pola hidup programmer sehat

Pola Hidup Programmer Agar Tetap Sehat

Pola Hidup Programmer Agar Tetap Sehat – karya Perdana Samudra, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Semua pekerjaan memiliki resiko. Walaupun terlihat programmer itu mayoritas waktunya cuma duduk di depan PC saja tetapi hal itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan bila tidak diimbangi dengan pola hidup yang baik. Inilah pola hidup programmer agar tetap sehat yang bisa kamu ikuti.

1. Perbaiki Postur Duduk

Pola Hidup Programmer Agar Tetap Sehat

Sebagai seorang programmer mau tidak mau kita bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama. Posisi duduk yang sembarangan yang dilakukan dalam waktu berjam-jam bisa berpengaruh buruk pada kesehatan dan postur tubuh. Orang yang biasanya di depan komputer dalam waktu yang lama pasti secara tidak sadar akan mengalami turtle neck syndrome, yaitu berjalan dengan membungkuk serta kepala dan leher yang offside maju kedepan. Postur yang bagus untuk duduk adalah badan tegap atau disandarkan ke kursi, kaki menyentuh lantai (tidak disilangkan atau naik kursi), kursi tidak ketinggian atau kependekan, jarak pandang lurus. Jarak antara layar dan pandangan sebaiknya kurang lebih 60 cm.

2. Menjaga Asupan Gizi

Pekerjaan seorang programmer biasanya membutuhkan tingkat fokus yang tinggi. Hal itu membuat para programmer lupa makan makanan yang sehat dan menjaga waktu makan mereka. Karena tidak dapat menjaga pola makan yang baik, akhirnya mencari solusi cepat yaitu delivery order junk food. Namun hal ini memiliki resiko yang buruk untuk kesehatan programmer ke depannya seperti kolesterol jelek, penyakit jantung, diabetes dan lain-lain. Ubah lah pola makan menjadi lebih bergizi, seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan segera tinggalkanlah kebiasaan makan junk food setiap hari. Jangan lupa mengontrol minum kafein dan lebih sering minum air putih untuk mengurangi efek pusing melihat layar terlalu lama, menjaga kesehatan ginjal, dan menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

3. Berhenti Menatap Layar sebelum Tidur

Mantan Direktur NASA Ames Research Centre bagian Fatigue Counter Measures Program, yang bernama Mark Rosekind, menyebutkan bahwa benda elektronik seperti TV, smartphone dan komputer dapat mengganggu kualitas tidur karena mempengaruhi stimulasi kognitif pada otak. Pernah gak kalian udah ngantuk, terus ingin tidur sambil browsing di HP, eh lama-lama malah ngantuknya hilang dan akhirnya begadang sampai larut malam sehingga waktu tidur jadi sedikit? Untuk meningkatkan kualitas tidur usahakan meninggalkan benda-benda tersebut satu sampai dua jam sebelum tidur agar tidur lebih cepat, nyenyak, dan bangun pagi lebih segar.

4. Jaga Kesehatan Mata

Melihat layar PC telalu lama dapat menyebabkan mata tegang dan lelah. Gejala umumnya ialah mata perih, panas, dan gatal. Efek panjangnya bisa buat mata jadi susah fokus, penglihatan kabur, nyeri di kepala, pundak, leher, dan punggung. Tentu hal ini berpengaruh pada produktivitas kerja sebagai programmer. Untuk mencegah agar mata kita tetap sehat, pastikan pencahayaan ruang kerja harus pas – tidak boleh terlalu terang atau terlalu gelap. Jangan lupa sering berkedip agar mata tidak kering. Setiap 30 menit ada baiknya berdiri dari kursi dan letakkan fokus penglihatan ke arah yang jauh agar mata tidak capek.

Pola Hidup Programmer Agar Tetap Sehat

-end-

Artikel ini ditulis oleh Perdana Samudra, Junior Content Writer Dicoding
“Ayo asah kreativitas kamu untuk memajukan negeri bersama Dicoding.”

Kamu bisa belajar pemrograman dari dasar di sini https://www.dicoding.com/academies/daftar-kelas-pemula

Ayo jaga kesehatan dengan teknologi https://www.dicoding.com/blog/live-well-kebutuhan-hidup-sehat-dan-bugar-dengan-dukungan-teknologi/

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding