Mengenal Apa Itu Firewall dengan Lebih Baik

Mengenal Apa Itu Firewall dengan Lebih Baik

Halo, kawan! Apakah kamu pernah mendengar istilah firewall pada sebuah komputer? Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut, karena firewall hadir di berbagai sistem operasi yang ada. Firewall ini berkaitan dengan sistem keamanan pada sebuah komputer. Ia memiliki icon yang cukup khas dan sederhana yakni hanya tembok bata merah (atau tembok bata merah dengan api). Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu firewall, fungsi, dan jenis-jenisnya. Simak artikel ini dengan baik ya, jangan sampai ada informasi yang tertinggal.

Apa itu firewall?

Firewall adalah sistem keamanan pada jaringan komputer yang bertugas untuk melindungi komputer dari serangan virus, malware, dan jenis serangan lainnya yang dapat berpotensi membahayakan. 

Firewall sendiri memiliki tugas utama untuk memantau dan mengontrol seluruh akses yang masuk dan keluar lewat koneksi jaringan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Selain itu, ia juga memiliki peranan untuk menjaga keamanan jaringan internet yang terhubung. Akan tetapi, banyak pengguna yang belum menyadari adanya sistem ini dan mengabaikannya.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Fungsi firewall

Firewall memiliki beberapa fungsi yang berguna. Ia juga memiliki fungsi utama untuk menjaga pengguna dari serangan apa pun ketika pengguna menggunakan perangkat komputer. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang dimiliki firewall:

  • Melindungi data dari serangan pihak yang tidak bertanggung jawab
    Fungsi pertama dan utama dari firewall adalah untuk melindungi data pengguna dari serangan pihak yang tidak bertanggung jawab. Serangan-serangan ini dapat berupa pencurian data, penyalahgunaan informasi, hingga peretasan yang dilakukan oleh hacker.

  • Menyaring konten yang tidak diinginkan
    Kedua, firewall dapat menyaring konten-konten yang misterius dan berbahaya. Tidak hanya menyaring, tetapi firewall juga bisa memblokir konten-konten tersebut. Contohnya seperti pesan spam yang biasanya mengandung virus dan konten dari sebuah website.

  • Memonitor bandwidth 
    Terakhir, firewall berfungsi untuk memantau atau mengatur batasan bandwidth terhadap konten yang kamu inginkan. Bahkan, kamu juga dapat menetapkan prioritas untuk penggunaan bandwidth.

Jenis firewall

Setelah mengetahui definisi dan fungsi dari firewall, sekarang kita akan membahas beberapa jenis firewall. Berikut ini adalah jenis-jenis dari firewall:

  • Next-generation firewall
    Jenis yang pertama adalah next-generation firewall. Firewall ini sering disebut sebagai firewall masa kini. Next-generation firewall ini dibagi atas tiga fitur utama, yaitu pemeriksaan detail paket, mengevaluasi sumber dari paket, dan menentukan penilaian identitas paket. Dilihat dari jenisnya, firewall ini juga terbagi menjadi 3 jenis, yakni perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan cloud.

  • Packet-filtering firewall
    Selanjutnya ada packet-filtering firewall, yakni jenis tertua di antara jenis firewall yang lain. Packet-filtering firewall berjalan dengan cara memeriksa paket sistem. Proses pemeriksaan meliputi IP address, nomor port, tipe, dan lainnya. Kelebihan dari packet-filtering firewall ini adalah ringan dan tidak memengaruhi performa dari sistem.

  • Proxy firewall
    Ketiga, proxy firewall sering disebut juga dengan application-level gateway. Firewall ini bekerja dengan memproses sumber paket beserta isi paketnya. Jika menggunakan proxy firewall, kamu akan mendapatkan keamanan. Akan tetapi, hal ini bisa memperlambat kinerja sistem.

  • Stateful inspection firewall
    Yang terakhir, stateful inspection firewall. Jenis yang satu ini memiliki fungsi utama untuk memeriksa sumber paket dan membuka isi paket itu sendiri. Sama seperti proxy firewall, kamu akan mendapatkan keamanan. Namun, hal ini bisa mengurangi performa sistem.

Jadi, apa itu firewall?

Jadi, firewall adalah sistem keamanan yang ada pada jaringan komputer yang berguna untuk melindungi komputer dari serangan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, virus, malware, dan segala jenis serangan yang berpotensi membahayakan komputer. Firewall juga memiliki fungsi yang sudah pasti menambah keamanan dari komputer. Firewall juga memiliki beberapa jenis yang dapat kamu gunakan.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai firewall. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu dalam dunia teknologi. Nantikan artikel kami selanjutnya ya.

Mengenal Apa Itu Firewall Dengan Lebih Baik – end

Baca juga artikel pilihan berikut:

  1. Konsep Enkripsi & Dekripsi untuk Keamanan Data
  2. Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Terkenal
  3. Tips Mudah Menjaga Data Pribadi Versi CTO Dicoding

Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!