LINE Bot Developer Challenge

LINE Bot Developer Challenge

Diselenggarakan oleh: LINE Platform:
Hadiah:

2000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

20170202172605b32f1e06488cbdf2a664da6ea5

LINE Bot Developer Challenge adalah sebuah kompetisi terbuka bagi developer individu maupun perusahaan startup untuk membuat sebuah produk berbasis LINE ChatBot melalui messaging API.

Sebelumnya mungkin sebagian dari anda sudah mengenal adanya LINE@, sebuah solusi bisnis dari LINE yang dapat melakukan broadcasting, timeline post, 1:1 chat dengan multiple admin, kupon, keyword reply, dan statistics. Namun dengan hadir nya LINE ChatBot yang dapat menghubungkan antara solusi yang anda buat dengan LINE user, tentunya LINE ChatBot ini dapat membantu anda untuk mengembangkan sebuah produk yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Untuk itu LINE bekerja sama dengan Dicoding Indonesia mengadakan sebuah challenge untuk menantang developer di tanah air untuk membuat sebuah produk digital berbasis LINE ChatBot yang dapat membantu dan berguna untuk seluruh masyarakat di Indonesia.


Kategori LINE ChatBot:

Kategori untuk LINE ChatBot ini kami bagi menjadi 2 yaitu :

  • Kategori Utillitas
    Untuk bot yang membuat tugas sehari-hari lebih mudah, dan membuat hidup manusia bermanfaat. Bot pencarian atau reservasi, penghargaan ini akan diberikan ke bot yang menunjukkan potensi tinggi untuk diadopsi oleh pengguna.
  • Kategori Game
    Terlepas dari konten game, penghargaan ini untuk game bot yang sangat interaktif dan dapat mendekatkan antar pengguna.


Kriteria Utama:

  • LINE ChatBot sudah harus dapat berjalan dan dapat langsung digunakan oleh masyarakat.
  • Konten yang dipakai untuk pembuatan LINE ChatBot harus orisinil, peserta yang menggunakan asset pihak lain tanpa ijin/lisensi akan didiskualifikasi.
  • Wajib melakukan registrasi di https://devchallenge.line.me/id . Juri hanya akan menilai bot yang disubmit ke https://devchallenge.line.me/id.
  • Jika anda menggunakan akun "Developer Trial" pastikan ada slot kosong untuk juri menambahkan akun anda ke dalam list friend di LINE.
  • Untuk melakukan submit, developer dapat memilih platform portofolio dengan data berikut :
    APP ID -> Judul BOT
    Nama Aplikasi -> Judul BOT
    Link Aplikasi -> Bot's LINE@ ID
    Wajib untuk mengisi data berikut di bagian komentar ->
    Nama Akun                          :
    Bot`s Channel ID              :
    Bot`s LINE@ ID                 :
    Kategori LINE ChatBot   : (Diisi Game/Utillitas)
    Status                                    : (Diisi Mahasiswa/Profesional/Student)
    Link kartu pelajar            : (Jika anda pelajar anda wajib menyertakan bukti scan kartu pelajar dalam format link yang berisi digital/scan)

    Comment                            :
  • Juri terdiri dari tim LINE dan Dicoding Indonesia
  • Keputusan juri adalah final.


Jadwal:

  • 1 Februari 2017 – Start Registrasi dan awal mulai kompetisi
  • 31 Maret 2017 – Penutupan registrasi, batas akhir submission dan akhir kompetisi
  • 8 April 2017 – Pengumuman pemenang


Referensi Development:

  • Kami telah membuat LINE ChatBot Academy menggunakan PHP dan Java yang dapat dipelajari secara gratis dan berhadiah 200 point dicoding.
  • Berikut adalah beberapa contoh bot yang ada yang mungkin dapat memberikan gambaran atau ide. Silakan klik link berikut.


LINE Bot Developer Roadshow:

Slide event ini dapat di download di link berikut.


