Microsoft Visual Studio Code: Seperti Apa Fiturnya?

Microsoft Visual Studio Code: Lebih Banyak Waktu Ngoding, Lebih Hemat Waktu Mencari Tools- 

Belakangan tersedia banyak tools yang membantu developer menulis, mengetes, debug, dan deploy. Kita bisa berganti-ganti tools tergantung pada tugas yang dikerjakan, seperti Eclipse untuk Java, PYIDE untuk Python, Gitbash untuk source code control. Semua tools ini ada untuk membuat hidup kita jadi lebih mudah. Tapi terkadang demi memahami, melakukan konfiugrasi, dan menggunakan tool baru, kita menghabiskan banyak waktu. Padahal kita bisa optimal memanfaatkan waktu tersebut untuk ngoding. Dan jika Anda berpindah ke OS lain..

Apa itu Microsoft Visual Studio Code?

Microsoft Visual Studio Code adalah one-stop shop yang memungkinkan kita fokus pada proses pengembangan dan melupakan tools baru. Lihat nih beberapa fitur Visual Studio Code:

1.      Cross platform – tersedia di macOS, Linux dan Windows artinya Anda dapat bekerja pada sistem operasi manapun tanpa khawatir belajar coding tools yang sama untuk sistem yang berbeda-beda.

2.      Lightweight – tak perlu menunggu lama untuk memulai. Anda mengontrol sepenuhnya bahasa, tema, debugger, commands dan lain-lainnya sesuai keinginan. Ini dapat dilakukan melalui extentions untuk bahasa populer seperti python, node.js, java dan lain-lainnya di Visual Studio Code Marketplace.

Microsoft Visual Studio Code

3.      Powerful editor – memfungsikan fitur untuk source code editing yang sangat produktif, seperti membuat code snippets, IntelliSense, auto correct, dan formatting.

4.      Code Debugging – salah satu fitur terkeren yang ditawarkan Visual Studio Code adalah membantu Anda melakukan debug pada kode dengan cara mengawasi kode, variabel, call stack dan expression yang mana saja.

Microsoft Visual Studio Code

6.      Source control – Visual Studio Code memiliki integrated source control termasuk Git support in-the-box dan penyedia source code control lainnya di pasaran. Ini meningkatkan siklus rilis proyek Anda secara signifikan.

7.      Integrated terminal – Tiada lagi multiple windows dan alt-tabs. Anda dapat melakukan command-line task sekejap dan membuat banyak terminal di dalam editor.

Ada banyak lagi fitur lainnya di Visual Studio code. Berikut ini adalah beberapa sumber yang bisa membantu Anda memulai VS coding.

Mengatur Visual Studio Code

Menggunakan VS Code sungguh cepat dan mudah. Unduh dan instal sekejap dalam beberapa menit . Anda pun bisa mencoba VS Code ini.

Microsoft Visual Studio Code

https://code.visualstudio.com/docs/setup/setup-overview

Introductory Videos   

Video-video ini didesain untuk membMicrosoft Visual Studio Codeeri gambaran singkat mengenai berbagai fitur VS Code dengan  menggunakan JavaScript sebagai contohnya.

https://code.visualstudio.com/docs/getstarted/introvideos

Produk-produk Terkait Visual Studio

Microsoft Visual Studio Code

 

 

https://marketplace.visualstudio.com/VSCode

 

Microsoft Azure adalah teknologi partner Dicoding dalam mengembangkan kelas Menjadi Azure Cloud Developer.

Daftar kelasnya sekarang, tersedia beasiswa dari Microsoft.

Baca juga artikel tutorial tentang Microsoft Azure “Cara Deploy Aplikasi Web Menggunakan Azure App Service pada Microsoft Azure” di sini https://www.dicoding.com/blog/mirosoft-azure-app-service/ 

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Editor @ Dicoding