Apa Itu Docker? Apa Kegunaan dan Kelebihannya?

Apa Itu Docker? Apa Kegunaan dan Kelebihannya?

Halo, teman-teman! Pada kesempatan kali ini kita akan membahas docker. Namun, apa itu docker? Istilah tersebut mungkin cukup asing untuk kamu, tetapi perlu kamu ketahui bahwa docker ini sudah banyak digunakan oleh para pengembang perangkat lunak, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Kamu pasti penasaran, kan? Mari simak artikelnya dengan baik ya.

Apa itu docker?

Docker adalah layanan yang menyediakan kemampuan untuk mengemas dan menjalankan sebuah aplikasi dalam sebuah lingkungan terisolasi yang disebut dengan container. Dengan adanya isolasi dan keamanan yang memadai memungkinkan kamu untuk menjalankan banyak container di waktu yang bersamaan pada host tertentu.

Docker ini diperkenalkan pada tahun 2013 oleh Solomon Hykes pada acara PyCon. Beberapa bulan setelahnya docker secara resmi diluncurkan, tepatnya pada tahun 2014. Semenjak itu docker menjadi sangat populer di kalangan developer luar negeri, tetapi belum terlalu populer di Indonesia. 

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Fitur-fitur docker

Setelah mengetahui pengertiannya, sekarang kita masuk ke fitur-fitur dari docker yang dapat kamu gunakan sesuai dengan kebutuhanmu.

  • Docker engine
    Yang pertama ada docker engine. Ia digunakan untuk membuat image dan container.

  • Docker Hub
    Selanjutnya adalah docker hub. Ia adalah registry yang berisikan kumpulan dari image-image. Dengan menggunakan docker hub ini kamu dapat mengumpulkan image. Hub ini berbeda dengan docker engine yang hanya membuat image.

  • Docker Compose
    Docker compose ini adalah salah satu fitur unggulan yang berfungsi untuk menjalankan beberapa container atau biasa disebut multi-container sehingga dapat menghemat banyak waktu.

  • Docker for Mac
    Untuk fitur yang satu ini, kamu pasti sudah tau dari namanya. Fitur ini memungkinkan pengguna docker untuk menjalankan container pada sistem operasi Mac.

  • Docker for Linux
    Sama seperti fitur sebelumnya, fitur ini juga memungkinkan penggunanya untuk menjalankan container pada sistem operasi Linux.

  • Docker for Windows
    Fitur terakhir dan sudah pasti fitur yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan fitur-fitur lainnya yaitu docker for windows. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menjalankan container pada sistem operasi windows.

Kelebihan

Dalam penggunaannya, docker memiliki beragam manfaat atau kelebihan yang menjadikannya populer di kalangan developer. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya.

  • Memiliki konfigurasi yang sederhana
    Docker memiliki konfigurasi yang cukup sederhana dan dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan aplikasi yang sedang kamu kembangkan. Hanya dengan menentukan beberapa kode, ia akan membuat environment sendiri yang berbeda dengan environment dari server utama.

  • Tingkat keamanan yang baik
    Docker memiliki tingkat keamanan yang baik. Ia akan memastikan aplikasi yang sedang berjalan tidak dapat memengaruhi container. Selain itu, ia juga memiliki fitur keamanan lain seperti pengaturan OS host mount dengan akses read-only sehingga tidak akan mengubah konfigurasi apa pun, kecuali ada yang memiliki akses secara penuh.

  • Dapat dijalankan pada beberapa platform cloud
    Salah satu penyebab docker banyak diminati oleh banyak perusahaan adalah karena ia dapat dijalankan pada beberapa platform cloud. Dengan begitu, penggunanya akan lebih fleksibel dalam melakukan porting aplikasi.

  • Dapat melakukan debugging
    Kelebihan berikutnya adalah ia dapat melakukan debugging. Waktu yang dibutuhkannya juga tergolong cepat, yakni hanya sekitar satu menit saja untuk melakukan proses debug pada Sandbox.

  • Dapat digunakan pada berbagai sistem operasi
    Sebelumnya kamu sudah mengetahui fitur dari docker yang dapat berjalan di sistem operasi seperti Windows, Mac, dan Linux. Hal tersebut akan memudahkan pengguna dari fleksibilitas.

Jadi, apa itu docker?

Jadi, docker adalah layanan yang menyediakan kemampuan untuk mengemas dan menjalankan aplikasi dalam suatu lingkungan terisolasi yang disebut dengan container. Dari kelebihan yang sudah dijelaskan di atas dapat disimpulkan bahwa docker dapat membantu untuk meningkatkan produktivitas dari developer dalam membuat perangkat lunak yang berkualitas. Jadi, itulah pembahasan kali ini. Semoga kamu menjadi lebih mengerti mengenai docker. Tetap semangat ya.

Apa Itu Docker? Apa Kegunaan dan Kelebihannya – end

Baca juga artikel terkait berikut ini:

  1. Apa itu DevOps? Berikut Penjelasan Lengkapnya 
  2. 12 Istilah Back-End Developer Yang Wajib Untuk Diketahui
  3. Jadi Developer Harus Berani Keluar Zona Nyaman: Cerita Developer Lulusan Program Beasiswa AWS 

Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!