Pengenalan Cloud dan Penerapannya di Cloudeka

Istilah Cloud atau Cloud Computing sudah tidak asing didengar oleh kalangan pengembang Software (developer). Namun, apakah kamu sudah mengetahui teknologi Cloud ini? Jika kamu seorang developer, wajib hukumnya untuk selalu mengikuti perkembangan zaman. Jadi, tak ada salahnya jika kamu mulai mengenal teknologi Cloud dari sekarang.

Pada artikel kali ini, kami akan mengenalkan kamu kepada teknologi Cloud. Mulai dari pengertiannya, manfaat, hingga penerapannya pada salah satu Cloud Provider lokal yang membanggakan, yakni Cloudeka!

Mengenal Teknologi Cloud

Ketika hendak membangun aplikasi yang beroperasi dan dapat diakses di mana saja tentu kamu membutuhkan Server. Server merupakan komputer yang terhubung ke internet, bertugas untuk melayani permintaan pengguna, dan dituntut untuk terus aktif agar layanan dapat terus diakses kapan pun dan di mana pun. Peranan Server sangat penting dalam membangun aplikasi. Saking pentingnya, komputer yang menjadi Server perlu dibekali dengan spesifikasi tinggi agar ia tidak kewalahan melayani banyak permintaan dari pengguna.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Selain spesifikasi yang tinggi, Server juga perlu terhubung ke jaringan internet yang super canggih. Tujuannya, agar layanan dapat diakses di mana saja dengan cepat dan handal. Server juga membutuhkan asupan listrik yang tidak pernah mati dan ruangan yang dingin, guna menjaga Server tetap dalam keadaan yang optimal.

Karena itu, penyediaan Server menjadi momok menyeramkan ketika hendak membangun sistem aplikasi. Mengapa tidak? Selain kebutuhan yang rumit, biaya yang diperlukan untuk membangun Server secara mandiri (On-Premise) sangat mahal.

Semenjak hadirnya teknologi Cloud, momok tersebut lambat laun hilang. Cloud menjadi solusi atas kerumitan yang perlu kita hadapi ketika membutuhkan Server. Mengapa bisa? Karena dengan teknologi Cloud, kita dapat membangun Server hanya dalam hitungan menit saja. Luar biasa!

Dengan memanfaatkan teknologi Cloud, beberapa beban terkait penyediaan Server bisa dipangkas. Kamu tidak perlu menyiapkan perangkat keras komputer, internet yang super cepat, listrik yang stabil, dan ruangan yang dingin. Hal-hal tersebut akan ditangani oleh vendor yang kita sebut sebagai Cloud Provider. Menggunakan Cloud, kamu sebagai Developer bisa fokus pada hal yang dapat meningkatkan profit bisnis dibanding memikirkan infrastruktur Server yang rumit.

Manfaat Teknologi Cloud

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu peroleh ketika menggunakan Cloud dibanding On-Premise. Berikut kami jabarkan 3 manfaat ketika menerapkan Cloud:

  • Hemat biaya
    Manfaat utama dan tentunya paling dicari adalah hemat biaya. Karena dengan menggunakan Cloud, kita tidak perlu mengeluarkan biaya besar di awal untuk membangun infrastruktur aplikasi. Cloud menghadirkan solusi biaya lebih hemat karena dapat mengubah biaya di muka menjadi pengeluaran variabel (operasional).
  • Fleksibel
    Infrastruktur aplikasi yang dibangun menggunakan Cloud bersifat fleksibel dibandingkan dengan On-Premise. Di Cloud, kamu bisa Scaling (meningkatkan/mengurangi) Server dengan mudah berdasarkan kebutuhan. Sedangkan On-Premise, untuk Scaling Server kita perlu membeli komponen fisik, memasang, mengonfigurasi, dan hal manual lainnya.
  • Aman
    Infrastruktur aplikasi yang dibangun menggunakan Cloud juga bersifat aman. Biasanya Cloud Provider sudah menyiapkan serangkaian implementasi keamanan contohnya Firewall. Ditambah Cloud Provider memiliki staf ahli keamanan yang memastikan infrastruktur Cloud tetap aman terhadap serangan.

