Akhirnya, aku berhasil diterima sebagai Sales Data Analyst di PT Arta Boga Cemerlang. Di kantor, aku bertugas untuk mengelola basis data penjualan perusahaan. Ilmu yang aku dapatkan dari DTS sangat membantu dalam melaksanakan pekerjaan, khususnya saat aku harus mengumpulkan data-data yang diperlukan.”

Sebagai seorang lulusan baru yang sukses mendapatkan pekerjaan purnawaktu di sebuah perusahaan besar tak lama setelah studinya selesai, Tesa amat merekomendasikan para fresh graduate untuk ikut serta di program DTS FGA Analitik Data. Berdasarkan pengalamannya, sertifikat keikutsertaan di program-program unggulan seperti DTS FGA dapat membuat rekruter tertarik untuk menggali profil pelamar yang bertitel lulusan baru. Ketertarikan rekruter inilah yang akan membuat kesempatan diterima di perusahaan yang dituju semakin besar.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!