Perjuangan Rian untuk Menjadi Talenta Digital Andal

Perjuangan Rian untuk Menjadi Talenta Digital Andal

Cerita Rian Firmansyah, Lulusan Program DTS FGA 2023 – IT Support, dan Perjuangan yang Ia Lakukan untuk Menjadi Talenta Digital

Untuk segala hal besar yang kita cita-citakan, ada perjuangan yang perlu kita lakukan untuk meraihnya. Rian Firmansyah (24) adalah seorang pemuda asal Tangerang yang bermimpi untuk menjadi talenta teknologi. Ia sadar bahwa agar dirinya berhasil meraih cita-cita tersebut, ada perjuangan yang mesti ia lakukan.

Salah satu usaha yang Rian lakukan untuk bisa mewujudkan mimpinya adalah dengan belajar pada program Digital Talent Scholarship Fresh Graduate Academy (DTS FGA) 2023. Setelah memperluas wawasan pada program tersebut, Rian menjadi talenta digital yang semakin percaya diri dalam berkarier.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Apa saja yang Rian lalui sebelum akhirnya memiliki karier yang menjanjikan di dunia teknologi? Mari kita baca cerita lengkapnya!

Perjuangan Rian Dimulai Saat Ia Menjadi Seorang Driver

Lahir di Bogor dan besar di Tangerang, Rian merupakan bungsu dari tiga bersaudara. Ibunya telah wafat, sedangkan ayahnya merupakan pensiunan karyawan swasta. Dari sosok sang ayahlah Rian belajar untuk menjadi manusia yang tumbuh dengan tegar.

Tidak ada hal lain yang ayah Rian harapkan selain melihat putranya sukses di bidang yang ia tekuni. Kebetulan, Rian tertarik untuk mendalami teknologi karena baginya, bidang ilmu satu ini cukup menantang untuk dipelajari. Selain itu, hal lain yang menguatkan tekad Rian mempelajari teknologi adalah kesempatan berjejaring profesional secara luas dengan sesama talenta digital.

Ingin agar mimpinya itu terwujud, Rian bersekolah di SMK Pancakarya Tangerang dan memilih jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Memulai sekolah pada tahun 2014, akhirnya, pada tahun 2017, ia berhasil lulus. Sayangnya, Rian dihadapkan dengan tantangan lain saat itu.

Bertepatan dengan kelulusannya, keluarga Rian mengalami kendala ekonomi. Kondisi tersebut mendorong Rian untuk bisa membantu keuangan keluarga dengan bekerja sebagai seorang driver untuk Lalamove, startup yang menawarkan jasa pengiriman. Selain bekerja sebagai driver, Rian mencari peruntungan lain dengan menawarkan jasa servis komputer.

Dua tahun lamanya Rian menekuni profesi tersebut. Akhirnya, setelah pada tahun 2019 penghasilannya terkumpul, Rian mampu melanjutkan pendidikan ke Universitas Bina Sarana Informatika (BSI). Minat Rian terhadap teknologi yang masih tumbuh. Oleh karenanya, pilihan program studinya di universitas jatuh pada D3 Teknologi Komputer.

Tertarik untuk Menjadi Seorang IT Support

Sembari menjalani hari-harinya sebagai mahasiswa teknologi di Universitas BSI, Rian turut menyibukkan diri dengan mengikuti berbagai program pelatihan yang disediakan oleh Dicoding. Hal itu ia lakukan karena Rian menyadari bahwa seorang talenta digital harus selalu memiliki pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan industri dan Dicoding bisa menyediakan pembelajaran yang seperti itu.

Ketekunan Rian dalam belajar di kampus maupun di Dicoding mengantarkannya untuk lulus dari Universitas BSI pada tahun 2022. Setelahnya, Rian sempat bekerja pada beberapa perusahaan sebagai Staff Care Officer dan Staf IT.

Telah menjadi bagian dari ekosistem belajar di Dicoding membuat Rian sering mendapatkan informasi beasiswa terkini dari newsletter yang rutin dikirimkan dua minggu sekali. Suatu hari, newsletter yang Rian terima di surelnya mengumumkan pembukaan program beasiswa hasil kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Google. Program tersebut adalah DTS FGA 2023.

Tertarik untuk mencari tahu lebih banyak mengenai DTS FGA 2023, Rian pun melakukan penelusuran secara mandiri. Setelah menggali informasi soal DTS, Rian menemukan bahwa program tersebut memiliki kurikulum yang komprehensif dan dapat mempersiapkan pesertanya untuk menjadi seorang IT Support. Tertarik untuk belajar lebih banyak soal IT Support, akhirnya, Rian memutuskan untuk mendaftar program DTS FGA 2023.

Memulai Perjuangan Belajar pada Program DTS FGA 2023

Setelah mendaftar program DTS FGA 2023, Rian berhasil diterima sebagai peserta pada alur belajar IT Support. Perjuangan Rian dimulai dengan menghadapi tantangan berupa materi yang mulanya cukup sulit untuk ia pahami. Meski untuk mencerna materi-materi mengenai IT Support tersebut Rian memerlukan waktu lebih, ia menolak untuk menyerah. Ia terus mengulang materi yang ada hingga paham.

Terlepas dari tantangan yang ia hadapi tersebut, Rian tetap merasa bahwa pengalaman belajarnya pada program DTS FGA 2023 – IT Support cukup menyenangkan. Bagi Rian, bagian terbaik dari belajar pada program beasiswa ini adalah adanya sesi live yang dilaksanakan seminggu sekali.

“Sesi live yang biasa digelar tersebut membuka wawasan saya terhadap teknologi yang disampaikan langsung oleh ahlinya,” ucap Rian.

Ilmu yang menyeluruh dan pembelajaran yang mendalam Rian peroleh selama menjadi peserta program beasiswa ini. Itulah yang membuat Rian percaya diri untuk berkarier di tempat baru selepas lulus dari DTS FGA 2023.

Saat Perjuangan Rian Berbuah Manis

Setelah berhasil menyelesaikan seluruh pembelajaran pada program DTS FGA 2023, Rian semakin percaya diri untuk memulai karier di tempat baru. Melihat lowongan kerja yang dibuka oleh PT Mitra Integrasi Informatika, Rian bersemangat untuk melamar. Perusahaan konsultan teknologi yang berbasis di Jakarta Barat tersebut membuka lowongan untuk posisi Technical Help Desk.

Rian percaya diri untuk melamar karena ia percaya, pengalaman belajar yang ia peroleh dari keikutsertaannya pada program DTS FGA 2023 dapat membantunya untuk bisa berhasil pada tahap rekrutmen. Akhirnya, Rian diterima sebagai Technical Help Desk yang bertugas untuk melakukan analisis, troubleshooting, dan menyelesaikan masalah teknis yang dialami oleh klien dan perusahaan.

Pernah berproses pada program DTS FGA 2023 membuat Rian percaya diri saat menunjukkan performanya di tempat kerja. Kepercayaan diri yang kini Rian peroleh membuatnya ingin para calon talenta digital bisa mengikuti jejaknya.

“Jangan mudah menyerah dan bosan pada proses perjuangan yang kalian lakukan demi menggapai mimpi. Tetaplah fokus dan konsentrasi pada apa pun yang kalian tekuni. Jangan lupa, tetaplah rendah hati dan bersyukur dengan apa pun yang kamu dapatkan,” tutup Rian.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.