Mengenal Huruf Bersama Pippo Dalam Pippo Belajar Alfabet

Untuk bisa mengajak anak-anak belajar, orang tua harus bisa menemukan media pembelajaran yang tepat. Hal ini perlu dilakukan agar anak dapat menikmati belajar dan bisa menangkap ilmu yang banyak. Arsanesia coba memberikan media untuk mendampingi anaknya belajar melalui game edukasi Pippo Belajar Alfabet.

disclaimer: penulis merupakan CEO dari Arsanesia.

Background Developer & Challenge

logo arsanesia

logo arsanesia

Arsanesia adalah perusahaan pengembang game yang berdiri pada tahun 2011. Arsanesia yang berasal dari Bandung ini memiliki cukup banyak portfolio game seperti Gamelan Player, Temple Rush Prambanan, Roly Poly Penguin, dan masih banyak lainnya. Arsanesia juga memiliki karakter maskot yang sudah sangat populer bernama Pippo Penguin.

Game edukasi berjudul Pippo Belajar Alfabet ini telah memenangkan penghargaan dari Dicoding yaitu Create Any Education App or Game for Preschool & Kindergarten.

Background Application

unnamed-6

Pippo Belajar Alfabet dikembangkan atas latar belakang untuk membantu meningkatkan taraf edukasi di Indonesia agar bisa merata antara kota besar dengan daerah pinggiran. Dengan memanfaatkan penetrasi smartphone yang sudah semakin besar di Indonesia, maka media aplikasi edukasi menjadi sebuah platform yang efektif untuk bisa membantu mencerdaskan bangsa Indonesia melalui konten digital.

Pippo sendiri merupakan karakter yang disukai anak-anak. Maskot Arsanesia ini diharapkan dapat menjadi magnet bagi anak-anak untuk ingin belajar sambil bermain bersama Pippo.

Review Application

unnamed-7

Pippo Belajar Alfabet memiliki tiga metode belajar yang bisa dilakukan. Metode pertama adalah mengenal huruf. Dalam metode belajar ini, anak dapat mengenal masing-masing huruf. Memanfaatkan metode flashcard, anak dapat mengenal dan juga menghafal huruf dengan mudah.

Lalu menu kedua adalah mengenal huruf berdasarkan suara yang disebutkan. Jika disebut bunyi huruf tertentu, maka kita diminta untuk menebak gambar yang merepresentasikan huruf yang dimaksud.

Dan yang terakhir adalah permainan mencocokan huruf. Akan ada karakter yang menunjukan huruf yang diinginkan. Tugas kita adalah mencari huruf yang sesuai untuk diberikan kepada karakter tersebut.

Development Tools

Unity 3D

Unity 3D

Dalam pengembangannya, Arsanesia memanfaatkan game engine Unity. Dengan menggunakan Unity, proses pengembangan game menjadi jauh lebih mudah dan cepat karena ada banyak sekali fitur dan modul yang disediakan untuk mempermudah proses pembuatan game.

Monetization

Untuk saat ini, strategi monetisasi yang digunakan dalam Pippo Belajar Alfabet adalah dengan menyematkan iklan. Ke depan akan dikembangkan strategi lain seperti in app purchase atau trial and buy.

Kesimpulan

unnamed-9

Bagi Devs yang punya adik atau punya anak yang masih belajar mengenal huruf, Pippo Belajar Alfabet adalah aplikasi yang cocok untuk diberikan kepada anak-anak. Karakter Pippo yang lucu akan menambah keriaan anak bermain dan belajar.

Unduh Pippo Belajar Alfabet : Google Play (free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more