10 Cara Agar Mata Tetap Sehat di Depan Komputer

10 Cara Agar Mata Tetap Sehat di Depan Komputer

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Memiliki mata yang sehat dan normal adalah dambaan setiap orang. Namun seiring bertambahnya usia dan berbagai aktivitas yang kita jalani terkadang membuat mata kita menjadi minus dan cepat lelah. Kondisi mata minus dan cepat lelah ini sering dialami oleh orang-orang yang memiliki jam terbang di depan komputer sangat banyak.

Wanita stress mata

Sumber : Freepik

Selain itu, perlu diketahui bahwa gelombang radiasi yang dihasilkan oleh komputer memberikan dampak lain seperti mata kabur dan mata kering. Ketidaktahuan terhadap dampak yang dialami saat menghadap komputer akan memberikan dampak buruk bagi banyak orang. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata bagi seseorang yang berprofesi menggunakan komputer adalah sangat penting.

Melalui artikel ini terdapat 10 cara agar mata tetap sehat di depan komputer. Cara-cara tersebut diambil dari berbagai referensi dan dianggap berhasil oleh berbagai dokter mata. Berikut cara tersebut:

1. Jeda

Gambar wanita beristirahat

Sumber : Andrea Piacquadio dari Pexels

Seorang programmer biasanya membutuhkan waktu sangat banyak untuk menyelesaikan project-nya. Pekerjaan tersebut mewajibkan untuk menghadap komputer dengan durasi waktu yang lama.

Sering sekali saat kita melihat layar komputer dengan durasi waktu yang lama mengalami kejadian berupa mata tidak fokus dan sering kabur. Memberikan waktu jeda untuk mata kita dapat membuat sel-sel pada mata berbenah sehingga mata bekerja secara optimal.

Setiap 2 jam menatap layar komputer, luangkan waktu 10 menit untuk jeda. Waktu 10 menit tersebut bisa kamu gunakan untuk melihat-lihat keadaan lingkungan sekitar kerja yang dianggap enak dipandang. Mengisi waktu jeda dengan berbincang bersama teman atau keluarga juga dapat merefleksikan mata sekaligus otak.

Cara ini banyak direkomendasikan oleh ahli kedokteran dan dianggap ampuh menjaga kesehatan mata saat berada di depan komputer.

2. Jarak Pandang

Jarak pandang

Sumber : Comfreak dari Pixabay

Sering sekali orang tua menyuruh kita untuk menjaga jarak pandang saat melihat layar komputer. Keyakinan orang tua tersebut ternyata ada benarnya juga. Melihat layar komputer dengan jarak yang sangat dekat membuat mata sedikit kaku sehingga mata menjadi sedikit kabur. Sedangkan jarak yang terlalu jauh juga membuat mata kita harus bekerja secara ekstra karena otak memerintah mata untuk melihat layar secara detail.

Jarak yang paling aman saat melihat komputer berkisar antara 45 cm – 60 cm. Jarak tersebut terbukti sangat nyaman jika harus berjam-jam menghadap komputer.

3. Ritme Kedipan

Gambar kucing berkedip

Sumber : Alexas Fotos dari Pixabay

Mata kita tidak akan lepas dengan yang namanya kedipan. Setiap menit, tanpa disadari mata telah melakukan beberapa kedipan yang baik untuk kesehatan. Mengatur ritme kedipan sesering mungkin berpeluang untuk meningkatkan kinerja mata saat melihat layar komputer.

Kedipan tersebut berfungsi untuk melapisi permukaan mata dengan air mata. Air mata berperan sebagai pelembab mata sehingga mata tidak cepat kering. Mata yang kering merupakan resiko bagi kamu yang jarang mengedipkan mata.

Terdapat saran yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan ritme kedipan. Setiap 20 menit berikan waktu kepada mata untuk berkedip secara perlahan supaya proses pelembaban mata terjadi sempurna.

4. Sesuaikan Pencahayaan

Gambar laptop dengan kontras gelap

Sumber : Pexels

Cahaya yang dihasilkan oleh komputer biasanya memiliki pengaturan secara default. Deteksi cahaya secara otomatis kadang juga tidak sesuai dengan kehendak yang kita miliki. Menyesuaikan cahaya komputer dengan cahaya ruangan dapat menjadi patokan bagi kamu yang bingung dalam mengatur seberapa tinggi kontras dan brightness yang dibutuhkan oleh mata.

Sebagai informasi tambahan bahwa layar tabung yang digunakan pada komputer sudah tidak direkomendasikan lagi oleh ahli kesehatan. Monitor LCD merupakan solusi yang lebih baik untuk mengurangi resiko mata terkena CVS (Sindrom Penglihatan Komputer).

5. Konsumsi Vitamin A

Gambar sayur sumber vitamin A

Sumber : Deborah Breen Whiting dari Pixabay

Setiap organ tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda-beda. Organ mata contohnya sangat membutuhkan nutrisi berupa vitamin A untuk menjaga kesehatannya. Lakukan konsumsi nutrisi tersebut sesering mungkin bagi kamu yang harus berada di depan komputer. Pencegahan kerusakan lebih baik daripada harus mengobatinya.

