Contoh Coding HTML Website Dalam 15 Menit

Contoh Coding HTML Website Dalam 15 Menit

Hallo, teman-teman!

Jumpa lagi nih. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman seputar ngoding website. Biasanya pembuatan sebuah website memerlukan waktu yang relatif lam, baik itu web berjenis e-commerce, profil perusahaan, maupun layanan service. 

Lalu, apakah kita dapat ngoding web hanya dalam waktu 15 menit saja? Iya, tentu bisa. Seperti apakah website yang akan kita buat? Penasaran kan? Kamu mesti ikuti terus tips dan trik yang satu ini ya. Simak tuntas dan praktek langsung yuk teman-teman.

Pengertian HTML

html

Sebelum masuk ke contoh, alangkah baiknya mengenal dulu HTML. Sudah tahu kan apa itu HTML? HTML adalah adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. HTML memungkinkan seorang pengguna dapat membuat dan menyusun bagian heading, paragraf, link atau tautan, dan blockquote untuk halaman sebuah website.

HTML sebenarnya bukanlah bahasa pemrograman, artinya HTML tidak punya kemampuan untuk membuat fungsionalitas yang dinamis. Contoh kode atau script membuat paragraf.

Adapun contoh struktur dasar dari HTML yang dapat kamu pelajari dan praktekkan di antaranya sebagai berikut ini.

Menentukan Tema Web

content web

Bagi teman-teman yang masih bingung akan membuat web yang seperti apa, tentunya yang pertama kali kita lakukan adalah menentukan tema web yang akan dibuat. Oke, kita contohkan saja website sederhana dengan tema portofolio. Di sini kita akan mencoba membuat web portofolio menggunakan HTML5 ditambah sentuhan magic dari CSS3 agar tampilannya sedikit menarik dan responsif. Apa itu mungkin? Tidak akan tahu sebelum kita coba hehe.

Mempersiapkan Tools yang Akan Digunakan

tools web

Disini kita akan menggunakan tools-tools sebagai berikut ini:

  1. Teks editor: VS Code atau Teks Editor Lain
  2. Kode program : HTML5 dan CSS3
  3. Web browser: Chrome

Contoh Ngoding Web Portofolio

web

Pertama buka teks editor kamu. Setelah dibuka kita akan membuat folder proyek terlebih dahulu. Kamu dapat menyimpan folder di sembarang tempat. Ok langsung saja. Kita akan membuat 2 buah file. Diantaranya index.html dan style.css.

Kode Lab: index.html

Kode Lab: style.css

Maka Outputnya:

web portofolio

Wah, mantap kan? Jika kalian bingung dalam mencari gambar seperti ikon sosial media ataupun avatar, maka kalian bisa menemukannya di website ini.

flaticon

flaticon.com

Kamu juga bisa coba juga apakah website tersebut responsif atau tidak. Caranya lakukan zoom in dan zoom out atau perbesar dan perkecil tampilan web browser. 

Maka outputnya:

responsive gif

Gimana mudah kan? Kalian bisa kembangkan lagi, misal dari segi desain atau tampilan, posisi layout, teks, foto, dll.

Baik, itu saja yang dapat contohkan selebihnya kamu bisa improvisasi sendiri. Biar lebih asik lagi belajar webnya mimin sarankan ikuti kelas Belajar Dasar Pemorgraman Web di Dicoding . Dijamin seru dan tentunya akan mengantarkanmu menjadi web developer profesional.

Simak juga artikel menarik lainnya di blog Dicoding yang akan dapat menambah ilmu-ilmu baru yang super kece diantaranya sebagai berikut ini.

  1. Contoh dan Cara Membuat Form di HTML
  2. 5 IDE Powerful Untuk Ngoding Web
  3. Langkah Awal Untuk Memulai Belajar Pemrograman Web
  4. Programmer Web Bikin Aplikasi Mobile? Yuk Ngoding dengan PWA

“Program yang dikembangkan tidak akan luput dari error, sehebat apapun programmernya”. (Alan J. Perlis)

Bagikan pengalaman kamu saat ngoding melalui kolom komentar. Jika ada pertanyaan silahkan isi kolom komentar dibawah ini.

Contoh Coding HTML Website Dalam 15 Menit– karya Rendi Juliarto, Intern Junior Content Writer di Dicoding

 


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.