pendaftaran Bangkit 2023 batch 2 telah dibuka

Bangkit 2023 Batch 2: Mulai Karier Teknologimu dari Sini!

Setelah sukses melatih lebih dari 5.000 lulusan sejak 2020 dan tengah mempersiapkan kelahiran 5.000 talenta digital lainnya, Bangkit kembali pada paruh kedua tahun 2023. Program ini berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Selain itu, dirancang khusus oleh Google dan didukung penuh oleh GoTo dan Traveloka, program ini hadir dengan nama Bangkit 2023 Batch 2.

Siklus kelima dari program yang terafiliasi dengan Kampus Merdeka – Studi Independen Bersertifikat (SIB) ini setara dengan 20 SKS. Bangkit pun akan berlangsung secara daring selama 20 minggu atau lebih dari 900 jam belajar pada semester ganjil tahun 2023. Sebanyak 4.000 peserta terbaik akan dipilih untuk menjadi bagian dari Bangkit 2023 Batch 2.

Selama mengikuti Bangkit, para peserta akan mendalami satu dari tiga pilihan keahlian teknologi berorientasi karier. Ketiga pilihan tersebut adalah Machine Learning with TensorFlow, Mobile Development with Android, dan Cloud Computing with Google Cloud. Dalam menjalani proses belajar di Bangkit, para peserta akan berada di bawah bimbingan para ahli teknologi dan startup Indonesia kelas dunia. Untuk menjadikan para peserta talenta digital berdaya saing global, fasilitas sertifikasi global dari Google pun akan diberikan secara gratis, mencakup salah satu dari ketiga learning path di atas.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Bangkit 2023 Batch 2 Dilengkapi dengan Materi Pendukung seperti Soft Skills dan Bahasa Inggris

Selain ilmu teknologi yang relevan dengan kebutuhan industri masa kini, Bangkit akan membekali mahasiswa dengan keterampilan pelengkap berupa soft skills dan kemampuan berbahasa Inggris. Peserta akan diajarkan tentang critical thinking, digital branding & interview communication, time management, professional communication, adaptability, idea generation and MVP planning, serta startup valuation. Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, peserta akan mempelajari spoken correspondence, expressing opinion, dan business presentation.

Pada akhir program, peserta akan mengerjakan proyek akhir atau capstone project secara berkelompok, yaitu 15 tim terbaik akan mendapatkan pendanaan serta pengembangan lebih lanjut untuk menjadi sebuah startup. Tim-tim terbaik ini akan meraih dana inkubasi dari Google dan Dikti sampai dengan 140 juta rupiah. Selain itu, mereka akan dibimbing oleh mentor dari industri terkait dan didampingi oleh universitas mitra Bangkit. Sebagai informasi, selama mengikuti program ini, peserta tidak akan mendapat uang saku.

Kesempatan Ikut Bangkit Virtual Career Fair setelah Lulus

Tidak berhenti sampai di situ, para lulusan akan mendapatkan manfaat lain setelah selesai menjalani program Bangkit. Mereka akan diundang untuk berpartisipasi dalam Bangkit Virtual Career Fair. Ini menjadi peluang bagi lulusan untuk memulai karier dengan sukses di perusahaan teknologi ternama. Bursa kerja ini akan menghadirkan sejumlah perusahaan terkemuka di Indonesia yang menjadi mitra Bangkit yang menawarkan beragam posisi, baik full-time maupun intern.

Sampai dengan 2022 lalu, Bangkit Virtual Career Fair menghadirkan 108 perusahaan yang menawarkan 2.300 pekerjaan untuk semua lulusan Bangkit.

Untuk mengikuti program ini, peserta harus memenuhi syarat sebagai berikut.

  • Mahasiswa berstatus aktif setara D3/D4/S1.
  • Berasal dari universitas negeri dan swasta di seluruh Indonesia yang terdaftar pada PDDikti.
  • Bagi mahasiswa setingkat D3, mahasiswa sedang menempuh minimal semester 4 saat program Bangkit 2023 Batch 2 dimulai.
  • Bagi mahasiswa setingkat D4/S1, mahasiswa sedang menempuh minimal semester 5 saat program Bangkit 2023 Batch 2 dimulai.
  • Berasal dari jurusan apa pun, termasuk jurusan non-IT dan non-teknik.
  • Belum akan dinyatakan lulus dari universitas per Januari 2024 mendatang.

Bangkit adalah langkah awal terbaik untuk mengembangkan diri dan memulai karier dalam bidang teknologi. Program ini terbuka untuk semua kalangan mahasiswa Indonesia, apa pun latar belakangnya. Kami sangat mendorong perempuan, difabel, dan mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia untuk ikut ambil bagian. 

Cek detail dan daftarkan dirimu sebagai peserta Bangkit 2023 Batch 2 hingga 7 Juni 2023)* melalui tautan https://g.co/bangkit!  

*Catatan: untuk melihat lini masa (timeline) ter-update, cek selalu website Kampus Merdeka.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.