Model Layanan Cloud

Layanan di Cloud umumnya dibagi menjadi 3 model. Yang pertama Infrastruktur as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS), dan Software as a Service (SaaS). Mari kita cari tahu lebih detail ketiganya.

  • IaaS merupakan layanan Cloud yang paling fleksibel. Sebab, ketika menggunakan layanan IaaS, kamu memiliki hak penuh terhadap infrastruktur yang digunakan. Kamu bisa menentukan spesifikasi Server dan sistem operasi yang ingin digunakan. Kamu juga bisa menentukan aplikasi apa yang hendak dipasang dan mengoperasikan Server layaknya komputer pribadimu secara Remote. IaaS cocok digunakan ketika kamu ingin menjalankan aplikasi yang membutuhkan konfigurasi khusus.
  • Model selanjutnya adalah PaaS. Berbeda dengan IaaS, PaaS merupakan layanan Cloud yang membuat kamu fokus terhadap kode aplikasi yang kamu buat saja. Ketika menggunakan layanan PaaS, kamu tidak perlu memikirkan secara detail bagaimana spesifikasi dan sistem operasi yang digunakan Server untuk menjalankan aplikasi. Kamu cukup pilih Environment yang tepat dan siapkan kode aplikasimu untuk dijalankan.
  • Model terakhir adalah SaaS. Layanan ini jauh lebih simpel lagi dibandingkan dengan PaaS. Pasalnya, kamu tidak perlu lagi memikirkan kode bahkan proses instalasinya untuk menggunakan aplikasi. Seluruh kebutuhan aplikasi, Cloud Provider-lah yang sediakan. Kamu hanya cukup mengetahui bagaimana cara menggunakan layanan ini. Contoh dari layanan ini adalah Google Docs, Netflix, dan Gmail.

Kamu sudah mengenal, mengetahui manfaat, serta model layanan yang ada di teknologi Cloud. Bila kamu tertarik dan ingin mencobanya, kamu harus memilih Cloud Provider yang hendak digunakan. Nah, sekarang kami akan mengenalkan salah satu Cloud Provider lokal membanggakan yang bisa kamu gunakan.

Mengenal Cloudeka

Perkenalkan Cloudeka! Cloudeka merupakan penyedia layanan Cloud atau Cloud Provider yang berdiri sejak tahun 2010. Lahir di tanah air, dinaungi oleh perusahaan IT bernama Lintasarta, yang sudah melayani perihal jaringan dan Cloud bagi perusahaan besar maupun kecil-menengah. 

Cloudeka sudah dikenal sebagai penyedia Cloud dari dan untuk Indonesia yang memiliki pemahaman yang kuat akan kebutuhan pasar, khususnya di Indonesia. Cloudeka sebagai penyedia layanan terus berupaya dan berdedikasi untuk membangun serta mempertahankan kemitraan yang kuat guna meningkatkan bisnis lokal melalui penyediaan layanan Cloud End-to-End.

Cloudeka bermitra dengan banyak perusahaan global seperti Microsoft, Cisco, VMware, dan mitra teknologi lainnya untuk memperkuat layanan dan produk berbasis Cloud.

Layanan dan Produk

Cloudeka memiliki sejumlah layanan Cloud baik Infrastruktur as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS), dan Software as a Service (SaaS). Berikut detailnya:

  • Infrastruktur as a Service:
    • Deka Prime (PX1): Layanan Cloud publik dengan bekal fitur lengkap yang akan mendukung bisnis kamu.
    • Deka Flexi (FX2): Layanan Cloud publik dengan model bayar per sesuai penggunaan dan penerapan VM sederhana.
    • Deka Vault: Layanan Backup berbasis Cloud dan Disaster Recovery (pemulihan dari bencana). Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir bila data aplikasi perusahaanmu hilang baik karena kesalahan manusia (Human Error) ataupun bencana alam. 
    • Deka Premium: Layanan Cloud privat yang didedikasikan hanya untuk satu pelanggan.
    • Deka Box: Layanan Cloud yang digunakan untuk menyimpan berkas statis seperti dokumen, gambar, audio, atau video. 
  • Platform as a Service:
    • Deka Harbor: Layanan Cloud berbasis Container(*) yang memudahkan perusahaan untuk mengelola aplikasi.
  • Software as a Service:
    • Deka Sense: Layanan data analitik berbasis Social Intelligence Technology(**) untuk menghasilkan laporan analitik perusahaan dari media digital.
    • Intelligent Video Analytics: Layanan siap guna berbasis Artificial Intelligence(***) untuk memonitor Live-video guna mengumpulkan atribusi, Event, atau pola dari perilaku yang spesifik.

Alasan Memilih Cloudeka

Sekarang, kamu sudah mengetahui apa saja layanan dan produk Cloud dari Cloudeka. Lalu, apa alasannya kamu harus memilih Cloudeka sebagai Provider Cloud untuk perusahaan kamu? Berikut beberapa alasan mengapa perusahaan kamu perlu memilih Cloudeka:

  • Local Expertise
    Cloudeka lahir dari dan untuk Indonesia. Hal itu menjadikan Cloudeka Provider yang berpengalaman terhadap kebutuhan perusahaan di Indonesia. Cloudeka menghadirkan solusi terbaik untuk membantu perusahaan lokal tumbuh dan berkembang.
  • Komunikatif
    Sebagai suatu layanan Cloud, Cloudeka tentu memperhatikan pentingnya kepercayaan pelanggan. Termasuk komunikasi yang transparan dan jujur, sehingga pelanggan tidak perlu khawatir tentang layanan tersembunyi atau biaya yang ditagih secara tiba-tiba.
  • Mencakup Lingkup Bisnis Yang Luas
    Cloudeka membuka peluang bagi perusahaan besar maupun kecil-menengah untuk menggunakan layanan Cloud guna meningkatkan bisnis mereka.

Coba Di Awal Tanpa Biaya

Bagaimana? Tertarik menggunakan Cloudeka sekarang? Atau ingin mencicipi terlebih dulu? Tenang, bisa kok! Saat ini, Cloudeka menyediakan pemakaian gratis dengan batasan yang bisa dibilang sangat cukup untuk kamu yang ingin mencoba. Untuk mencoba layanan Cloudeka, kamu cukup mendaftar akun pada Halaman Portal Cloudeka menggunakan alamat email perusahaan kamu. Silakan dicoba ya!

Kesimpulan

Sekian, artikel yang bisa kami bagikan untuk kali ini. Kamu jadi tahu kan apa itu teknologi Cloud Computing dan penerapannya di Cloudeka? Dengan teknologi Cloud, membangun sistem aplikasi terasa lebih ringan bebannya karena kita tidak harus memikirkan infrastruktur Server lagi. Biaya yang dikeluarkan pun jauh lebih murah, karena kamu cukup membayar apa yang kamu gunakan (Pay as You Go).

Untuk informasi lebih detail mengenai Cloudeka, tak ada salahnya untuk mengunjungi website resminya Cloudeka ya.

Sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya!

(*) Container merupakan sistem virtualisasi yang lebih modern dibandingkan dengan Virtual Machine. Dengan sistem container, kamu dapat mengelola banyak environment aplikasi dalam satu komputer secara mudah.

(**) Social Intelligence Technology merupakan teknologi yang dapat mengeksplorasi informasi dari media sosial untuk mendapatkan pemahaman tentang perilaku dan interaksi sosial manusia pada tingkat individu, antarpribadi, dan komunitas.

(***) Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah simulasi proses kecerdasan manusia yang dilakukan oleh mesin, terutama sistem komputer. Dengan AI, sistem komputer dapat memiliki kemampuan berfikir layaknya manusia.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Beasiswa Kelas Pemrograman

Dapatkan beragam informasi terbaru mengenai beasiswa dan informasi menarik lainnya melalui Newsletter Dicoding. Subscribe sekarang!