Apa itu Server Berikut Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Apa itu Server ? Berikut Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Selama ini kamu selalu menggunakan perangkat keras berupa komputer, laptop, handphone dan sejenisnya. Seberapa besar pemahamanmu tentang server ? Dapat dipastikan beberapa dari kamu masih belum paham dengan istilah server.  Server dalam dunia IT memiliki peran yang sangat penting dalam pengoperasiannya.

Bagi kamu yang belum paham mengenai pengertian server, melalui artikel ini akan ada banyak penjelasan mengenai beberapa jenis dan fungsi dari server.

Gambar server bentuk fisik

Sumber : freepik

Pengertian Server

Server atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut peladen merupakan suatu sistem komputer yang memiliki layanan khusus berupa penyimpanan data. Data yang disimpan melalui server berupa informasi dan beragam jenis dokumen yang kompleks. Layanan tersebut ditujukan khusus untuk client yang berkebutuhan dalam menyediakan informasi untuk pengguna atau pengunjungnya.

Server berperan penting dalam menyediakan layanan akses lebih cepat untuk mengirim atau menerima data maupun informasi yang tersedia pada server. Dalam bentuk fisiknya, server berwujud jaringan komputer dan memiliki ukuran yang sangat besar dengan beberapa komponen pendukung prosesor dan RAM yang berkapasitas besar.

Baca juga : Cara Membuat Virtual Machine Ubuntu Server di Microsoft Azure

Jenis Server Beserta Fungsinya

Melihat fungsi dan tujuan penggunaan server sebenarnya memiliki banyak jenis. Melalui artikel ini, hanya dapat menjelaskan beberapa jenis server saja. Berikut jenis server tersebut:

1. Web Server

web server - freepik

Sumber : freepik

Web server adalah sebuah jaringan komputer yang melayani khusus permintaan HTTP dan HTTPS. Web server menerima kode sedemikian rupa dari browser, lalu mengirimnya kembali dalam bentuk laman web. Laman web tersebut dikirim oleh web server dalam bentuk dokumen HTML dan CSS yang kemudian diproses oleh browser menjadi laman-laman web yang menarik dan mudah dibaca oleh pengguna.

Melalui penjelasan dari paragraf diatas, web server memiliki fungsi utama mengirim berkas yang diminta oleh pengguna sebelumnya melalui browser dengan protokol khusus. Sehingga pengguna dapat mengakses berupa teks, gambar, video, dan sebagainya melalui browser.

Saat ini web server tidak sekedar berperan mempublikasikan WWW (World Wide Web) saja. Terdapat berbagai perangkat keras yang sudah dapat diakses melalui HTTP dengan tujuan untuk meninjau manajemen pekerjaan. Perangkat keras tersebut seperti printer, kamera, dan router web.

2. Mail Server

email server - pixabay

Jaringan komputer selanjutnya adalah Mail Server. Server ini melayani pengguna dalam bertukar pesan ke sesama pengguna secara elektronik. Mail Server juga dibagi menjadi dua kategori yaitu server surat masuk dan server surat keluar.

Server surat masuk terdiri dari POP3 dan IMAP. POP3 (Post Office Protocol 3rd version) adalah protokol pesan elektronik yang menyimpan pesan dikirim dan diterima pada PC Local Hard Drive. Sedangkan IMAP (Internet Message Access Protocol) protokol yang selalu menyimpan salinan pesan dikirim dan diterima ke dalam Mail Server.

Secara garis besar, Mail Server berfungsi untuk bertukar pesan ke sesama pengguna dengan beberapa langkah protokol mail dengan file yang terdukung berupa teks, gambar, dan lainnya sesuai client web yang digunakan.

3. Database Server

Gambar server

Sumber : Pixabay

Database server adalah jaringan komputer yang memberikan layanan berupa pengelolaan basis data serta menerima permintaan client untuk mengakses basis data pada server. Database server juga terdiri dari empat jenis, yaitu flat file database, relation database, object database, dan relational-object database.

Fungsi database server sendiri adalah memberikan pengguna berupa layanan big data yang teratur sehingga mudah untuk melakukan pencarian. Lembaga besar banyak yang menggunakan layanan server ini sebagai penyimpanan berbagai informasi sesuai kebutuhan. Server ini juga memberikan layanan akses suatu data oleh banyak orang dalam waktu bersamaan.

