registrasi bangkit 2024 resmi dibuka

Bangkit 2024 dengan Kurikulum AI: Langkah Tepat untuk Memulai Karier Teknologi

Pada akhir tahun 2023 nanti, Bangkit akan melatih lebih dari 15.000 orang. Ini membuktikan bahwa program yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dirancang khusus oleh Google, serta didukung penuh oleh GoTo dan Traveloka ini memiliki dampak yang masif terhadap calon talenta digital di Indonesia.

Agar program yang terafiliasi dengan Kampus Merdeka – Studi Independen Bersertifikat (SIB) ini bisa terus memberikan dampak pada mahasiswa-mahasiswi di Indonesia, Bangkit kembali hadir untuk paruh pertama tahun 2024.

Baru: Bangkit Hadir dengan Kurikulum Berbasis AI 

Selama belajar di Bangkit, peserta akan mendapatkan pelatihan komprehensif mengenai salah satu dari tiga pilihan keahlian teknologi berorientasi karier, yaitu machine learning, mobile development, dan cloud computing

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Bangkit setara dengan 20 SKS dan akan berlangsung secara daring selama 20 minggu atau lebih dari 900 jam belajar pada semester genap tahun 2024, yakni dari Februari s.d. Juli 2024. 

Hal terbaru: Kini Bangkit dilengkapi dengan materi pembelajaran teranyar, yakni artificial intelligence (kelas wajib) dan cyber security (kelas opsional).

Kurikulum berbasis artificial intelligence (AI) ini bisa teman-teman dapatkan lewat kelas sebagai berikut: 

  • Introduction to AI: untuk peserta pada learning path Mobile Development dan Cloud Computing. 
  • Applied Machine Learning: (sama dengan atas). 
  • Generative AI: untuk peserta pada learning path Machine Learning.
  • Bonus: Cyber Security: untuk peserta pada learning path Cloud Computing.

Kehadiran pembelajaran baru ini adalah salah satu upaya Bangkit untuk mencetak talenta digital dengan pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan industri pada masa kini, khususnya dalam bidang AI. Akan ada 4.500 peserta terbaik yang dipilih untuk menjadi bagian dari Bangkit 2024 Batch 1.

Para peserta ini akan dibimbing langsung oleh para ahli teknologi yang berasal dari startup Indonesia kelas dunia dan institusi pendidikan ternama. Keikutsertaan para peserta dalam program Bangkit ini bersifat gratis.

Pelatihan Soft Skills dan Bahasa Inggris di Bangkit 

Selain pelatihan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi masa kini, para peserta Bangkit akan dibekali dengan keterampilan pelengkap berupa soft skills dan kemampuan berbahasa Inggris. Wawasan mengenai critical thinking, digital branding & interview communication, time management, professional communication, adaptability, idea generation and MVP planning, serta startup valuation akan menjadi bekal bagi para peserta saat memasuki dunia profesional. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, peserta akan mempelajari spoken correspondence, expressing opinion, dan business presentation.

Menerapkan Materi Ajar lewat Proyek Capstone Berbonus Dana Inkubasi 

Untuk mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh pada masa belajar, peserta akan mengerjakan proyek akhir yang bernama capstone project di akhir program. Nantinya, sejumlah tim terbaik akan mendapatkan pendanaan dan pengembangan lanjutan untuk menjadi sebuah startup.

Tim-tim terbaik ini akan meraih dana inkubasi dari Google dan Dikti sampai dengan 140 juta rupiah, dibimbing oleh mentor dari industri terkait, serta didampingi oleh universitas mitra Bangkit. Sebagai informasi, selama mengikuti program ini, peserta tidak akan mendapat uang saku.

Setiap proses pembelajaran yang peserta ikuti di Bangkit adalah wujud upaya Bangkit untuk membentuk para mahasiswa Indonesia agar menjadi talenta yang siap berkarier di industri.

Syarat Mengikuti Bangkit 

Untuk mengikuti program ini, peserta harus memenuhi syarat sebagai berikut.

  • Mahasiswa berstatus aktif setara D3/D4/S1.
  • Berasal dari universitas negeri dan swasta di seluruh Indonesia yang terdaftar pada PDDikti.
  • Bagi mahasiswa setingkat D3, mahasiswa sedang menempuh minimal semester 4 saat program Bangkit 2024 Batch 1 dimulai.
  • Bagi mahasiswa setingkat D4/S1, mahasiswa sedang menempuh minimal semester 5 saat program Bangkit 2024 Batch 1 dimulai.
  • Berasal dari jurusan apa pun, termasuk jurusan non-IT dan non-teknik.
  • Belum akan dinyatakan lulus dari universitas sampai Juli 2024 mendatang.

alur pendaftaran bangkit 2024

Bangkit adalah langkah tepat yang dapat diambil untuk membentuk diri menjadi talenta digital berkaliber tinggi yang siap berkarier. Apa pun latar belakangnya, seluruh mahasiswa Indonesia dari berbagai kalangan disarankan untuk mengikuti program ini. Kami sangat mendorong perempuan, difabel, dan mahasiswa dari penjuru Indonesia untuk ambil bagian. 

Cek laman berikut untuk melihat kisah-kisah inspiratif lulusan Bangkit.

Terakhir, daftarkan dirimu sebagai peserta Bangkit 2024 hingga batas akhir 15 Desember 2023)* melalui tautan https://g.co/bangkit!  

*Catatan: untuk melihat lini masa (timeline) ter-update, cek selalu website Kampus Merdeka.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.