Menerbangkan Ayam Ke Udara Dalam Game Flitzy Jump

Kali ini Dicoding akan membahas sebuah game karya studio game asal Jakarta yang bernama Merlo Studio. Game tersebut berjudul Flitzy Jump, sebuah game yang bercerita tentang ayam yang bisa terbang di udara. Mari simak liputan lengkapnya.

Background Developer & Challenge

Merlo Studio

Merlo Studio merupakan sebuah studio game yang didirikan pada bulan April 2015. Di usianya yang masih sangat muda, Merlo Studio sudah memiliki dua buah game yakni Flitzy Jump dan Arrow Rush.

Flitzy Jump sendiri telah memenangkan kompetisi di Dicoding yakni Create a New Application or Game Using Intel NDK.

Background Game

Screenshot_2015-08-28-00-35-19

Merlo Studio mengembangkan game Flitzy Jump karena ingin membuat game bertema jumping yang tidak sekedar menggunakan tap saja. Mereka ingin membuat game yang unik dan bisa melekat dipara pemainnya.

Itu pula mengapa konsep game yang diambil cukup tidak biasa yakni ayam terbang. Seperti yang sudah Devs tahu, ayam merupakan salah satu jenis unggas yang tidak bisa terbang. Dalam game Flitzy Jump, kita akan membuat ayam menjadi bisa terbang di udara.

Review Game

Screenshot_2015-08-28-00-33-59

Game Flitzy Jump merupakan game bertipe endless dimana objektif utama dari game ini adalah untuk mendapatkan score terbesar. Kita bisa mendapatkan poin dari ketinggian yang berhasil kita capai dan juga bisa mengumpulkan koin yang ada di udara.

Untuk bisa terbang, karakter yang kita mainkan harus terlebih dahulu mengambil sebuah bola berlogo sayap. Dengan menggunakan bola tersebut, maka ketika kita menyentuh layar, karakter yang kita mainkan akan melompat di udara. Lalu untuk menavigasikan ke kanan dan kiri kita bisa memiringkan smartphone kita.

Poin menarik dari game ini lainnya adalah adanya karakter yang bisa kita buka dan mainkan. Cara mendapatkan karakter ini adalah dengan membelinya di shop. Tiap karakter memiliki harga yang berbeda-beda juga kemampuan yang berbeda-beda.

Development Tools

Unity 3D

Unity 3D

Game Fltizy Jump dikembangkan menggunakan Unity 3D. Merlo Studio memilih untuk menggunakan game engine tersebut dikarenakan sudah mendukung berbagai platform. Hal ini memudahkan proses porting dari game yang sudah dibuat.

Monetization

Game Flitzy Jump menggunakan model monetisasi kombinasi antara iklan dan in app purchase. Model ini diplih karena menurut Merlo Studio merupakan model yang cukup sering digunakan oleh banyak jenis game dan bisa diterima oleh mayoritas gamer.

Kesimpulan

Screenshot_2015-08-28-00-35-23

Fltizy Jump merupakan game endless yang tidak mudah untuk ditaklukan. Proses navigasi yang memanfaatkan akselerometer menambah kesulitan dari game ini. Bagi Devs yang suka dengan tantangan, bisa langsung unduh game ini.

Unduh Flitzy Jump: Google Play (free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more