Membuat Aplikasi Android dengan API Agnosthings di Unity

Kita akan belajar Cara membuat Aplikasi Android dengan API Agnosthings di Unity

Agnosthings adalah sebuah platform yang membantu developer membangun solusi IOT end-to-end, termasuk aplikasi yang terhubung, dan produk-produk cerdas. Platform ini mengurangi beban pengembangan produk IoT dan tentu saja juga mengurangi biaya, risiko, dan yang paling penting, deliverability. Agnosthings memfasilitasi pertukaran data antara perangkat yang terhubung, IoT Cloud, analisis data dan visualisasi, serta komponen ekosistem lainnya. Kita akan belajar Cara membuat Aplikasi Android dengan API Agnosthings di Unity.

 

Persyaratan yang harus dipenuhi

  • Unity 5 atau di atasnya, Android SDK dan NDK yang sudah terinstall
  • Koneksi Internet
  • Akun Agnosthings (dapat mendaftar gratis di http://agnosthings.com/index.html)

 

Deskripsi Project

Terdiri dari 2 aplikasi yaitu Aplikasi Simulasi dan Aplikasi Monitoring.

  • Aplikasi Simulasi berfungsi untuk menggantikan perangkat IoT dalam menghasilkan data yang akan dikirim ke Agnosthings. Data yang dikirim dapat berupa data digital dan Analog.
  • Aplikasi Monitoring berfungsi sebagai penerima data dari Agnosthings, berupa data digital dan analog.

Tutorial Membuat Aplikasi Android dengan API Agnosthings di Unity

Membuat Account di Agnosthings

agnosthings

Catatan: Jika anda melakukan login tetapi tidak bisa masuk ke halaman dashboard maka kunjungi laman dashboardnya http://agnosthings.com/channel

 

  • Setelah login, maka buat Initial Project dengan klik tombol “Start Initial Project”.

agnosthings

Maka akan muncul laman “Device Registration Form”

agnosthings

Untuk coba-coba, bisa isi dengan ini:

Device Name: TestingWithUnity (nama bebas terserah)

Fields: Digital, Analog (nama field bisa bebas, tetapi biar mudah untuk belajar nama bisa disamakan)

Kemudian klik “Register Device”

 

  • Kemudian Hasil dari Register device dapat dilihat di Project/Channels > Channel List

4

-Lebih detailnya dapat dilihat di Info

 

5

Hal-hal yang paling penting diperhatikan adalah ID, Fields dan GUID

 

Konfigurasi Aplikasi Simulasi

  • Buka Unity5
  • Create New Project 2D
  • Import AgnosthingsAPI.unitypackage

(Api Agnosthings untuk unity dapat didownload disini)

Menu Assets > Import Package > Custom Package

import

Membuka Scene Simulation di folder Scenes

scene

 

  • Setelah Scene Monitoring dibuka, maka muncul list gameobject di Hirarki

8

  • Kemudian Lihat di Inspector pada AgnosthingsSimulation

9

Keterangan di Agnosthings Simulation:

GUID = Id unik untuk setiap aplikasi. (Seperti contoh fd69bfd6-0123-11e6-8001-005056805xxx)

Fields = Pengaturan untuk disi dengan nama-nama field yang di buat di Agnosthings. Size adalah jumlah field yang telah dibuat. Name Field adalah nama field yang telah dibuat seperti contoh Digital dan Analog. Is Digital apakah data tersebut digital atau analog. Ob Field adalah object UI yang berfungsi sebagai input data seperti Button atau Slidder.cara memasukkannya tinggal di drag and drop object dari hierarchy.

Time Rate = Waktu rata-rata untuk mengirim ke server agnosthings bila ada perubahan nilai baru di element Digital atau di element Analog.

Text Info = Adalah untuk mengeluarkan status informasi apakah data sudah dikirim ke server agnosthings.

 

  • Jika sudah tinggal di play dengan tampilannya sebagai berikut

 

Preview Aplikasi Android dengan API Agnosthings - 1

Konfigurasi Aplikasi Monitoring

  • Membuka Scene Monitoring di folder Scenes

scene2

 

  • Setelah Scene Monitoring dibuka, maka muncul list gameobject di Hirarki

12

  • Kemudian Lihat di Inspector pada AgnosthingsMonitoring

13

Konfigurasinya tidak berbeda dengan AgnostingSimulation, Hanya saja di AgnosthingsMonitor membutuhkann ID.

  • Kalau di Jalankan untuk informasi digitalnya seperti ini:

 

Preview Aplikasi Android dengan API Agnosthings - 2

Sedangkan tampilan untuk analog seperti dibawah ini:

Preview Aplikasi Android dengan API Agnosthings - 3

Build ke Android

  • Sebelum build ke android, pastikan SDK, NDK, dan JDK sudah intergrasikan dengan benar.

Menu Edit > Preferences… >External Tools > Android

16

 

  • Untuk menjadikan file APK yang nantinya dijalankan di Device android, maka perlu di build dulu.

Menu File > Build Setting…

17

Scene yang tersedia ada 3. Yaitu Scene CheckConnectionInternet, Simulation, dan Monitoring. Cara untuk menambahkan ke list build setting adalah dengan membuka masing-masing scene dan kemudian klik button “Add Open Scenes”.

Kemudian tentukan Platform dengan pilih android kemudian klik button “Switch Platform”.

Jangan lupa “Player Setting…”

Seperti Name Produk, Default Orientation diganti potrait, dan Bundle Identifier misal com.testing.agnosthings, dsb..

Setelah selesai tinggal klik tombol Build atau Build and Run juga langsung ke Device.

Script / Cara membuat Aplikasi Android dengan API Agnosthings di Unity, dapat diunduh disini

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this: