Perubahan Kurikulum Android

Perubahan Kurikulum Android pada Dicoding Academy

Perkembangan framework Android sangatlah pesat, setiap bulannya terdapat teknologi/fitur baru yang kompetitif demi menunjang kinerja para Android Developer. Terutama di beberapa tahun terakhir, dengan munculnya Android Jetpack pada 2018.

Saat ini ada 31 fitur atau library yang membentuk jadi satu yaitu Android Jetpack. Ya, cukup banyak memang. Dan percayalah, angka 31 ini pasti akan bertambah. Bahkan hingga detik ini, 31 fitur Jetpack masih tetap berevolusi, salut dengan tim developer dari Google yang selalu ingin mendaki puncak tertinggi.

Untuk menjadi seorang developer khususnya Android akan banyak sekali ilmu yang harus kita kuasai. Mulai dari perkara simpel seperti “Bagaimana mengkonversi bilangan integer jadi float”, sampai perkara “Bagaimana menyimpan data sensitif milik user ke dalam smartphone Android dengan aman“. Tentu ini hanya contoh, masih banyak hal-hal kecil maupun besar di dalam dunia persilatan para Android Developer.

Tenang, cukup di sini saja pembahasan teknisnya, blog ini tidak hanya membahas teknis tentang perkembangan Android dan semua fiturnya. Blog ini akan membahas bagaimana nantinya pembelajaran Android di Dicoding Academy. Singkatnya, apa sih plan Dicoding di tahun 2020 terhadap kelas Android-nya.

Bagi yang belum tahu, Dicoding Academy telah mengeluarkan fitur baru yaitu Android Developer Learning Path (https://www.dicoding.com/learningpaths/7). Harapannya, path ini dapat mengikuti perkembangan teknologi Android dan tetap memberikan pengalaman belajar yang lengkap terhadap peserta Academy.

Learning Path Sesuai Kebutuhan Karir Jangan sampai bingung memulai dari mana. Tersedia berbagai Learning Path yang membantumu belajar sesuai kebutuhanmu dengan alur yang jelas.

Selalu updated, adalah tagline yang selalu kami pegang. Selain mengikuti perkembangan framework Android, kami juga mendengarkan feedback dari banyak siswa yang belajar di kelas Android kami. Dan kami selalu terbuka untuk feedbackfeedback lainnya, bagi kamu yang membaca blog ini tolong jangan bosan memberikannya di tahun 2020.

Kami juga berbincang-bincang dengan perusahaan pelaku industri di Indonesia, dan mendapatkan feedback bahwa dibutuhkan kualitas Android Developer yang lebih tinggi daripada yang telah disediakan melalui kurikulum Associate Android Developer dari Google.

Beberapa kelas Dicoding telah mengacu ke Associate Android Developer, di mana sertifikasi ini diperuntukkan bagi developer yang ingin menguji ketangkasannya dalam memainkan kode di dalam framework Android, tentunya dengan standar yang telah diatur oleh Google.

Masih perlunya pengetahuan lebih dalam untuk menjadi “the real” Android Developer, bahkan setelah lulus dari Associate Android Developer adalah isu yang perlu kita pecahkan sebagai calon Android Developer. Salah satu isu ini bisa dipecahkan dengan inisiatif untuk eksplorasi dan mencari solusi di luar apa yang tertulis jelas pada kurikulum. Kami percaya bahwa kurikulum yang ada saat ini dapat memberikan fondasi yang kuat, sehingga seorang developer dapat kemudian mencari problem-problem Android yang lebih lanjut dan mencari solusinya secara mandiri.

Oleh karena itu, kami akan menciptakan sebuah kurikulum Android Developer Expert yang jauh lebih lengkap dengan fokus pada fitur-fitur yang lebih spesifik dibutuhkan oleh industri saat ini. Kelas ini akan menjadi tahap selanjutnya setelah menyelesaikan kurikulum pre-certification Associate Android Developer.

Selain itu kami akan melakukan penyesuaian level kelas sebagai berikut,

  • Menjadi Android Developer Expert : Nama kelas kami ubah menjadi Belajar Fundamental Aplikasi Android dan level kelasnya menjadi Menengah (sebelumnya memiliki level Mahir).
  • Belajar Android Jetpack Pro : Level kelasnya menjadi “Mahir” (sebelumnya memiliki level Profesional).
  • Untuk mempersiapkan diri mengikuti sertifikasi Associate Android Developer, kamu dapat belajar sesuai Android Developer Learning Path sampai ke tahap kelas Belajar Android Jetpack Pro.
  • Kami akan mengadakan kelas baru menggunakan nama Menjadi Android Developer Expert yang menjadi tahap berikutnya jika sudah menyelesaikan kurikulum Associate Android Developer.

Dengan adanya perubahan ini maka akan berdampak pada,

  • Akses Kelas : Siswa yang telah lulus kelas Menjadi Android Developer Expert akan dapat akses ke kelas Belajar Fundamental Aplikasi Android tanpa biaya tambahan. Namun untuk kelas kurikulum baru dengan nama Menjadi Android Developer Expert akan dianggap kelas baru sehingga siswa perlu mendaftar melalui program langganan Dicoding Academy.
  • Sertifikat Kelas : Judul kelas yang tertera pada sertifikat akan menyesuaikan ke nama kelas baru (menjadi Belajar Fundamental Android Developer). Silakan cetak ulang sertifikat jika ingin memperbarui melalui halaman kelas masing-masing di Dicoding Academy.
  • Portofolio Halaman Profile Anda : Informasi kelas akan berubah sesuai format level maupun nama kelas yang baru.

Tahun 2020 akan diwarnai dengan banyak perubahan kurikulum dan penambahan kelas pada Dicoding Academy untuk menyesuaikan ke standar kebutuhan industri yang semakin tinggi. Tetap perhatikan kanal media milik Dicoding untuk mendapatkan informasi seputar Academy.

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Head of Academy at Dicoding Indonesia (Google Associate Android Developer)