Kriteria Penilaian:

  • Pendekatan
    Untuk bot yang interaktif dengan para penggunanya, yang paling penting untuk diperhatikan oleh para juri adalah seberapa besar mereka mendekatkan diri ke penggunanya. Pikirkan mengenai bantuan apa yang akan diberikan bot ke penggunanya, serta berapa lama atau banyak masalah yang dihadapi pengguna.
  • Adopsi pengguna
    Bots yang memberi kemudahan terhadap penggunanya akan mudah diterma oleh para penggunanya. Dari poin penilaian ini, kami akan menghitung secara digital seberapa banyak teman LINE yang anda buat. Dibandingkan yang lainnya, bots yang sudah mulai dan memiliki teman, memiliki keuntungan. Seperti yang telah terjadi, Rinna Berhasil mendapatkan 4 juta teman. Kita menantang anda untuk mengalahkannya.
  • Kreativitas
    Terdapat banyak jenis layanan bots, namun kita pasti mencari bot yang kreatif tetapi juga menggunakan fitur yang disediakan LINE secara maksimal, dan memberikan banyak manfaat. Kami ingin melihat bot yang ingin digunakan pengguna LINE, seperti LINE bots yang bisa digunakan dalam kelompok atau pekerjaan dengan LINE LOGIN yang menyadiakan akses halaman internet.
  • Dampak
    Kami berharap bots memberikan dampak bagi penggunanya, merubah kehidupan sehari-hari maupun pola interaksi para penggunanya. Ketika anda ingin mempermudah hidup anda, kami juga mendukung anda untuk membantu sesama. Think Big!
  • Keberlanjutan jangka panjang
    Terdapat banyak ide jangka pendek yg bagus untuk bots, tapi kami akan lebih memperhatikan yang lebih berpotensi untuk dilanjutkan dalam waktu yang lama setelah bots awards untuk menciptakan bisnis baru.

 

Hadiah:

100 submission di LINE Bot Developer Challenge yang sesuai kriteria akan mendapatkan 2,000 Dicoding Point. Dan untuk karya terbaik di masing masing kategori akan mendapatkan hadiah tambahan berikut :

  • Kategori Game
    Juara 1 – Uang tunai sejumlah IDR 100,000,000
    Juara 2 – Uang tunai sejumlah IDR 75,000,000
    Juara 3 – Uang tunai sejumlah IDR 50,000,000
  • Kategori Utillitas
    Juara 1 – Uang tunai sejumlah IDR 100,000,000
    Juara 2 – Uang tunai sejumlah IDR 75,000,000
    Juara 3 – Uang tunai sejumlah IDR 50,000,000
  • Kategori Student
    Juara 1 – Uang tunai sejumlah IDR 50,000,000
    Juara 2 – Uang tunai sejumlah IDR 30,000,000
    Juara 3 – Uang tunai sejumlah IDR 20,000,000

Selain itu para pemenang berkesempatan untuk berkerja sama dengan LINE (sebagai intern, full time, maupun partner)


Fasilitas Pendukung:

  • Seluruh follower challenge LINE Bot Developer Challenge dapat menggunakan fasilitas Coworking Space di Dicoding Space, Jalan Batik Kumeli 50 Bandung.


FAQ:

Q : Setelah saya melakukan submit status submission pending. Apakah ini aplikasi saya ditolak?

A : Tidak, status pending artinya status aplikasi anda masuk ke dalam antrian pengecekan oleh admin dan juri, jika tidak sesuai maka aplikasi anda akan direject berserta keterangan alasan maksimal 3 X 24 Jam


Q : Apakah pada challenge ini saya membuat aplikasi mobile?
A : Tidak, anda membuat aplikasi bot backend yang dapat  merespon input dari pengguna LINE melalui LINE@ Messaging API.

Q : Bagaimana tim juri akan menilai submission saya?

A : Tim juri akan mencoba berinteraksi dengan bot kalian di LINE. Pastikan backend kalian ready 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Selain itu, tim LINE akan memantau jumlah pengguna yang menggunakan bot kalian dan menjadi friend di LINE@ Accounts.


Q : Apakah yang dimaksud dengan  "Konten yang dipakai untuk pembuatan LINE ChatBot harus orisinil, peserta yang menggunakan asset pihak lain tanpa ijin/lisensi akan didiskualifikasi."?

A : Anda tidak diperkenankan menggunakan scraping, data extractor dan sebagainya, dan hanya menggunakan konten yang anda miliki sendiri atau sudah dilisensikan. Hal ini dikarenakan sifat LINE@ sendiri yang merujuk ke pemilik konten atau pihak yang ditunjuk oleh pemilik konten sebagai Official Account.


Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda dapat memasukkan sebanyak mungkin Aplikasi yang Anda miliki.

Sisa Waktu

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 100 orang
Kuota pemenang
: 100 orang (sisa kuota: 6)
Follower
: 496 orang
...