Cara Install Android Studio dalam 15 Menit

Cara Install Android Studio Dalam 15 menit

Halo, para calon developer Android! 

Untuk membuat aplikasi Android, kamu memerlukan sebuah IDE khusus. Kedengarannya keren, bukan? Salah satu IDE atau software yang paling populer dan mudah digunakan adalah Android Studio. Pada tutorial kali ini kita akan membahas cara install Android Studio beserta SDK (Android Software Development Kit) di Windows.

Yuk kita simak tahapan-tahapan cara install Android Studio hanya dalam 15 menit saja berikut ini.

Apa itu Android Studio?

android studio

Tak kenal maka tak sayang. Sebelum mulai melakukan instalasi, kamu harus tahu apa itu Android Studio. Berikut penjelasan singkat tentang Android Studio.

Android Studio adalah IDE atau software yang berfungsi  untuk membuat dan membangun sebuah aplikasi Android. Android studio dikembangkan oleh Google. Lebih tepatnya disusun oleh JetBrains Intellij IDEA, dan dikhususkan untuk mengembangkan software berplatform Android.

Bahasa pemrograman populer yang bisa digunakan untuk development Android adalah Java. Selain Java ada beberapa bahasa pemrograman lain yang bisa digunakan seperti C/C++, Go, dan pada bulan Mei 2017 Google resmi didukung bahasa pemrograman yang powerfull yaitu Kotlin.

Baca juga artikel: Apa Itu Kotlin? Kenapa Kita Harus Mempelajari Kotlin?

Banyak startup yang mengembangkan aplikasi Android menggunakan jenis IDE yang satu ini. Mengapa? Karena software tersebut menyugguhkan beberapa fitur yang memudahkan para developer untuk mengembangkan sebuah aplikasi Android.

Baca dulu sebelum kamu yakin dan mantap kenapa harus install Android Studio.

Alasan Kenapa Harus Pakai Android Studio

application

Adapun alasan dari mimin tentang mengapa seorang developer Android harus menggunakan Android Studio di antaranya sebagai berikut.

  1. Dengan mempelajari Android Studio dapat membantu kamu untuk mempercepat proses pembuatan aplikasi yang kamu  inginkan.
  2. Android Studio cukup mudah dipahami dan digunakan.
  3. Dalam satu tools saja kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat mulai dari pembuatan aplikasi hingga testing aplikasi.
  4. Bahkan, dengan belajar Android Studio kamu bisa menghemat waktu kerja untuk dapat lebih produktif.
  5. Bahkan ketika hendak ngoding di Android Studio kamu akan diberikan referensi ketika sedang mengetik sintaks program.

Syarat untuk Install Android Studio

spesifikasi android studio

Berikut ini syarat atau spesifikasi minimum komputer yang mampu menampung Android Studio.

  • RAM atau memori minimal 3 GB. Direkomendasikan RAM 8 GB.
  • Minimal 2 GB penyimpanan hardisk yang tersedia. Direkomendasikan 4 GB (500 MB untuk penyimpanan IDE dan 1,5 GB untuk penyimpanan Android SDK dan sistem emulator).
  • Resolusi layar minimum 1280 x 800.

Untuk install Android Studio kamu pastinya memerlukan software seperti:

Android Studio bisa kamu download di situs resmi https://developer.android.com/studio/ 

Untuk Java Development Kit (JDK) sendiri kamu bisa download dan kunjungi di  https://www.oracle.com/java/technologies/javase-downloads.html direkomendasikan untuk install JDK terlebih dahulu.

Oke setelah kamu download keduanya maka selanjutnya kita akan masuk ke tahap instalasi.

Menginstall Android Studio

Kamu hanya memerlukan beberapa klik untuk instalasi Android Studio dengan mudah. Kita akan install Android Studio di sistem operasi Windows.

Jika kamu sudah mengunduh berkas dengan format .exe (direkomendasikan), klik dua kali untuk mulai menjalankannya.

setup android studio

Klik Next saja. Untuk melanjutkan proses instalasi.

set up android studio

Centang “Android Virtual Device”  jika kamu ingin memasang emulator Android.

setup android studio

Baik selanjutnya masuk ke dialog penyimpanan software. Bisa disesuaikan dengan keinginan kamu. Namun disarankan lokasi di C:\ atau sistem lalu klik next saja seperti pada sebelum-sebelumnya.

setup android studio

Sebenarnya kamu bebas mengganti nama aplikasi Android Studio yang akan ditampilkan pada Start Menu. Namun karena kamu saat ini sedang menginstall Android Studio maka pilihlah Android Studio. Klik install untuk memulai proses instalasi.

Tunggu proses hingga selesai, lalu kita akan menginstall SDK.

Menginstall SDK Android Studio

SDK kependekkan dari (Android Software Development Kit) adalah seperangkat tools dan program perangkat lunak yang digunakan oleh pengembang untuk membuat aplikasi untuk sebuah platform tertentu.

Sebelumnya, kamu telah berhasil menginstall Android Studio. Buka aplikasi tersebut dan ikuti instruksi instalasi SDK (Android Software Development Kit). Pertama jalankan Android Studio.

launcher studio

Kemudian muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik next saja

setup android studio

Pilihlah mode custom, kemudian atur paket mana saja yang akan kamu install. Kenapa saya pilih custom? Supaya kita terbiasa dengan settingan-settingan install yang ada pada Android Studio.

setup android studio

Kamu tinggal ikuti saja instruksinya. Kamu bisa pilih tema sesuai dengan keinginan kamu lalu next saja. Disini saya memilih mode dracula yang artinya bertemakan gelap.

setup theme android studio

Setelah memilih mode tema, maka tampilan selanjutnya kamu akan diminta untuk menginstall beberapa komponen. Komponen tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misal jika ingin menambahkan emulator maka wajib centang komponen seperti pada gambar di bawah ini.

setup android studio

Total data yang akan didownload cukup besar yaitu 1,39 GB. Maka dari itu jika kamu memasang virtual device maka akan memerlukan kuota yang banyak pula hehe.

review setup android studio

Klik finish untuk melanjutkan tahapan download. Tunggu hingga proses selesai. Cukup lama untuk proses downloading disini karena kamu memerlukan koneksi internet. 

Setelah proses download dan install selesai. Kemudian akan muncul tampilan launcher Android Studio seperti pada gambar di bawah ini.

launch android studio

Selamat ya! Kamu sudah tahu bagaimana cara instal Android Studio. Langkah kamu untuk jadi developer Android sudah semakin dekat tinggal eksekusi kan tekadmu.

Kesimpulan:

Mudah bukan teman-teman? Itulah tips mengenai install Android Studio di Windows. Hanya dengan memerlukan waktu 15 menit saja kamu sudah mendapatkan ilmu baru seputar bagaimana memasang IDE Android Studio di laptop kamu.

Jika kamu ingin dibimbing belajar ngoding Android. Dicoding Academies adalah solusi yang tepat. Mengapa? Karena materi yang diajarkan sudah terstandarisasi akan kebutuhan teknologi digital saat ini. Tersedia berbagai macam kelas handal lainnya baik itu yang berbayar maupun GRATIS. Sebagai pemanasan coba kamu ikuti kelas Belajar Membuat Aplikasi Android untuk Pemula. Daftarnya? Klik https://www.dicoding.com/academies/51

Baca juga artikel lainnya yang tentunya bermanfaat buat kamu sebagai pembaca.

“Pembelajaran tidak didapat dengan kebetulan. Ia harus dicari dengan semangat dan disimak dengan tekun”. Abigail Adams

Berilah komentar mengenai proses instalasi android studio ya. Jangan sungkan tanyakan jika mengalami kesulitan ketika saat install maupun download Android Studio. Share juga pengalaman kalian saat ngoding aplikasi Android. Ok see you!

Cara Install Android Studio Dalam 15 menit-karya Rendi Juliarto, Intern Junior Content Writer Dicoding Indonesia

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding