Tips membuat halaman About memanfaatkan BottomSheetDialog Android

Sudah menjadi sebuah hal biasa dalam setiap aplikasi memiliki sebuah halaman about. Halaman about yaitu halaman yang berisi penjelasan tentang aplikasi tersebut. Pada tips kali ini saya akan menunjukan bagaimana cara membuat halaman about yg simpel sekali dengan memanfaatkan BottomSheetDialog. Hasilnya akan seperti ini.

about_result

Langkah-langkah:

Di Android Studio kalian, buat project baru File => New Project. Buka gradle module dan tambahkan design support library di bagian dependency seperti dibawah ini.

Kemudian buka layout.xml kalian dan ubah kodenya menjadi seperti kode di bawah ini. (Kalian bebas berkreasi dengan membuat layout model kalian sendiri)

Kemudian buka Activity.java kalian dan ubah kodenya seperti kode di bawah ini. Pada kode ini kita membuat objek BottomSheetDialog kemudian kita inflate layout yang telah kita buat sebelumnya ke dalam objek BottomSeetDialog menggunakan method setContentView(). Terakhir kita tampilkan BottomSheetDialog kita menggunakan method show().

Selesai. Sekarang coba kamu Run dan lihat hasilnya.

Semoga bermanfaat ya, learners. Ingin belajar lebih banyak? Yuk langsung cek Dicoding Academy Belajar Membangun Aplikasi Android Native (www.dicoding.com/academies/26), materi yang dibuat oleh Google Developer Expert Indonesia.

Tunggu tips kami selanjutnya !

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this: