Opera Merah Putih Menguji Pengetahuan Budaya Indonesia

Era digital dan internet seperti sekarang ini memang merupakan pedang bermata dua. Di satu sisi, kita bisa mendapatkan informasi dari berbagai belahan dunia. Namun di sisi lain, arus informasi yang masuk ke Indonesia pun demikian deras. Hal ini cukup mengancam eksistensi kebudayaan Indonesia di generasi muda kita. Untuk mencegah punahnya budaya kita, maka Clooper-P mengembangkan Opera Merah Putih.

Background Developer & Challenge

Logo Clooper Project

Logo Clooper Project

Thalita Nursinta Aulia dan Fadil Arafat merupakan dua orang yang menggawangi Clooper-P. Mereka mengawali perjalanan di dunia digital ketika menjadi mahasiswa di Universitas Dianuswantoro (Udinus) dan mengembangkan aplikasi membaca huruf Hijaiyah untuk anak.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Aplikasi yang berjudul Opera Merah Putih ini juga telah menjuarai tantangan di Dicoding yakni Create Any Education App or Game for Preschool & Kindergarten.

Background Application

Screenshot_2015-11-12-02-42-32

Jiwa nasionalisme dan pengetahuan tentang kebudayaan yang ada di Indonesia memang perlu dipupuk semenjak dini. Melihat perilaku anak-anak masa kini yang senang menggunakan gadget membuat aplikasi Opera Merah Putih ini dikembangkan.

Opera Merah Putih berusaha menjadi jembatan agar anak-anak yang sudah melek teknologi bisa tetap memiliki rasa nasionalisme. Keberadaan konten yang sangat Indonesia ini tentu saja juga berperan serta untuk melestarikan kebudayaan Indonesia.

Review Application

Screenshot_2015-11-12-02-42-40

Aplikasi Opera Merah Putih memiliki tiga fitur utama di dalam permainannya. Ada fitur belajar, fitur bermain, dan fitur evaluasi. Selain itu juga terdapat fitur leaderboard untuk mengetahui peringkat terkini dari fitur bermain dan evaluasi.

Dalam fitur belajar, kita akan diberikan beragam gambar menarik tentang kebudayaan dari tiap daerah. Kita bisa memilih daerah mana yang ingin kita kunjungi dan kita pelajari kebudayaannya.

Pada menu bermain dan evaluasi, kita akan diberikan waktu untuk menjawab soal. Soal-soal terkait kebudayaan Indonesia disajikan dengan metode permainan interaktif penuh dengan gambar yang menarik. Kita akan diminta untuk menjawab tiap pertanyaan terkait kebudayaan di Indonesia dengan benar.

Monetization

Dalam aplikasi Opera Merah Putih, model monetisasi yang digunakan adalah dengan memasang iklan di dalam aplikasi. Dalam waktu tertentu, akan muncul iklan bertipe interstitial. Namun memang kadan iklan ini muncul agak tiba-tiba di layar sehingga memungkinkan pengguna untuk secara tidak sengaja menekan iklan tersebut. Selain itu juga akan ada iklan dalam bentuk banner di sisi atas layar.

Layanan iklan yang digunakan oleh Clooper-P adalah layanan iklan dari Google. Layanan yang digunakan bernama AdMob.

Kesimpulan

Screenshot_2015-11-12-02-43-25

Untuk menguji pengetahuan budaya dan mempertahankan budaya Indonesia, Opera Merah Putih merupakan pilihan yang sempurna. Disajikan dengan gambar-gambar menarik, proses belajar budaya Indonesia akan menjadi lebih menyenangkan.

Unduh Opera Merah Putih: Google Play (Free)


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.