5 IDE Powerful untuk Ngoding Web

5 IDE Powerful Untuk Ngoding Web

5 IDE Powerful Untuk Ngoding Web – karya Fiska Sukma Esaputra, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Membuat HTML dan CSS memang tidak memerlukan tool yang spesifik, karena faktanya jika teman-teman menggunakan teks editor yang simpel saja sudah cukup. Namun, bukan berarti itu merupakan cara terbaik, terutama ketika ngoding sebuah web. Artikel kali ini kita akan bahas mengenai IDE powerful untuk ngoding.

IDE powerful untuk ngoding: Perbedaannya dengan text editor?

IDE powerful untuk ngoding

Sebenarnya Web Development IDE juga merupakan sebuah text editor, hanya saja dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan untuk menunjang proses ngoding. Contohnya begini, ketika sebuah editor seperti Sublime Text atau Atom digunakan untuk membuat HTML dan CSS atau Javascript, editor tersebut hanya bisa kita gunakan untuk menulis kode saja, mirip text editor kan? Tapi, editor seperti Sublime Text sudah dilengkapi dengan banyak sekali fitur seperti syntax highlighting, interface yang bebas kita kustomisasi, dan paling penting yaitu fitur untuk membuat aplikasi berjalan seperti debugger dan sebuah compiler.

Jadi apa saja IDE powerful untuk ngoding web? Berikut 5 IDE powerful untuk ngoding web.

#1 Visual Studio Code

5 IDE powerful untuk ngoding web

Salah satu IDE yang dikembangkan oleh Microsoft untuk pengguna Windows, Linux, dan MacOS yang mempunyai kemiripan dengan Sublime Text dan Atom. Visual Studio Code memang terbilang ringan namun cukup powerful karena hadir dengan built-in support untuk JavaScript, TypeScript, dan Node.Js juga dengan banyaknya ekstensi yang mendukung bahasa pemrograman lain seperti C++, C#, Python, dan PHP). Teman-teman juga bisa dengan mudah menambahkan JavaScript UI library kedalamnya.

#2 Atom by Github

Merupakan IDE powerful untuk ngoding, selain itu juga Atom bersifat ­open-source. Dikembangkan oleh Github untuk pengguna Windows, MacOS, dan beragam Linux distro. Atom IDE termasuk salah satu yang memiliki tampilan interface terbaik dan juga mendukung kustomisasi dan hackable.

5 IDE powerful untuk ngoding web

Menurut Electron Framework, Atom hadir dengan dukungan beragam bahasa seperti C, C++, C#, CoffeeScript, HTML, JavaScript, PHP, CSS, Python, Perl, dan bahasa pemrograman lainnya. Salah satu fitur yang sangat menarik dari Atom sebagai IDE powerful untuk ngoding adalah Teletype.

Teletype adalah fitur yang memungkinkan seorang programmer berkolaborasi dengan programmer lain langsung dari editor untuk sharing code. Bayangkan teman-teman bisa bekerja tim secara remote. Sangat membantu, bukan?

#3 Sublime Text 3

5 IDE powerful untuk ngoding web

Sublime termasuk IDE powerful untuk ngoding top dan salah satu JavaScript editor terbaik. Salah satu editor ringan dan fleksibel yang mendukung banyak sekali bahasa pemrograman dan markup language seperti Python, C, HTML, JavaScript, CSS, dan bahasa pemrograman lain yang populer digunakan untuk ngoding web. Beberapa fitur Sublime Text yaitu multiple selections, command pallet, powerful Python API, split editing, instant project switch, dan lain sebagainya.

#4  Komodo Edit

Dikembangkan oleh ActiveState, Komodo Edit dibangun dengan bahasa C, C++, Perl, Python, dan JavaScript. Komodo Edit termasuk open-source dan dapat digunakan di Windows, MacOS, dan Linux. Komodo Edit dapat di-download secara gratis dan dilengkapi dengan banyak fitur menarik yang membantu ngoding web atau lainnya menjadi lebih mudah dan nyaman.

5 IDE powerful untuk ngoding web

Selain Komodo Edit, ada juga versi lainnya yaitu Komodo IDE.  Pada versi Komodo IDE terdapat tambahan fitur sebagai berikut:

  • Customizable UI termasuk split-view dan multi-window editing,
  • Integrasi version control,
  • Visual debugging,
  • Live previewing dan masih banyak lagi.

#5 NetBeans

NetBeans menempati peringkat tinggi dalam urutan IDE powerful untuk ngoding karena teman-teman bisa dengan mudah dan cepat membuat aplikasi desktop, mobile, dan tentu saja web.

Pada versi NetBeans 8.1 mengalami peningkatan dalam penggunaan tools baru untuk ngoding HTML5 dan JavaScript, juga untuk penggunaan Node.Js, Knockout.Js, dan AngularJS. Editor ini juga mendukung bahasa pemrograman lain seperti Java, C, C++, XML, HTML, PHP, Groovy, Javadoc, JavaScript, dan JSP. Tetapi karena editor ini extensible, teman-teman bisa menambahkan plugin baru untuk bahasa pemrograman yang lain. Hingga saat ini NetBeans sudah mencapai versi 11 yang pasti lebih powerful lagi dari sisi fiturnya.

5 IDE powerful untuk ngoding web –

-end-

Artikel ini ditulis oleh Fiska Sukma Esaputra, Intern Junior Content Writer di Dicoding.

“Ayo join Dicoding! Banyak kelas untuk belajar ngoding, Lets goo!!!

“Mengetahui Lokasi Darurat dengan Ericsson Safe City API. Simak artikelnya disini https://www.dicoding.com/blog/mengetahui-lokasi-darurat-dengan-ericsson-safe-city-api/

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding