Perbanyak Pengetahuan Kosa Kata Dengan Aplikasi Dari GITS Indonesia

Halo Devs semua. Walaupun kita orang Indonesia dan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari, pada kenyataannya pelajaran bahasa Indonesia termasuk subjek yang ternyata cukup sulit bagi kita. Hal ini dikarenakan dalam kesehariannya, kita jarang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk mengatasi hal itu, GITS Indonesia meluncurkan aplikasi yang akan membantu kemampuan bahasa Indonesia kita.

Background Developer & Challenge

logo gits indonesia

logo gits indonesia

GITS Indonesia merupakan perusahaan IT yang sudah cukup senior di Indonesia. Yang menarik, GITS Indonesia merupakan salah satu pelopor di pengembangan aplikasi Android di Indonesia. Dikala Google belum mendukung developer di Indonesia untuk membuat akun di Google Play, GITS Indonesia sudah selangkah lebih maju dengan membuat akun di luar Indonesia.

Selain menjadi expert dan pelopor Android di Indonesia, GITS Indonesia juga memiliki variasi portofolio dan skill di dunia IT yang sangat banyak, mulai dari kemampuan di area pengembangan website hingga berbagai platform mobile seperti untuk Windows Phone, Blackberry, iOS, Android, dan lain sebagainya.

Kosa Kata telah memenangkan beberapa challenge yang ada di Dicoding yakni 10K Downloads Club Android NDK Challenge dan 100K Downloads Club Android NDK Challenge.

Background App

Screenshot Kosakata

Screenshot Kosakata

Dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di masyarakat semakin jarang dilakukan, bahasa Indonesia sendiri menjadi salah satu subjek yang sulit bagi banyak orang. Untuk itu, aplikasi Kosa Kata dibuat agar bisa memberikan panduan lengkap tentang sebuah kata.

Dengan aplikasi Kosa Kata, Devs bisa lebih mengenal kata yang baik dan benar dalam bahasa Indonesia tanpa perlu membawa kamus atau buku literatur bahasa Indonesia kemana-mana.

Review App

Screenshot Kosakata 2

Screenshot Kosakata 2

Kosa Kata merupakan aplikasi sederhana dengan fungsi yang dapat diakses secara efektif. Untuk mencari tahu tentang sebuah kosa kata, kita hanya perlu mengetik kosa kata yang dicari pada kolom pencarian.

Setelah itu, aplikasi Kosa Kata akan memberikan berbagai informasi menarik dari kosa kata tersebut. Ada informasi seperti definisi dari kata tersebut, terjemahan, sinonum, hinga gabungan kata.

Tak hanya itu, kita juga bisa mencari penjelasan dari kosa kata yang ada di halaman yang ditampilkan. Misalkan kita menulis kata pengembang, lalu ada sinonimnya yakni developer. Kita bisa langsung menekan kata developer untuk memberikan informasi tambahannya.

Development Tools

Android Studio

Android Studio

Aplikasi Kosa Kata dikembangkan untuk platform Android. Pengembangan di platform Android dilakukan dengan bahasa Java. Tools yang digunakan adalah software Android Studio dan juga Android SDK.

Penggunaan Android Studio dan Android SDK yang merupakan tools native Android memudahkan GITS Indonesia untuk mengakses library dari Android. Tak hanya itu, design guideline yang diimplementasi juga sesuai dengan Material Design dari Google.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Untuk monetisasi, GITS Indonesia menggunakan iklan di dalam aplikasi Kosa Kata. Mereka menampilkan iklan dalam bentuk banner di bagian atas aplikasi. Sesekali juga tampil iklan sisipan antar halaman di aplikasi.

Selain menggunakan Google AdSense, di dalam aplikasi ini GITS Indonesia juga memasangkan iklan promosi. Iklan promosi ini diisi oleh aplikasi-aplikasi karya GITS Indonesia lainnya.

Kesimpulan

Screenshot Kosakata 5

Screenshot Kosakata 3

Kosa Kata merupakan aplikasi untuk mempelajari bahasa Indonesia dengan koleksi kata yang lengkap juga informasi yang sangat detil. Bagi yang bingung mencari padanan kata atau penggunaan kata dalam suatu kalimat, aplikasi ini wajib dimiliki.

Unduh Kosa Kata: Google Play (Free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more