Siap Berkarier di Perusahaan setelah Lulus Bangkit

Siap Berkarier di Perusahaan setelah Lulus Bangkit

Cerita Rafi Aditya Seno Aji, Lulusan Bangkit 2022 yang Siap Bekerja di Perusahaan Ternama setelah Lulus dari Program Ini

“Semakin banyak kamu berlatih, semakin baik kemampuanmu, semakin keras kamu berlatih, semakin besar hasil yang akan kamu capai.”
Michael Phelps, Atlet Renang Amerika Serikat

Faktor keberhasilan setiap orang dalam mencapai sesuatu amat beragam. Bagi Rafi Aditya Seno Aji (22), penentu keberhasilannya dalam berkarier di dunia teknologi adalah berlatih tiada henti. Sempat belajar secara mandiri membuat Rafi jauh lebih siap untuk belajar di Bangkit 2022.

Tingginya jam terbang Rafi dalam mempelajari teknologi memberikan manfaat bagi karier masa depannya. Belum resmi ia sandang gelar sarjana, sebuah pekerjaan purnawaktu di perusahaan sudah menantinya.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Berangkat dari Belajar Android secara Mandiri

Rafi selesai sidang

Rafi adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Dian Nuswantoro yang sudah bercita-cita untuk menjadi seorang talenta digital sejak kecil. Terbukti, kesungguhannya dalam mempelajari teknologi membuatnya berhasil meraih IPK 3.78 di kampus. Meski telah meraih prestasi akademik yang cemerlang, Rafi tahu bahwa untuk berkarier di bidang ini, ia perlu membekali diri dengan ilmu-ilmu yang lebih relevan.

Mengetahui hal tersebut, Rafi akhirnya memutuskan untuk belajar teknologi secara mandiri untuk memperluas wawasannya. Saat belajar mandiri tersebut, Rafi mencoba untuk mendalami ilmu Android.

“Saya tertarik untuk mempelajari Android karena saya tahu bahwa pengguna smartphone semakin lama akan semakin banyak. Oleh karenanya, saya rasa peluang untuk berkarier sebagai seorang Mobile Developer akan sangat luas. Saya ingin bisa mengembangkan aplikasi yang dapat bermanfaat bagi sesama suatu hari nanti,” ujar Rafi.

Selama belajar mandiri, Rafi memperkaya ilmunya dengan wawasan yang ia dapatkan dari berbagai sumber. Ketika suatu hari pengumuman mengenai program Bangkit 2022 dibuka dan alur belajar Mobile Development (Android) ditawarkan di dalamnya, Rafi tak berpikir dua kali untuk mendaftar. Ia benar-benar ingin banyak berlatih agar lebih siap berkarier di dunia teknologi.

Sungguh-Sungguh Belajar di Bangkit Demi Bisa Berkarier di Sebuah Perusahaan

Setelah mendaftar ke program Bangkit 2022, Rafi berhasil diterima sebagai peserta di alur belajar Mobile Development (Android). Tantangan baru pun Rafi hadapi sebagai seorang cohort. Ada banyak modul yang harus ia selesaikan karena Rafi dibentuk untuk menjadi seorang talenta digital berkaliber tinggi. Padatnya kegiatan di Bangkit membuat Rafi dituntut untuk menjadi seseorang yang lebih bisa mengatur kegiatannya sehari-hari.

Sebagai peserta, beragam metode belajar Rafi rasakan di Bangkit 2022. Dimulai dari sesi ILT tempatnya banyak bertanya mengenai berbagai hal yang belum ia mengerti, hingga sesi belajar mandiri yang ia gunakan untuk mengingat kembali materi yang sudah ia pelajari. Kesungguhan Rafi belajar di Bangkit semata-mata ia lakukan agar bisa menjadi talenta yang siap berkarier di perusahaan ternama.

Lima bulan belajar di Bangkit, akhirnya, Rafi berhasil lulus di momen liburan pergantian semesternya. Periode yang harusnya Rafi manfaatkan untuk beristirahat dan bersantai, ia gunakan untuk ikut serta di program Grow with Google Career Fair. Keikutsertaannya di program ini menjadi jembatan yang menyambungkannya dengan cita-citanya di kemudian hari.

Memulai Karier di Perusahaan Perbankan Ternama

Rafi saat bekerja di Perusahaan Perbankan

Ketika Grow with Google Career Fair 2022 resmi digelar, Rafi memanfaatkan waktu berliburnya untuk menyiapkan berbagai dokumen yang diperlukan untuk melamar kerja. Setelah itu, ia melamar ke sebuah perusahaan perbankan ternama, yakni BCA, sebagai IT Specialist – Android Developer.

Belum resmi Rafi dinyatakan lulus dari kampus, ia berhasil diterima untuk posisi purnawaktu tersebut setelah melewati serangkaian proses rekrutmen. Ia pun diberikan kesempatan oleh pihak perusahaan untuk menyelesaikan skripsi dan lulus dari kampus terlebih dahulu sebelum resmi bekerja secara penuh di BCA. Akhirnya, Rafi menamatkan studinya hanya dalam rentang waktu 3,5 tahun.

Setelah lulus dari kampus, Rafi memulai perannya sebagai IT Specialist – Android Developer di BCA yang bertugas untuk mengembangkan produk-produk mobile. Ini menuntut Rafi untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi Mobile Development yang berjalan amat cepat.

“Pembelajaran di Bangkit amat bermanfaat bagi saya dalam hal hard skills. Ini membuat saya menjadi talenta yang jauh lebih percaya diri dengan kemampuan saya. Selain itu, materi soft skills dari Bangkit pun membantu saya lebih siap menghadapi dunia kerja,” tutur Rafi.

Rafi benar-benar menyarankan mahasiswa dan mahasiswi di Indonesia untuk ikut serta di program Bangkit 2023 Batch 2. Menurut Rafi, peserta bisa memperoleh materi pembelajaran berstandar industri dan menjadi talenta yang siap kerja.

“Untuk bisa tampil dengan maksimal di Bangkit, belajarlah tanpa harus membandingkan diri dengan orang lain. Lalu fokus dan buatlah skala prioritas. Terakhir, hindari mengerjakan tugas hanya dalam semalam,” tutup Rafi.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.