4. File Server

file server - freepik

Sumber : freepik

File server adalah jaringan komputer yang memberikan akses berupa lokasi disk. Lokasi disk tersebut berisikan file seperti gambar, video, musik, database, dokumen, dll. Server ini dirancang untuk pengguna memungkinkan dalam penyimpanan dan pengambilan data dengan perhitungan melalui workstation.

Fungsi utama dari file server adalah sebagai jantung sebuah jaringan komputer yang cepat, dengan kapasitas hardisk besar serta RAM tinggi. Server ini memungkinkan untuk mengontrol komunikasi dan informasi antar komponen jaringan. Client dapat mengakses layanan berupa manajemen file, upload data, download data, dsb pada server.

5. DHCP Server

DHCP Server

Sumber : Bethany Droulin dari Pixabay

DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol) Server merupakan jaringan yang menjalankan layanan penyewaan IP address dan informasi TCP/IP kepada client. Biasanya sistem operasi (SO) seperti Windows 2000 Server, Windows Server 2003 dan GNU/linux menggunakan layanan ini.

Secara garis besar fungsi server ini adalah memberikan layanan alamat IP secara otomatis kepada client/komputer/host pada jaringan TCP/IP yang meminta. Sehingga peran administrator tidak perlu disibukkan dengan membuat alamat IP secara manual untuk client karena IP tersebut telah diberikan oleh server.

6. Proxy Server

Gambar Proxy Server

Sumber : Mohamed Hassan dari Pixabay

Proxy server merupakan jaringan komputer yang memiliki peran sangat positif bagi pengguna. Proxy server sendiri berperan sebagai perantara antara pengguna dengan web server. Setiap pengguna yang mengakses jaringan internet, akan selalu melewati proxy terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke web server.

Fungsi utama proxy server adalah untuk mengamankan IP address pengguna saat menjelajahi internet. IP address mudah terlihat saat tidak dilindungi oleh proxy, sehingga rawan tersebar virus, malware hingga informasi sandi tersimpan pada browser. Pengguna juga bisa mengatur pemblokiran beberapa situs web yang tidak ingin dikunjungi sebagai bentuk pencegahan.

7. FTP Server

Gambar FTP Server

Sumber : Michael Schwarzenberger dari Pixabay

FTP (File Transfer Protocol) server adalah sebuah protokol internet yang memberikan akses data server pada satu jaringan. Client dapat meminta akses tukar menukar file melalui server. Proses yang dilakukan oleh FTP server adalah dengan kode ASCII yang sebenarnya berbahaya karena tidak melalui enkripsi dalam proses transfer. Adapun SFTP yang memberikan keamanan bagi client untuk melindungi data yang sedang di transfer.

Fungsi utama server ini adalah untuk memberikan pelayanan kepada client dan pengunjung untuk melakukan akses transfer data tersimpan yang ada pada server.

8. Game Server

Gambar server game

Sumber : Sergei Tokmakov dari Pixabay

Jenis server yang terakhir adalah khusus untuk seorang gamer. Server ini dibuat untuk memberikan sensasi bermain yang lebih baik bagi para pengguna. Saat ini kebanyakan developer game sering membuat permainan yang berbasis multiplayer online. Sehingga membuat kapasitas permainan terkadang terjadi lag atau semacamnya.

Game server terdiri dari dua kategori yaitu, game server eksternal dan game server internal. Server eksternal merupakan penyimpanan data game yang disediakan langsung oleh pengembang game itu sendiri. Sedangkan server internal merupakan penyimpanan sendiri melalui komputer pengguna. Contoh game server yang bisa digunakan adalah steam.

Baca juga : Cara Membuat Browser Menjadi Lokal Web Browser

Kesimpulan

Melalui penjelasan sebelumnya, cukup banyak bukan jenis-jenis server yang ada. Untuk lebih ringkasnya fungsi server secara keseluruhan adalah sebagai layanan bagi client dan pengguna untuk menyimpan, mengolah, menerima, mengirim berbagai data melalui beberapa protokol khusus.

“Mimpi tidak pernah menyakiti siapa pun jika dia terus bekerja tepat di belakang mimpinya untuk mewujudkan semaksimal mungkin” F. W. Woolworth

Bagi kamu yang ingin mengetahui topik artikel lain dari Dicoding mengenai server, kamu bisa baca artikel berikut ini mengenai cloud :

  1. 6 Alasan Kenapa Kamu harus Migrasi ke Cloud
  2. DevOps di Google Cloud 

Apa itu Server ? Berikut Pengertian dan Fungsi Server – karya Alfian Dharma Kusuma, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding