Semarakan Kemerdekaan Dengan Game Tujuh Belasan

Banyak cara untuk menunjukan rasa cinta kita terhadap Indonesia. Salah satunya adalah dengan membuat game untuk memperingati hari ulang tahun Indonesia yang ke 70. Studio game yang bernama Cat Summer merilis game berjudul Tujuh Belasan untuk menyemarakan kemerdekaan Indonesia. Yuk kita simak pembahasannya di Dicoding.

Background Developer & Challenge

Maskot Cat Summer

Maskot Cat Summer

Cat Summer merupakan studio game yang menyebut diri mereka sebagai grup orang-orang iseng yang punya keinginan untuk membuat game. Mencari momentum yang tepat untuk merilis game, Cat Summer pertama merilis game buatannya pada event hari kemerdekaan Indonesia yang ke 70 di taun 2015.

Game berjudul Tujuh Belasan karya Cat Summer ini juga telah memenangkan tantangan di Dicoding yang berjudul Create a New Application or Game Using Intel NDK.

Background Game

Screenshot_2015-08-28-00-13-27

Game Tujuh Belasan dikembangkan atas dasar minat dan ketertarikan personil Cat Summer terhadap game. Dengan mengangkat judul Tujuh Belasan dan membuat game dengan tema yang khas Indonesia, Cat Summer merasa mendapatkan kebanggaan tersendiri untuk bisa memperkenalkan Indonesia kepada dunia.

Melalui game ini juga, Cat Summer berusaha untuk mengenalkan Indonesia kepada masyarakat di seluruh dunia. Itu mengapa di dalam game ini juga diselipkan fun fact terkait Indonesia. Walapun untuk saat ini, fitur tersebut masih menggunakan bahasa Indonesia dan kontennya belum banyak.

Review Game

Screenshot_2015-08-28-00-13-42

Tujuh Belasan merupakan game yang berisikan mini game yang terinspirasi dari berbagai perlombaan yang biasa diadakan dalam moment perayaan tujuh belas Agustus. Dengan memainkan game ini, seakan-akan kita sedang mengikuti perayaan tujuh belasan di sekitar tempat tinggal kita.

Untuk saat ini, ada dua game yang bisa dimainkan yakni game makan kerupuk dan game joget bangku. Untuk makan kerupuk, konsepnya mirip dengan lomba makan kerupuk yang biasa dilakukan. Namun di sini, kerupuknya berada cukup tinggi dan jauh dari jangkauan kita. Kita harus melompat dengan cara menahan layar. Semakin lama kita menahan layar, ketika kita melepas tangan kita, lompatannya akan semakin tinggi. Obejektif permainan Makan Kerupuk ini adalah untuk melompat pada posisi yang tepat dengan ketinggian kerupuknya.

Lalu untuk game joget bangku, akan ada sejumlah bangku yang jumlahnya lebih sedikit dari jumlah orang yang ada di layar. Misalkan kursinya ada lima, maka pemain yang bermain ada enam orang. Mereka akan berputar mengelilingi kursi tersebut diiringi oleh lantunan lagu. Ketika lagu berhenti, maka kita harus secara cepat menekan kursi kosong untuk duduk di kursi tersebut. Jika tidak kebagian tempat duduk, maka kita akan didiskualifikasi.

Development Tools

Unity 3D

Unity 3D

Untuk pengembangan game Tujuh Belasan, Cat Summer memanfaatkan Adobe Photoshop dan Adobe Ilustrator untuk proses aset visual. Kedua tools ini dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan visual game ini yang bertema 8bit.

Untuk pemrograman, Cat Summer menggunakan game engine Unity3D. Engine ini dipilih dengan pertimbangan agar proses pengembangan game bisa berlangsung dengan cepat. Mengingat juga mereka mengejar event tujuh belasan agar game bisa launching di saat yang tepat.

Monetization

Untuk monetisasi, saat ini belum ada strategi khusus yang digunakan. Tim Cat Summer masih ingin menggunakan game ini sebagai media marketing untuk mengincar popularitas. Bisa meletakan game ini di Google Play saja sudah merupakan kepuasan sendiri bagi teman-teman di Cat Summer.

Kesimpulan

Screenshot_2015-08-28-00-14-16

Game Tujuh Belasan merupakan game yang cocok untuk memeriahkan keseruan momen tujuh belasan. Terdapat permainan rakyat yang cukup populer yang bisa kita mainkan.

Unduh Tujuh Belasan: Google Play (free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more