Cara Memulai Belajar Pemrograman Web

Langkah Awal Untuk Memulai Belajar Pemrograman Web

Langkah Awal Untuk Memulai Belajar Pemrograman Web – karya Zidni Sika Azkia, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Menjadi orang awam dalam bidang web bukanlah hal yang memalukan jika ada keinginan belajar dan berkembang. Ada banyak langkah awal untuk memulai belajar pemrograman web mulai dari belajar otodidak, kuliah, kursus, atau belajar online di website yang berbayar ataupun gratis.

Tuntutan industri yang serba online membuat kita untuk berlomba lomba belajar bahasa pemrograman terutama web sehingga banyak yang terjun langsung ke dalam jurang coding dengan memimpikan indahnya mempunyai startup besar seperti Tokopedia dan GoJek yang levelnya unicorn. Bahkan dengan mudahnya dapat memimpikan seorang investor yang siap bergabung dengan startup yang kita buat.

Tapi pernahkah kalian berfikir mulai dari mana harus belajar? Oke kita akan bahas dalam artikel ini, ada beberapa langkah awal untuk memulai belajar pemrograman web.

1. Pahami Kata “Pemrograman”

Pelajari kata pemograman sebelum memulai belajar pemograman web.

Untuk mulai terjun ke dunia pemrograman, mulailah belajar dari yang dasar terlebih dahulu. Karena apabila langsung loncat ke dalam bab yang dalam ditakutkan akan berhenti di tengah jalan. Hal tersebut bisa saja terjadi ketika menemui permasalahan yang sulit tapi karena belum mengereti dasarnya sehingga takut untuk meneruskan belajar.

Mulailah dari hal hal kecil, seperti membaca buku sejarah tentang coding atau membaca buku programming yang dikhususkan untuk pemula. Sehingga ada bayangan yang kita tangkap dalam otak, apa itu ngoding. Ya intinya kalo dalam bahasa Jawanya ojo grasa grusu ben ora kliru, hehe..

2. Belajar Salah Satu Bahasa

Setelah paham dengan kata pemrograman, kita semakin tau bahwasanya bahasa coding itu sangat banyak tapi cara penerapannya sama. Hanya saja setiap bahasa coding ada kekurangan dan kelebihan dalam pembuatan aplikasi ataupun web.

Sehingga kita sebagai developer yang baru menyelam harus paham betul apa yang dibutuhkan dalam dunia industri saat ini. Boleh saja mempelajari semuanya, tapi yang paling utama kuasai satu bahasa.

3. Temukan Bahan Yang Dibutuhkan

Udah paham coding? Mau buat web? Kumpulkan dulu bahan-bahannya. Masa iya mau masak sesuatu ngga ada bahan–bahannya.

Ada banyak bahan-bahan yang dibutuhkan sebelum membuat web dan itu bisa dipilih sesuai keinginan, seperti HTML, CSS, PHP, MSQL, JavaScript, dsb yang harus dipelajari. Jika dijelaskan semua pasti tak ada habisnya. Berarti masih banyak yang harus dipelajari, dong? Ya, benar! Kembali ke niat dan tujuan awal yang sudah tertancap di dalam hati.

4. Buatlah Program Sederhana

Bahan-bahan sudah siap nih, wahh saatnya mulai menyapa dunia dengan barisan kodingmu “Hello Budi, Hello Intan, Hello Sinta” dan sebagainya.

Bingung mau buat apa? Buatlah profilmu di dalam barisan kode yang bisa ditampilkan. Buatlah semenarik mungkin hingga menjadi profil yang enak dipandang.

5. Jalinlah Networking

Menjadi programmer, laptop pasti akan selalu menjadi teman setia. Ya begitulah, udah jomblo halunya tambah gak karuan. Hellow… jika merasa masih banyak yang belum dimengerti jangan semuanya dilakukan sendiri, masalah dipendam sendiri, atau pun error dihadapi sendiri.

Mulailah berjejaring seperti lewat komunitas atau forum social media yang sudah terkenal, serta seringlah bertanya di situs-situs pemrograman yang siap membantumu mencari jalan keluar apabila terdapat error. Sehingga kita dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang terjadi dan mengembangkan pengetahuan dengan informasi terbaru.

Langkah Awal Untuk Memulai Belajar Pemrograman Web

-end-

Artikel ini ditulis oleh Zidni Sika Azkia, Intern Junior Content Writer di Dicoding
“Ayok! Daftarin namamu di Dicoding dan rasakan sensasi Belajar Pemrograman Web”

Merasa Pemula? Bingung belajar mulai dari mana? Di Dicoding ada kelas web yang bisa kamu accses secara gratis, yuk lihat di sini.

Simak cerita di Dicoding yang sukses: https://www.dicoding.com/blog/lulusan-akuntansi-jago-bikin-aplikasi-android/

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding