Tips Belajar Membuat Fragment Sederhana

Hai, pernah denger tentang fragment? Kali ini dicoding tips akan membahas sekilas tentang fragment. Bagi kalian yang baru mengenal fragment, simpelnya Fragment itu bagian dari Activity yang memiliki siklus hidupnya sendiri, meskipun begitu Fragment berjalan di atas suatu Activity. Jika Activity-nya di destroy maka fragment juga ikut menghilang. Nah mungkin itu sekilas penjelasan tentang Fragment, lebih jelasnya langsung kita coba membuat Fragment sederhana.

Okay, pastikan Android Studio kalian dalam kondisi prima (a.k.a terupdate dengan baik). Kita langsung saja buat projek baru. Kalau disini kebetulan nama projectnya “Fragment“. Selanjutnya kita buat Fragment baru di dalamnya dengan nama “TampilanFragment“. Sebelum menekan tombol finish, uncheck “Include fragment factory methods?“ dan “include interface callbacks“.

Sekarang saatnya kita buat tampilan aplikasinya. Pertama tampilan pada Layout “MainActivity”.

1

Perhatikan di situ ada FrameLayout, fungsinya u/ mewadahi tampilan dari Fragment yang kita buat.

Langsung yuk kita buat tampilan sederhana di Layout nya Fragment.

2

Sudah? Sekarang kita tambahkan sedikit Action pada Button di kelas “TampilanFragment” seperti di bawah ini :

3

Setelah itu giliran kelas “MainActivity” yang kita modifikasi :

4

Perhatikan baik-baik pada code yang di blok warna biru. Di situ kita memanggil Fragment “TampilanFragment“ untuk menempati FrameLayout dengan id frame_layout yang telah kita buat sebelumnya di tampilan Main Activity.

Nah sekarang coba deh run aplikasinya.  

screenshot_2017-01-23-18-38-38 screenshot_2017-01-23-18-39-02 screenshot_2017-01-23-18-39-05

Selamat ya, kalian sudah belajar bagaimana menampilkan fragment. Nah ingin belajar lebih lagi soal Fragment dan lainnya? Langsung cek Dicoding Academy Belajar Membangun Aplikasi Android Native (www.dicoding.com/academies/26), materi nya oke punya, dibuat oleh Google Developer Expert Indonesia.

Semoga bermafaat kawan, yuk terus belajar dan nantikan tips kami selanjutnya.

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

"If you wanna know about me? Just ask my friends. If you won't ask them, just be one and you'll know." - @dhahedda