Adventure of Jalak, Dari Sekedar Mini Game Hingga Jadi Game Jawara

Devs sekalian, siapa yang tidak tahu game Flappy Bird. Game tersebut sangat viral karena kesulitannya. Namun masih banyak kekurangan dari game Flappy Bird. Miracle Gates Studio yang merupakan pengembang game asal Bali ini mencoba meramu ulang konsep game Flappy Bird dengan gaya yang orisinil. Penasaran seperti apa? Yuk simak review dari Dicoding yang satu ini.

Background Developer & Challenge

Miracle Gates Studio

Miracle Gates Studio

Miracle Gates Studio didirikan pada 31 Oktober 2012 di Bali. Mereka sempat menjadi lima besar dalam pitching competition yang diadakan Tech in Asia di Bali. Walaupun tidak juara, mereka mendapatkan beasiswa dari kampus tempat acara tersebut diselenggarakan, STMIK Primakara. Tak hanya itu, Miracle Gates Studio juga mendapatkan kesempatan untuk masuk ke dalam inkubator bisnis milik STMIK Primakara.

Dengan modal itu, Miracle Gates Studio maju menjadi startup yang fokus di pengembangan game. Miracle Gates Studio fokus untuk membuat produk dengan tampilan dan performa terbaik untuk para pemainnya.

Aplikasi perdana mereka Adventure of Jalak telah memenangkan tantangan di Dicoding yakni Indonesian Wildlife Game Challenge dan Mobile Game Developer Challenge Rookie.

Background Game

Screenshot Adventure of Jalak 1

Screenshot Adventure of Jalak 1

Adventure of Jalak bercerita tentang kasus penculikan burung jalak di Bali. Suatu hari, ada dua orang pemburu yang datang ke Bali untuk menculik burung jalak. Mereka menangkap dan menyimpannya di dalam pickup truck. Namun kendaraan tersebut terkena kecelakaan dan seekor burung jalak terlempar keluar.

Burung jalak tersebut kemudian melarikan diri. Sepanjang pelariannya, ia akan melintasi berbagai wilayah sembari mengumpulkan telor-telor burung jalak yang berserakan.

Review Game

Screenshot Adventure of Jalak 2

Screenshot Adventure of Jalak 2

Game Adventure of Jalak merupakan game dengan gameplay 2d side scrolling. Konsepnya mengambil dari game Flappy Bird namun dikemas ulang dengan cerita, karakter, dan alur permainan yang lebih baik.

Cara bermainnya, kita akan memainkan burung jalak yang berlari untuk mengumpulkan telor-telor yang dicuri. Kita bisa melompat untuk menghindari berbagai rintangan yang ada, baik itu rintangan dari musuh yang menghalangi ataupun rintangan dari lokasi kita bermain seperti jurang ataupun bebatuan.

Adventure of Jalak juga dilengkapi dengan berbagai power up yang bisa dimainkan di dalam game. Power up ini membantu kita untuk menyelesaikan tiap level dengan score yang lebih baik. Adventure of Jalak juga memberikan kita keleluasaan untuk bisa mendandani burung jalak yang kita mainkan dengan berbagai kostum lucu.

Fitur menarik lainnya dari Adventure of Jalak adalah pilihan lokasi bermain yang variatif. Sayangnya, saat ini lokasi Dark Forest dan Beach belum dapat dimainkan. Ke depan juga sepertinya akan ada fitur multiplayer yang dalam keterangannya masih coming soon.

Development Tools

Unity 3D

Unity 3D

Adventure of Jalak dikembangkan menggunakan Unity3D. Game engine yang satu ini memang menjadi pilihan banyak developer di Indonesia karena performanya yang baik dan juga gratis untuk digunakan. Untuk editor, Miracle Gates Studio masih menganggap Visual Studio sebagai editor yang powerfull.

Untuk membuat bitmap image, digunakan Adobe Photoshop, Krista, dan juga GIMP. Lalu untuk image berbasis vector dibuat menggunakan Adobe Illustrator.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Model monetisasi yang digunakan di dalam game ini adalah menggunakan Ads. Ke depan juga akan disiapkan agar bisa menggunakan in app purchase juga. Hal ini dilakukan karena Adventure of Jalak mengincar target pasar orang Indonesia dan dirasa model ini yang paling cocok untuk diterapkan di Indonesia.

Miracle Gates Studio juga berpendapat bahwa kesulitannya adalah rendahnya penetrasi kartu kredit di Indonesia sehingga menyulitkan untuk melakukan pembelian. Walaupun sekarang untuk Android, beberapa provider telekomunikasi sudah memberikan fitur potong pulsa untuk pembayaran di dalam aplikasi.

Saran untuk game developer pemula, cobalah buat mini game yang penting semua fiturnya jadi dan berhasil diimplementasikan. Nanti dari yang kecil, pasti akan menjadi besar. Lalu cobalah untuk membangun relasi yang banyak, tidak hanya dengan teman-teman di daerahnya, tapi juga ke luar daerahnya dengan aktif mengikuti berbagai kegiatan dan acara.

Kesimpulan

Screenshot Adventure of Jalak 3

Screenshot Adventure of Jalak 3

Adventure of Jalak adalah salah satu contoh pembuktian bahwa untuk membuat game yang berhasil, harus diawali dengan game sederhana. Banyak yang akhirnya gagal launching karena sudah terlalu ambisius belum apa-apa harus jadi game dengan spesifikasi yang tinggi. Walaupun masih banyak fitur yang coming soon di Advanture of Jalak, nyatanya game ini banyak mendapatkan penghargaan dan menjuarai berbagai kompetisi.

Game Adventure of Jalak telah menggunakan Intel Android NDK yang membuat game berjalan lebih baik di Intel Device dengan x86 architecture. Untuk membuktikan hal tersebut kami telah mencoba game tersebut di dua buah device yaitu Asus Zenfone 2 ZE550 ML dan Xiaomi Redmi Note 4G yang memiliki spesifikasi hardware hampir identik.
Kesimpulan hampir tidak ada perbedaan dari sisi grafis game Adventure of Jalak di kedua device tersebut. Namun kami merasakan loading di dalam game terasa lebih cepat di device Asus Zenfone 2 ZE550 ML yang menggunakan prosesor Intel.

11

Silahkan unduh game Adventure of Jalak: Google Play (free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more