Resolusi untuk Meningkatkan Skill Ngoding di Tahun 2020

7 Resolusi Untuk Meningkatkan Skill Ngoding Di Tahun 2020

7 Resolusi Untuk Meningkatkan Skill Ngoding Di Tahun 2020 – karya Zidni Sika Azkia, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Halo temen-temen developer!! Sudah lebih dari sebulan nih sejak tahun baru – apa yang sudah kalian lakukan di tahun 2020 ini? Apa yang sudah kalian tingkatkan? Wah, semoga selama ini kalian Meningkatkan Skill Ngoding dengan hal-hal yang bermanfaat.

Perlu sedikit bantuan membuat resolusi belajar di tahun 2020? Nah, berikut 7 resolusi untuk meningkatkan skill ngoding di tahun 2020. Cekidot!

Coba Cicip Linux

Seorang developer harus bisa fleksibel, yuk coba intip ke berbagai open source contohnya seperti Linux. Jika laptop kalian menggunakan sistem operasi Linux untuk belajar pemrograman, itu akan menambahkan skill kalian dalam hal coding. Kenapa begitu? Linux mendukung hampir semua bahasa pemrograman utama (Python, C / C ++, Java, Perl, Ruby, dll.). Selain itu, ia menawarkan berbagai aplikasi yang berguna untuk tujuan pemrograman. Banyak yang berpendapat bahwa terminal Linux lebih unggul untuk digunakan oleh developer daripada baris perintah Window. Kamu juga akan menemukan banyak libraries yang dikembangkan secara khusus untuk Linux. Juga, banyak programmer mengatakan bahwa package manager di Linux membantu mereka menyelesaikan sesuatu dengan mudah.

Kenali filosofi Linux, dan rasakan sensasinya ngoding pake Linux. Uwhhh… kalian bakal ketagihan deh, kalo sudah mengenalnya lebih jauh.

Ikuti Bootcamp

Jangan cuma habiskan waktu sendirian dan bergabunglah dengan komunitas yang membahas tentang dunia pemrograman. Kalian para programmer itu ngga bisa jomblo, ngga bisa melawan error sendiri. Bisa stress nanti hehe…

Nah, dengan mengikuti bootcamp kalian akan menemukan hal-hal baru seperti teknik ngoding yang baik, sharing error yang dihadapi, dan kalian akan kenalan dengan kawan baru (atau mungkin jodoh?). Tentunya, membuat ngoding kita menjadi lebih asyik dan efisien.

Jadi Polyglot

Seorang Poliglot adalah seseorang yang dapat berbicara atau mengerti banyak bahasa. Sama seperti bahasa percakapan, di dunia programming pun memiliki banyak jenis bahasa pemrograman. Jika kalian sudah jago dengan satu bahasa pemrograman contohnya Java, tidak ada salahnya kalian mencoba temen-temennya seperti Kotlin. Kotlin-pun walaupun masih baru, tapi ia sudah viral dikalangan industri karena kecanggihannya.

Seorang programmer yang bisa lebih dari satu bahasa pemrograman akan lebih banyak dicari apalagi di industri dimana tiap perusahaan bisa menggunakan lebih dari satu jenis bahasa.

Ciptakan Kreativitas

Jika dirasa ngoding kalian selama ini terlalu monoton, ciptakan kreativitas yang belum ada selama kalian ngoding. Bikin hal-hal yang berbeda dan kreatif di aplikasi yang sedang kalian kembangkan. Hal ini menjadi keunikan tersendiri serta menjadi keunggulan pada aplikasi kalian sehingga pelaku industri menjadi melirik kalian.

Perbanyak Ngoding

Buat kalian yang bener-bener pengin jadi programmer, teruslah praktik ngoding. Karena utamanya programmer ya ngoding tak kenal weekend. Biasanya, bagi pemula yang baru nyemplung sekiranya sudah 3 minggu-an dirasa sudah mempunyai skill mumpuni. Alhasil, males ngoding yaa itu karena dikira sudah mumpuni.

Harusnya, gali lebih dalam tentang dunia ngoding, agar kalian tidak cepat puas dan rasa cinta terhadap ngoding melekat dihati kalian.

DICODING

Seringkali kita ngoding asal dari tutorial entah dari mana, mengakibatkan hasil coding-an yang kita buat tidak direview. Entah itu baik, entah itu error, mending kalo error-nya syntax lah kalo logika?

Dicoding merupakan startup yang isinya tentang pemrograman. Kalian bisa belajar dan praktek ngoding, hasil coding-an kalian bisa di review oleh developer yang mumpuni, bahkan kalian akan mendapatkan sertifikat yang diakui pelaku industri jika lulus tugas akhirnya.

Mulai Menulis

Jika coding-an kalian dirasa sudah banyak dan aplikasi kalian sudah banyak yang dipublish, kini saatnya berbagi dengan yang lain agar orang lain terutama yang masih pemula bisa belajar coding dari tulisan kalian. Alhasil tidak hanya aplikasi kalian yang bermanfaat tapi juga tulisan kalian pun bermanfaat.

Tips diatas bisa kalian terapin di tahun 2020. Bagi yang sudah melakukan hal-hal diatas boleh dong share di kolom komentar sama aku hehe…

7 Resolusi Untuk Meningkatkan Skill Ngoding Di Tahun 2020

end

Artikel ini ditulis oleh Zidni Sika Azkia, Intern Junior Content Writer di Dicoding

“Ayok, tingkatkan skill ­ngoding-mu dengan belajar di Dicoding, tambah kece!“

Ada banyak hal-hal baru di Dicoding, kalian bisa belajar dengan harga yang murah bahkan gratis, cek di sini: kelas gratis di Dicoding Academy.

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding