Gagal menampilkan sertifikat
Klik untuk Melihat Ukuran Penuh
Farhan Rafly Fahrezi Saepulloh

ID
EYX4RYGR5XDL

Diberikan pada
Apr 2, 2020

Berlaku sampai
Apr 2, 2023


Bagikan sertifikat:

Belajar Dasar Pemrograman Web

Belajar Dasar Pemrograman Web

Disusun oleh: Dicoding Indonesia
Level: Dasar - Pemula

20200630231649b6cb97fdd41db516112699c1ff08c888.png

Kelas ini membahas tuntas dasar HTML, CSS dan JavaScript sebagai tiga fondasi pembuatan website. Fondasi tersebut diperlukan untuk Anda yang ingin mengembangkan kemampuan pengembangan website ke tahap yang lebih lanjut. Disusun dan diverifikasi oleh tim expert Dicoding, materi yang disajikan terstruktur dan komprehensif.

Materi yang dipelajari:

  • Pendahuluan : Pengenalan mengenai website, apa itu website, tools dalam mengembangkan sebuah website. (1 jam 20 menit)
  • Pengenalan HTML : Memberikan pemahaman fungsi HTML dalam website, memahami struktur dasar HTML dengan mencoba membuat sebuah halaman HTML sederhana. (1 jam 10 menit)
  • Pendalaman HTML : Belajar mengorganisir konten dengan elemen semantik yang ada, mengenal attribute pada HTML, mengenal paragraf, header, gambar, list, dan elemen teks lainnya. Memahami perbedaan inline dan block elemen. (6 jam 45 menit)
  • Pengenalan CSS : Memahami peran CSS dalam pembuatan website, benefit menerapkan CSS dan mengetahui penulisan sintaks dasar CSS dengan menerapkan beberapa basic styling pada elemen HTML. (1 jam 50 menit)
  • Pendalaman CSS : Memahami lebih dalam mengenai selector CSS, memahami penerapan styling untuk font dan text (mengubah tipe dan ukuran font, mengubah warna teks, dsb.), memahami tentang foreground color dan background color, memahami konsep box model, dan layouting menggunakan float. Di akhir materi ini kita sudah dapat membuat satu halaman profil dengan menerapkan semantic struktur, styling, dan layouting menggunakan float. (15 jam 20 menit)
  • Layout Responsif menggunakan Flexbox : Memahami tentang penggunaan flexbox sebagai layout dasar membangun kalkulator berbasis website. Flex merupakan teknik baru dalam menyusun layout yang responsif, dan dapat dikombinasikan dengan media query agar lebih optimal ketika diakses menggunakan mobile devices. (4 jam 5 menit)
  • JavaScript Basic dan Manipulasi DOM : Memahami peran JavaScript dalam pengembangan website, menuliskan sintaks dasar JavaScript, memahami dasar JavaScript seperti statement, comment, variabel, tipe data, dsb. Mengetahui Browser Object dan event yang ada, dan memanipulasi DOM menggunakan JavaScript. Di akhir materi ini kita akan menerapkan logika pada proyek kalkulator berbasis website sehingga kalkulator dapat berfungsi dengan baik. (12 jam 5 menit)
  • Web Storage : Mengetahui tipe storage yang ada pada web dengan mencoba menggunakan localStorage untuk menyimpan histori perhitungan dari proyek kalkulator. (3 jam 15 menit)
  • Penutup : Implementasi teknik yang telah dipelajari dalam pembuatan dan improvisasi pada sebuah proyek website sederhana. (9 jam)

Evaluasi pembelajaran:

  • Ujian akhir kelas
  • Submission (proyek akhir) berupa sebuah halaman website menggunakan teknik semantic HTML dan layouting

Total jam yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kelas ini, mulai dari persiapan kelas sampai evaluasi belajar, adalah 55 jam.