Vitamin A bisa ditemukan di berbagai sayuran dan buah serta suplemen. Sumber vitamin A terbaik yang dapat diperoleh adalah dengan mengkonsumsi wortel secara mentah. Karena wortel mentah tidak melalui tahap processing sehingga nutrisi yang ada tidak hancur.

6. Kacamata Komputer

stressed-male-massaging-nose-bridge-suffering-from-headache_1163-3988

Sumber : Freepik.com

Saat ini banyak sekali produk berupa kacamata yang diperdagangkan secara bebas. Berbagai jenis dan kegunaannya, kacamata sangat dibutuhkan oleh penggunanya karena melindungi mata tetap sehat. Terdapat juga kacamata khusus yang bisa digunakan bagi seorang programmer untuk menjaga kesehatan matanya.

Kacamata dengan lapisan berupa AR (Anti Reflective) dapat menjadikan mata tetap sehat. Cara kerja kacamata tersebut adalah dengan mengurangi cahaya yang dihasilkan oleh komputer dengan meminimalkan pantulan cahaya melalui permukaan lensa bagian depan dan belakang.

7. Perawatan Mata

Sumber : Freepik.com

Bagi kamu yang tidak memiliki waktu untuk melakukan perawatan secara rutin ke dokter, kamu dapat melakukan beberapa cara untuk merawat mata sehingga tetap sehat.

Lakukan kompres pada mata disaat mata terasa lelah atau kering. Kompres tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan handuk bersih yang diberi air hangat, lalu meletakkannya di permukaan kulit mata tertutup.

Belilah beberapa produk perawatan mata seperti tetes mata yang berfungsi untuk meningkatkan kelembaban mata. Lakukan tetesan obat mata disaat mata terasa kering saja. Pastinya gunakan dengan anjuran dokter adalah cara paling aman menggunakan obat mata.
Gunakan mesin filter debu pada ruangan yang digunakan untuk bekerja di depan komputer. Penyaringan debu sangat membantu karena debu berlebih akan membuat mata cepat kering disebabkan penumpukan debu pada permukaan mata. Mesin tersebut bisa berupa AC, kipas angin, atau kipas penyaring debu.

8. Atur Tempat Kerja

Tempat Kerja Hijau

Sumber : Anthony Shkraba dari Pexels

Setiap orang memiliki tingkat kenyamanan kerja yang berbeda-beda. Tempat kerja yang rapi beberapa orang merasa sangat nyaman. Ada juga beberapa orang yang suka tempat kerja yang berantakan. Tapi melalui artikel ini hanya akan memberikan referensi bagi kamu yang suka dengan kerapian tempat kerja.

Tempat kerja dengan dipenuhi oleh perangkat keras dan pendukungnya pasti akan terasa penuh dan sesak di mata. Maka dari itu susunlah posisi meja, komputer, kursi dan perangkat lainnya sehingga nyaman dipakai. Penyusunan utama bisa kamu lakukan dengan mengatur meja dan kursi yang digunakan dengan ketinggian sesuai postur tubuh.

Untuk menambah kesan indah pada mata, perlu kamu tambahkan perabotan atau hiasan-hiasan yang menyejukkan bagi mata. Salah satu contohnya adalah dengan nuansa forestry, tempat kerja akan diberikan berbagai macam tumbuhan hutan hingga dominan hijau pada ruangan. Alhasil saat mata lelah melihat komputer, melihat sudut yang berbeda akan mendinginkan mata kembali.

9. Olahraga Rutin

Gambar orang sedang berolahraga

Sumber : William choquette dari Pexels

Setiap dokter selalu menganjurkan olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan organ apapun. Memang benar anjuran tersebut karena peredaran darah pada tubuh akan mengalami gangguan saat kita terlalu lama tidak berolahraga. Peredaran darah tersumbat adalah salah satunya penyebab menumpuknya lemak. Maka dari itu olahraga sangat penting bagi kita.

Selain memiliki manfaat untuk tubuh, olahraga juga baik untuk organ mata sehingga mata tidak mudah lelah dan tidur dengan jadwal yang normal. Olahraga juga membuat mata kita tetap mendapat suplai oksigen secara sempurna.

10. Check Up secara Rutin

Gambar Check up Mata

Sumber : David Mark dari Pixabay

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan meluangkan waktu sebulan atau 3 bulan sekali untuk jadwal rutin melakukan check up ke dokter spesialis mata. Cara ini ditujukan untuk melakukan konsultasi kepada pihak lain yang lebih paham terhadap mata kita. Selain itu juga kita bisa mengerti seberapa sehat kondisi mata kita saat ini.

Melakukan check up tidak terlalu mahal jika kita terbiasa dengan menyisihkan anggaran rutin untuk kesehatan.

“Seorang dokter menyembuhkan, dan alam yang menciptakan kesehatan” (Aristoteles)

Melihat dari kesepuluh cara diatas dapat kita simpulkan bahwa pekerjaan setiap hari yang harus menghadap komputer memiliki resiko. Resiko tersebut dapat kita cegah semaksimal mungkin supaya tidak terjadi hal-hal buruk kedepannya. Semua itu kembali kepada diri masing-masing untuk menjamin kesehatannya.

Baca juga artikel menarik lainnya, Menjadi Programmer atau Pro Gamer

10 Cara Agar Mata Tetap Sehat di Depan Komputer – karya Alfian Dharma Kusuma, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding