Saingan ChatGPT! Ketahui Jenis Chatbot Lainnya, Yuk!

Saingan ChatGPT! Ketahui Jenis Chatbot Lainnya, Yuk!

Chatbot di bawah ini pasti pernah kamu gunakan, bukan? Ayo jujur! Hihi.

Chat GPT, salah satu contoh chatbot

Atau … kamu pernah pakai yang di bawah ini?

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Google Gemini

Atau kamu pernah pakai yang belum disebutkan? Coba share, dong, di kolom komentar. Sebelum kita mencari tahu saingan-saingan ChatGPT, kita cari tahu dulu, yuk, sebenarnya bagaimana sih awal mulanya?

Chatbot

Sekilas tentang Chatbot

Teknologi semakin modern memang sejatinya untuk menyederhanakan hal yang rumit, mempermudah yang sulit, hingga menjangkau yang sempit. Sebelum masifnya kehadiran sebuah teknologi, umumnya sumber manusia mendapatkan informasi sangatlah terbatas.

Selain informasi dari sumber berbasis teks, yaitu buku, majalah, koran, dan sebagainya, biasanya masyarakat mendapatkan informasi dari sumber dengan bentuk suara, contohnya radio.

Namun, setelah adanya teknologi hadir di sekeliling kita, mendapatkan informasi semakin dimudahkan. Salah satu bentuk nyata dari adanya teknologi adalah hadirnya sebuah chatbot.

Chatbot adalah program komputer yang menciptakan simulasi percakapan manusia dengan pengguna. Inovasi dari chatbot saat ini adalah adanya artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang mampu memberikan jawaban cerdik, cekatan, dan mendekati akurat kepada para penggunanya.

ChatGPT, Chatbot Terpopuler

For your information, chatbot original (tidak terintegrasi apa pun) terpopuler masih dimenangkan oleh ChatGPT.

Tahukah kamu? ChatGPT merupakan salah satu kiblat para chatbot di dunia, loh!
ChatGPT (Chat Generative Pre-trained Transformer) adalah sebuah bot obrolan dengan menerapkan kecerdasan buatan untuk memprediksi probabilitas (kemungkinan) atau kata berikutnya dalam suatu percakapan ataupun perintah teks.

Tutorial ChatGPT

Note: Klik gambar untuk melihat video

Aksesibilitasnya yang mudah dimiliki oleh siapa pun, menjadikan para pengguna memilih chatbot ini karena dianggap mudah digunakan dan memiliki jawaban bervariasi ketika memberikan jawaban. Selain itu, kemampuannya merespons pertanyaan dengan cepat, membuat para pengguna masih terkesima dengan “the original of chatbot” ini.

Namun, apakah kamu tahu bahwa ternyata telah banyak di luar sana chatbot yang telah terintegrasi dengan aplikasi lain dengan bantuan artificial intelligence?

Google Gemini, Saingan ChatGPT

Kenalkan …

Tutorial Google Gemini

Note: Klik gambar untuk melihat video

Teknologi terbaru dari Google yang sudah terintegrasi dengan produk-produk Google bernama Gemini. Google Gemini dapat diakses secara luas oleh siapa pun, sedangkan ChatGPT memiliki akses berbayar dengan fitur-fitur tertentu.

Pasti kamu bertanya-tanya, kan? Mana yang lebih baik? Tenang … kamu tidak sendirian. Masih sering terjadi komparasi antara ChatGPT dan Google Gemini. Apa saja itu? Yuk! Simak di bawah ini.

Fitur/Kapabilitas ChatGPT Google Gemini
Developer OpenAI Google
Kecepatan Skor performance ChatGPT mencapai 40.8%, GPT-4 65.0% Skor performance Gemini mencapai 38.8%
Kemampuan text-to-speech Tersedia untuk ChatGPT Plus.  dan pengguna bisnis (enterprise users). Tersedia untuk seluruh pengguna.
Mengambil gambar ChatGPT (versi plus) dapat menghasilkan gambar AI menggunakan DALL-E 3. Gemini dapat mengambil gambar dari web dan menghasilkan gambar dengan menyematkan Adobe Firefly.
Pengalaman pengguna (User experience) Format teks, riwayat percakapan (chat history), tombol aksi yang cepat, dan sumber data. Menyediakan saran lain di luar hasil prompt yang telah diminta.

Coba share, dong, pengalaman kamu menggunakan kedua chatbot AI di atas?
For your (never last) information, berikut adalah daftar chatbot AI yang sudah terintegrasi dengan beberapa aplikasi unggulan.

Meme

Sumber Terintegrasi Jenis Chatbot
Chatbot original (tidak terintegrasi dengan apa pun) ChatGPT
Memori percakapan panjang (Longest conversation memory) Claude
Online search, teks, dan mengumpulkan gambar Microsoft Bing AI
Terintegrasi dengan produk-produk Google Google Gemini
Content writing Jasper Chat, Chat by Copy.ai, Chatsonic.

Masih banyak lagi, loh!

Sungguh menarik bukan? Selain mampu memudahkan urusan, ia juga mampu memberikan wawasan tambahan untuk kamu. Satu hal yang perlu kamu garis bawahi adalah semua chatbot hanyalah robot yang dirancang mampu merespons seperti manusia, tetapi hasilnya perlu divalidasi kembali dan tidak ditelan mentah-mentah. Oke?

 

Last but not least.

Pergi liburan ke negeri Kenya,
Sampai jumpa di blog selanjutnya~


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.