5 Perbedaan Utama UI dan UX, Mana yang Lebih Penting?

Apakah kamu tahu perbedaan UI dan UX? Dalam dunia desain, terdapat banyak sekali pekerjaan yang serupa, tetapi tak sama. Salah satunya adalah UI dan UX. Jika kamu adalah seseorang yang baru terjun di dalam dunia desain dan ingin menjadi UI Designer, kini saatnya kamu mengetahui perbedaan kedua istilah ini.

Apa itu UI dan UX?

UI (user interface) atau desain antarmuka pengguna adalah sebuah proses yang digunakan oleh desainer untuk membangun antarmuka produk dan fokus pada tampilan estetika dan gaya desain. Seorang UI Designer perlu membuat tampilan antarmuka yang dapat mempermudah dan menyenangkan pengguna.  

Berbeda halnya dengan UX (User Experience) yang berfokus pada pengalaman pengguna terhadap sebuah produk atau layanan. Hal ini membuat seorang UX Designer memiliki tanggung jawab untuk membuat produk aplikasi yang mudah digunakan oleh pengguna, tetapi tetap terlihat eye-catching. Perasaan pengguna saat berinteraksi dengan produk menjadi fokus utama seorang UX Designer. 

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Apa perbedaannya?

Secara singkat, UI dan UX memang saling berkaitan. Namun, perbedaan UI dan UX dapat dilihat dari lingkup fokusnya.

UI berfokus pada elemen antarmuka yang tampak secara visual seperti tipografi, ilustrasi, warna, bilah menu, dan lain lain. Sementara UX berfokus pada pengalaman pengguna dan experience mereka ketika menggunakan produk.

Cara mudah untuk menggambarkan perbedaan antara UI dan UX adalah dengan analogi sederhana berikut.

Bayangkan ketika kamu sedang memasak makanan, UX akan menjadi resepnya, sedangkan UI adalah bahan baku masakannya.

Ketika kita sedang memasak sebuah makanan, memastikan seluruh langkah-langkah terhubung, bahan baku ditambahkan sesuai dengan perintah, serta memastikan temperatur memasak sesuai dengan instruksi adalah sebuah sebuah hal penting. Jika ada sedikit kesalahan saja, tak jarang masakan yang kita buat akan gagal.

Setelah seluruh resep telah ditentukan, langkah selanjutnya adalah mulai memikirkan bahan masakan. Kita bisa menambahkan pewarna makanan, memilih jenis gula yang akan ditambahkan, serta memilih tepung terbaik agar hasil masakan yang kita buat dapat terasa nikmat dan enak dipandang.

Tidak hanya sampai di situ, masih ada banyak hal yang dapat membedakan UI dan UX, antara lain sebagai berikut.

5 Perbedaan UI dan UX

Mengapa UI dan UX sama pentingnya?

Kombinasi antara UI dan UX tentunya akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengguna. Dengan menerapkan UI/UX maka produk yang kita miliki akan lebih unggul di mata pengguna.

Terlepas dari perbedaannya, UI dan UX bukanlah sebuah pekerjaan yang sepenuhnya terpisah. Sebaliknya, kedua pekerjaan ini sangatlah penting dan perlu bekerja sama untuk menentukan bagaimana suatu produk akan terlihat.

UX Designer akan berusaha untuk menentukan bagaimana user interface yang nyaman digunakan, sementara UI Designer akan memutuskan bagaimana tampilan interface terlihat estetis. Kolaborasi ini tentu sangat dibutuhkan, di mana UX Designer akan fokus pada alur sebuah produk, lalu UI Designer akan fokus pada tampilan elemen-elemennya.

Kolaborasi antara UI dan UX Designer

Manakah yang harus saya fokuskan?

Bagi seorang desainer, memiliki pemahaman menyeluruh tentang UI, UX, dan elemen desain lainnya, seperti tipografi, konten, dan warna sangatlah penting. Tim desainer harus bisa berkontribusi dan memberikan inovasi yang menyenangkan pada sebuah produk.

Seiring pesatnya perkembangan industri teknologi, menjadi desainer yang fleksibel adalah kuncinya. Desainer yang memahami pekerjaan UI dan UX dapat berada di proses desain apa saja. Hal ini tentunya akan membuat kamu menjadi anggota tim yang berharga.

Sudah paham perbedaan UI dan UX?

Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa UI dan UX merupakan elemen penting yang saling melengkapi dalam pengembangan website atau aplikasi. Jika UX sebuah produk sangat baik, tetapi UI-nya tidak bagus, tentu akan memengaruhi kesan pertama pengguna ketika menggunakan produk tersebut. 

Jika keduanya memiliki desain yang baik dan saling mendukung, bisa dipastikan produk kamu akan disukai oleh pengguna secara keseluruhan. Nah, itulah penjelasan secara detail tentang perbedaan UI dan UX. 

Bagaimana menurut kamu?

Sudah siap menjadi seorang UI dan UX expert? Mulai perjalananmu mendalami UX pada kelas Belajar Dasar UX Design. Enroll sekarang!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Beasiswa Kelas Pemrograman

Dapatkan beragam informasi terbaru mengenai beasiswa dan informasi menarik lainnya melalui Newsletter Dicoding. Subscribe sekarang!