Serba-serbi mengenai seorang Data Scientist

Serba-serbi mengenai Seorang Data Scientist

Mengapa kamu wajib mengetahui apa itu Data Scientist? Pada era gempuran teknologi saat ini, kompetisi di dunia bisnis pun semakin menantang. Maka dari itu, pemanfaatan data dalam bisnis pun semakin dibutuhkan. Berdasarkan LinkedIn Emerging Jobs Report tahun 2020, Data Scientist merupakan termasuk tiga pekerjaan yang paling dibutuhkan saat ini.
LinkedIn Emerging Jobs Data Science

Jika secara awam menebak, kamu pasti berpikir bahwa pekerjaan ini berkaitan dengan yang namanya data. Sebenarnya itu tidak salah. Namun, apa itu Data Science sebenarnya? 

Data science adalah ilmu yang berkaitan dengan pemrosesan, analisis, dan pengambilan keputusan berdasarkan data. 

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Ia melibatkan penggunaan teknik-teknik matematika, statistika, dan komputer untuk mengumpulkan, membersihkan, dan menganalisis data dari berbagai sumber, yang bertujuan untuk menemukan pola, tren, dan wawasan yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik. 

Dalam dunia profesional, orang yang memiliki kemampuan ini disebut dengan seorang Data Scientist. Jika kamu tertarik dengan pekerjaan ini, berikut adalah penjelasan serba-serbi mengenai menjadi seorang Data Scientist!

Siapa itu Data Scientist

Data Scientist adalah seorang profesional yang menggunakan keterampilan analisis, pemodelan, dan pemrograman untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan data secara efektif. Seorang Data Scientist akan mengumpulkan, membersihkan, dan menganalisis data untuk mengidentifikasi pola dan tren yang dapat membantu suatu perusahaan membuat keputusan yang lebih baik.

Tugas-tugas seorang Data Scientist meliputi memahami permasalahan yang dihadapi, menentukan data yang harus dikumpulkan untuk menjawab permasalahan tersebut, mempersiapkan data agar siap digunakan, merancang dan mengimplementasikan model analisis yang sesuai, serta menyajikan hasil analisis kepada pemangku kepentingan dalam format yang lebih mudah dipahami.

Ia juga harus memiliki keterampilan interpersonal yang baik karena ia harus dapat berkomunikasi dengan baik dengan berbagai pihak, termasuk anggota tim, manajemen, dan klien.

Mengapa Data Scientist

Banyak sekali alasan kamu perlu mempertimbangkan Data Scientist sebagai pilihan karier yang menarik. Berikut adalah beberapa alasannya.

  1. Permintaan pasar yang tinggi: Dengan semakin banyaknya data yang dihasilkan dan disimpan oleh perusahaan, permintaan untuk profesional yang dapat mengelola data dan menghasilkan wawasan berharga dari data semakin meningkat.

    Tidak heran bahwa Future of Jobs Report 2020, World Economic Forum menyampaikan bahwa pekerjaan ini disebut sebagai the most growing job demand pada tahun 2025.Growing jobs demand 2025
  2. Gaji yang kompetitif: Data scientist adalah salah satu pekerjaan dengan bayaran tertinggi di industri teknologi karena keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam analisis data dan pemrograman sangat dihargai oleh banyak perusahaan. Nyatanya, berdasarkan informasi glassdoor.com, seorang Data Scientist di Jakarta salary-nya bisa menyentuh angka 30 juta per bulan!Glassdoor Data Scientist
  3. Fleksibilitas: Keterampilan ini dapat digunakan dalam berbagai bidang, termasuk bisnis, kesehatan, keuangan, pemasaran, ilmu sosial, dan lainnya, sehingga memberikan kamu fleksibilitas dalam memilih karier yang sesuai dengan minat dan keahlian.
  4. Menjadi bagian dari solusi masalah dunia nyata: Data science dapat membantu perusahaan dalam berbagai sektor untuk membuat keputusan yang lebih baik dan meningkatkan efisiensi sehingga menjadi bagian dari solusi masalah dunia nyata.

Tips Menjadi Seorang Ilmuwan Data

Berikut adalah beberapa tips jika kamu ingin menjadi seorang Data Scientist yang andal!

  • Pelajari matematika dan statistika dengan baik: Data science melibatkan banyak konsep matematika dan statistika, seperti probabilitas, statistika inferensial, aljabar linear, kalkulus, dan lainnya.
  • Pelajari bahasa pemrograman, seperti Python atau R: Bahasa pemrograman ini sangat populer di dunia data science, dan sangat penting untuk dapat memproses dan menganalisis data dengan efektif.
  • Pelajari teknologi big data: Data science melibatkan pemrosesan dan analisis data yang besar. Jadi, kamu perlu mempelajari teknologi dan platform big data, seperti Hadoop, Spark, dan lainnya.
  • Pelajari machine learning: Machine learning adalah teknik utama dalam data science yang digunakan untuk membuat model prediktif dan analisis yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan.Model-machine learning dipelajari dari data historis dan digunakan untuk membuat prediksi atau klasifikasi pada data baru. Proses ini merupakan bagian dari pengolahan data dalam data science.Dengan demikian, machine learning adalah bagian yang tidak terpisahkan dari data science karena di dalamnya tercakup semua tahapan pengolahan data mulai dari pengumpulan, pembersihan, pengolahan, analisis, hingga pengambilan keputusan berdasarkan data.
  • Praktikkan analisis data dengan kasus nyata: Lakukan proyek-proyek data science untuk meningkatkan keterampilan dan pengalaman kamu dalam menganalisis data.

    Kamu bisa mempelajari berbagai konsep dasar analisis data beserta tahapannya, dilengkapi pembahasan studi kasus menggunakan bahasa pemrograman Python di kelas Belajar Analisis Data dengan Python di Dicoding!

    Dalam kelas tersebut, kamu akan mempelajari mulai dari topik dasar-dasar analisis data, penerapan data, data wrangling, hingga topik data visualization untuk mempermudah hasil penyampaian analisis data.Jika kamu tertarik mempelajarinya, kamu bisa menggunakan Dicoding Trials untuk mendapatkan akses langganan GRATIS selama 15 hari di sini.

Itulah penjelasan mengenai serba-serbi menjadi seorang Data Scientist. Untukmu yang tertarik menjadi seorang Data Scientist, pastikan kamu telah menyelesaikan kelas Belajar Analisis Data dengan Python, agar langkahmu semakin bisa segera terwujud. Semoga tulisan ini bermanfaat, ya. Happy coding!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.