5 Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf Menarik

5 Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf Menarik

Pembahasan mengenai penentuan ide pokok selalu menjadi kebutuhan bagi banyak orang terutama seorang penulis. Sebelum menulis suatu cerita, alangkah baiknya untuk menentukan sebuah ide pokok yang menarik agar pembaca tertarik membacanya. Ide pokok bisa berupa suatu hiburan, informasi, dan sebagainya. Melalui ide pokok, kita bisa mengembangkannya ke kalimat dan paragraf yang lebih panjang agar bacaan tersebut lebih jelas.

Bagi kamu yang ingin mulai menulis, alangkah baiknya menguasai terlebih dahulu mengenai pengertian ide pokok. Hal ini penting agar pembaca memahami apa yang disampaikan oleh seorang penulis. Sebab jika ada kesalahan dalam membuat ide pokok, maka akan membuat pembaca cepat bosan sehingga tulisan tersebut tidak terlalu bernilai. Oleh karena itu, sebagai penulis wajib untuk memahami apa yang dimaksud dengan ide pokok.

Penjelasan Mengenai Ide Pokok

ide pokok

Sumber : Colin Behrens dari Pixabay

Perlu diingat, ide pokok akan selalu mewakili paragraf dan biasanya terletak di bagian depan atau belakang. Sedangkan untuk kalimat pendukungnya disebut kalimat penjelas. Fungsinya untuk memperjelas suatu bacaan secara rinci.

Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf

Terdapat 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk menentukan ide pokok secara menarik. Berikut cara yang dapat kamu lakukan:

1. Tandai Beberapa Kata dalam Satu Paragraf

Untuk melakukan cara ini, kamu bisa menandai beberapa kata yang membuatmu puas dengan informasi yang diberikan. Jika kata-kata yang dipilih berada di 2 kalimat atau lebih, seleksi kembali kalimat tersebut. Kamu akan dapat ide pokok secara valid melalui cara ini.

2. Kenali Ciri Kalimat Penjelas dan Kalimat Utama

Kamu perlu mengenal letak dari ide pokok. Letak ide pokok biasanya berada di posisi awal kalimat, akhir kalimat, awal-akhir paragraf, dan menyimpulkan paragraf. Cara ini dapat kamu kuasai dengan banyak membaca dan menganalisa isi paragraf. Ada pun penjelasan beserta contohnya ada pada sub judul artikel berikutnya ya.

3. Kalimat Penjelas Bersifat Pendukung

Jika kamu yang masih kesulitan mengenali kalimat penjelas, maka lihat penggunaan kata yang berulang. Biasanya ia digunakan untuk menjelaskan kalimat sebelum atau sesudahnya. Kamu bisa memilah kalimat tersebut dan bayangkan jika kalimat tersebut berdiri sendiri. Jika kalimat penjelas berdiri sendiri, maka ia tidak bisa digunakan sebagai ide pokok. Oleh karena itu, kamu bisa gunakan cara ini untuk mencari ide pokok dari sebuah paragraf.

4. Menentukan Ide Pokok Campuran

Selain ide pokok yang berada di awal atau akhir kalimat, ide pokok paragraf juga dapat ditentukan melalui penggabungan akhir dan awal kalimat paragraf. Ide pokok ini biasa disebut dengan ide pokok campuran. Untuk menentukan ide pokok campuran, dapat diketahui dari kalimat awal yang bersifat utama. Sedangkan pada akhir kalimat paragraf bersifat menyimpulkan paragraf.

5. Perluas Kemampuan Analisa Ide Pokok

Kamu perlu berlatih terus menerus dengan membaca kalimat paragraf agar dapat menentukan ide pokok dengan mudah dan cepat. Memahami jenis dan ciri kalimat utama akan sangat mudah jika sering melakukan latihan. Kemampuan analisa dan pemahaman makna sangat diperlukan untuk memudahkan dalam menentukan suatu ide pokok dengan baik.

ide pokok

Sumber : Arek Socha dari Pixabay

Untuk mencapai pemahaman secara kompleks tentang ide pokok, kamu bisa berlatih dengan cara mengenali kalimat utama dan kalimat penjelas pada contoh berikut:

Ide Pokok di Awal Paragraf

Ide pokok yang berada di awal paragraf biasanya memiliki kalimat dengan sifat yang umum atau sempit. Sehingga membutuhkan tambahan beberapa kalimat untuk memperjelas ide pokok tersebut.

Contoh Paragraf :

Saat ini menjadi seorang developer merupakan profesi yang sangat diminati oleh kaum milenial. Anggapan tersebut didukung oleh tingginya jumlah kebutuhan tenaga kerja yang handal sebagai developer. Hampir seluruh perusahaan apa pun bidangnya membutuhkan tenaga IT untuk mengikuti berkembangnya zaman.

Mungkin kamu sering membaca sebuah artikel atau berita di website dengan ide pokok di awal paragraf. Tujuan teknik penulisan tersebut supaya pembaca melihat sebuah ide pokok yang menarik sehingga ia ingin melanjutkan bacaan tersebut hingga tuntas.

Ide pokok di akhir paragraf

Ide pokok yang berada di akhir paragraf pada umumnya merupakan kesimpulan atau rangkuman dari sebuah paragraf. Kalimat awal akan memberikan penjelasan terlebih dahulu seperti sebuah peristiwa lalu dan diakhiri dengan kesimpulan di akhir.

Saat ini banyak sekali artikel yang tidak menggunakan kaidah ide pokok paragraf untuk penulisannya. Sehingga pembaca sering melewati paragraf-paragraf yang menurutnya bertele-tele.

Contoh Paragraf :

Hampir seluruh jenis perusahaan sangat membutuhkan tenaga IT untuk mengikuti perkembangan zaman. Sehingga kebutuhan tenaga kerja developer semakin meningkat akhir-akhir ini. Oleh karena itu, banyak kaum milenial memanfaatkan peluang tersebut dan berminat untuk menjadi seorang developer profesional.

Meletakkan ide pokok di akhir paragraf cenderung memiliki resiko membosankan bagi pembaca. Jika suatu paragraf memiliki kalimat penjelas yang membosankan dan bertele-tele, bisa jadi pembaca melewati paragraf tersebut.

Dari kedua strategi peletakan ide pokok paragraf, seorang penulis artikel selalu memiliki caranya sendiri agar tulisannya menarik ketika dibaca. Ada pun strategi dalam menentukan ide pokok menjadi menarik oleh pembaca, yakni Ide Pokok Campuran.

Ide Pokok Campuran

Ide pokok campuran dapat ditentukan dengan melihat awal dan akhir paragraf. Untuk lebih mudahnya silakan lihat contoh berikut:

Contoh Paragraf :

Masa depan lulusan bidang IT memiliki banyak peluang kerja. Perusahaan membutuhkan tenaga kerja IT karena berkembangnya zaman yang menuntut serba teknologi. Peran tersebut membutuhkan skill khusus yang mumpuni. Sehingga banyak anak muda yang mulai menggeluti pendidikan tersebut.

Dari paragraf di atas, kalimat yang menjadi ide pokok adalah kalimat yang ada di awal dan akhir kalimat. Kalimat tersebut memberikan informasi utama dan menyimpulkan lebih lanjut dari suatu paragraf. Ide pokok tersebut berupa “Masa depan lulusan bidang IT memiliki banyak peluang kerja, sehingga banyak anak muda yang mulai menggeluti pendidikan tersebut”.

Kunci utama dalam menentukan ide pokok suatu paragraf adalah membacanya secara cermat. Sehingga kita dapat dengan mudah memahami mana kalimat utama dan kalimat penjelas.

Sekian dari pembahasan 5 cara dalam menentukan ide pokok yang menarik. Semoga artikel ini bermanfaat dan mudah dipahami.

“Kalau untuk pekerjaan yang sederhana saja kita tidak mampu memberikan yang terbaik, maka jangan berharap kita mampu melakukan hal yang jauh lebih besar.” – Iman Usman

Baca juga artikel lain dari Dicoding berikut :

  1. Cerita Magang di Dicoding
  2. 5 Ide Powerfull untuk Ngoding Web
  3. Ide Baru untuk Kehidupan di Era Modern

5 Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf Menarik – karya Alfian Dharma Kusuma, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding