Bagaimana cara asik ngoding

Ngoding Dibawa Asik Aja!

Ngoding Dibawa Asik Aja – karya Perdana Samudra, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Programmer, pekerjaan yang dianggap keren oleh masyarakat saat ini. Kalau ditanya sama orang, “Kamu sedang apa? Kerja apa?” jika jawabannya “Jadi programmer nih, sibuk ngoding”, pasti kamu keliatan keren dan pintar. Padahal programmer juga manusia biasa, ngoding juga bisa jenuh dan stress. Terlalu banyak error, dikejar deadline, kelamaan di depan komputer, belum lagi masalah pribadi.

Nah, di sini aku ingin kasih tips supaya kamu bisa ngoding dibawa asik, biar ga stress gitu…

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

1. Anggap Ngoding Itu Sebuah Game

Waktu kecil dulu kalau kamu main game kelamaan, pasti orang tua kamu bilang “Giliran main game kuat berjam-jam, giliran belajar sebentar susah”. Padahal kalo kamu tau, ngoding itu sama aja kayak main game. Bila diibaratkan dengan game, ngoding itu seperti menyelesaikan puzzle. Dengan ngoding kamu gak hanya belajar mengasah logika, tapi juga kreativitas, kemampuan menyelesaikan masalah, ketelitian, sama seperti apa yang kamu dapat ketika bermain game. Jika kamu bisa anggap ngoding seperti main game, kamu bisa kuat tahan sampai berjam-jam.

ngoding dibawa asik seperti main game

2. Kepuasan Ngoding

Coba kita lihat orang-orang di sekitar kita dan juga diri kita. Jika kita mendapatkan sesuatu dengan usaha kita, pasti ada kepuasan diri yang kita dapat. Contoh lain, di game pun memakai sistem itu, ada yang namanya achievement. Kita tidak dapat apa-apa di sana tapi kita dapat kepuasan ketika kita menyelesaikan tantangan yang diberikan di dalam game tersebut. Sama seperti saat kita ngoding, kalo kamu menemukan error atau bug, dan kamu dapat menemukan solusi buat memecahkan error tersebut, pastinya ada perasaan lega dan puas yang kamu rasakan. Apalagi jika akhirnya project-mu sudah selesai.

3. Punya Temen Programmer Di Bidang Yang Sama

Negara kita punya banyak suku budaya bahasa, tapi kenapa bisa jadi satu negara? Karena ada rasa se-nasib se-penanggungan. Manusia itu mahluk sosial, kalau tiap ada masalah ditahan sendiri maka yang ada hanya menyakiti diri sendiri. Itulah pentingnya punya teman programmer di bidang yang sama. Karena berada di bidang yang sama,  siapa tau teman kamu punya solusinya ketika kamu menghadapi masalah. Kalaupun dia tidak punya solusinya, kalian bisa memecahkan masalah bersama-sama. Setidaknya jika dikerjakan bersama akan lebih asik dan ringan, dan solusi pun lebih dapat bisa didapatkan.

4. Jangan SKS (Sistem Kebut Semalam)

Ini nih kebiasaan anak sekolah jaman sekarang yang perlu dihindari. Procrastinating atau menunda-nunda deadline itu kebiasaan manusia menjadi penyakit bagi diri sendiri. Sangat bertentangan dengan pribahasa “berakit-rakit dahulu, bersenang-senang kemudian”. Kalo kamu ngoding santai di awal, kemudian mendekati deadline baru tancap gas, apa yang akan terjadi ketika kamu ada kendala error atau bug? Pasti kamu jadi ga punya waktu buat menyelesaikan error atau bug di codingan kamu. Kerjakanlah kewajiban kamu dari awal, jadi kalau mumet kamu ada waktu untu bisa rehat sejenak atau tanya-tanya teman.

5. Istirahat Sebentar Kalau Dah Mumet

istirahat dari ngoding jika mumet

Kalo kamu udah mumet, jangan terlalu dipaksakan. Terlalu lama di depan layar komputer atau laptop pasti bikin mata tegang, pusing, dan badan pegel-pegel. Kalau dipaksain yang ada bukannya codingan kamu selesai, malah kamu tepar. Kalau udah mulai mumet, coba kamu berdiri dari posisi kamu, bikin teh atau kopi, ngobrol dengan teman, dan lihat pemandangan. Ngoding memang asik, tapi kalo keasikan, bahaya juga buat tubuh kamu. Terlalu lama duduk juga berbahaya buat tulang belakang kamu.

Ngoding Dibawa Asik Aja

end­

Artikel ini ditulis oleh Perdana Samudra, Junior Content Writing Dicoding Indonesia.
“Mau makin semangat belajar coding? Yuk ikut belajar bareng-bareng kita di Dicoding”

Kamu suka main game? Coba deh ngoding bikin game, dijamin seru. Kamu bisa liat materi di https://www.dicoding.com/academies/58

Kamu sedang jenuh? Yuk liat motivasi Pak Istia Budi, Pengajar Energik Bikin Belajar Jadi Cinta https://www.dicoding.com/blog/istia-budi-awalnya-itu-cinta/

 


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!