Tumbuhkan Rasa Sayang Anak Kepada Hewan Melalui Marbel Dunia Hewan

Mengenalkan anak kepada binatang semenjak dini bisa meningkatkan rasa empati dan kepedulian anak loh Devs. Dicoding pada kesempatan kali ini akan membahas sebuah aplikasi dari Educa Studio yang bisa membantu anak untuk mengenal hewan semenjak dini.

Background Developer & Challenge

Educa Studio

Educa Studio

Sejak berdiri pada 1 April 2011 hingga kini, Educa Studio telah memiliki lebih dari 100 aplikasi. Iya, Devs tidak salah baca, 100 aplikasi lebih yang telah dikapalkan oleh Educa Studio dalam berbagai platform. Tahun 2014 lalu, total unduhan seluruh aplikasi milik Educa Studio mencapai 15 juta download loh. Dan yang menarik, aplikasi yang dikembangkan oleh Educa Studio semuanya memiliki unsur pendidikan anak yang sangat bermanfaat.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Marbel Dunia Hewan dari Educa Studio merupakan salah satu jawara di beberapa tantangan di Dicoding. Beberapa yang pernah dimenangkan oleh Marbel Dunia Hewan adalah tantangan 10K Downloads Club Android NDK Challenge dan 100K Downloads Club Android NDK Challenge.

Background Game

Screenshot Marbel Dunia Hewan 1

Screenshot Marbel Dunia Hewan 1

Marbel Dunia Hewan dapat membantu anak-anak belajar mengenal nama binatang di lingkungan sekitarnya. Di dalam aplikasi ini, bitangan akan dipisahkan dari habitatnya. Ada tiga habitat yang bisa kita mainkan yakni habitat udara, air, dan darat.Dengan begitu, anak-anak bisa belajar tidak hanya mengenal nama hewannya, tapi mengenal habitat hewan itu berada.

Dilengkapi dengan ilustrasi yang lucu, anak-anak bisa semakin tertarik untuk belajar. Ada banyak sekali gambar binatang yang lucu dan menarik untuk anak-anak. Marbel Dunia Hewan juga dilengkapi dengan suara pendukung agar anak semakin mahir mengingat nama-nama hewan.

Review Game

Screenshot Marbel Dunia Hewan 2

Screenshot Marbel Dunia Hewan 2

Game Marbel Dunia Hewan memiliki tiga habitat yang bisa dipilih untuk dimainkan. Ada habitat hewan darat, hewan lait, dan hewan udara.

Untuk memainkannya, kita tinggal memilih menu sesuai habitatnya. Nanti di dalam game, akan ada interaksi dan animasi yang menarik untuk membantu anak mengenal dunia hewan.

Setiap hewan terdapat gambar ilustrasinya, interaksi untuk menghubungkan garis, juga narasi suara untuk membantu anak-anak yang belum bisa membaca. Dengan metode seperti ini, Marbel Dunia Hewan dapat menjadi aplikasi belajar dan pendidikan anak yang baik dan interaktif.

Development Tools

Cocos2d

Cocos2d

Marbel Dunia Hewan dikembangkan menggunakan game engineCocos2D. Cocos2D memudahkan developer untuk mengembangkan game berbasis 2D. Untuk build installer ke Android, digunakan Android Studio dan Android SDK.

Penggunaan game engine dapat membantu me-reuse kode yang dibuat. Selain itu, game engine seperti Cocos2D juga mempermudah proses porting ke beberapa platform berbeda seperti iOS dan Android dengan sangat cepat.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Untuk strategi monetisasi, Educa Studio konsisten menggunakan model iklan. Model ini dirasa paling cocok untuk model game yang mereka kembangkan.

Layanan iklan yang digunakan oleh Educa Studio adalah AdMob. AdMob meruapakan layanan milik google yang memberikan kita cara untuk mendapatkan pemasukan menggunakan iklan di dalam aplikasi.

Kesimpulan

Screenshot Marbel Dunia Hewan 3

Screenshot Marbel Dunia Hewan 3

Perpaduan ilustrasi yang menarik, narasi yang membantu, juga animasi yang baik, Marbel Dunia Hewan akan membuat anak-anak jadi semakin ketagihan untuk belajar sambil bermain.

Unduh Marbel Dunia Hewan: Google Play (free)


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!