Memahami Class Diagram Lebih Baik

Memahami Class Diagram Lebih Baik

Halo, semuanya! Sebelumnya kita sudah membahas tentang unified modeling language, nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu contoh dari UML, yakni class diagram. Apa sih class diagram itu? Apa fungsinya? Simak artikel ini dengan baik ya.

Definisi class diagram

Class diagram atau diagram kelas adalah salah satu jenis diagram struktur pada UML yang menggambarkan dengan jelas struktur serta deskripsi class, atribut, metode, dan hubungan dari setiap objek. Ia bersifat statis, dalam artian diagram kelas bukan menjelaskan apa yang terjadi jika kelas-kelasnya berhubungan, melainkan menjelaskan hubungan apa yang terjadi. 

Diagram kelas ini sesuai jika diimplementasikan ke proyek yang menggunakan konsep object-oriented karena gambaran dari class diagram cukup mudah untuk digunakan.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Desain model dari diagram kelas ini sendiri dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama merupakan penjabaran dari database. Bagian kedua merupakan bagian dari modul MVC, yang memiliki class interface, class control, dan class entity.

Fungsi class diagram

Diagram kelas ini memiliki beberapa fungsi, fungsi utamanya yaitu menggambarkan struktur dari sebuah sistem. Berikut ini adalah fungsi-fungsi lainnya:

  • Menunjukan struktur dari suatu sistem dengan jelas.
  • Meningkatkan pemahaman tentang gambaran umum atau skema dari suatu program.
  • Dapat digunakan untuk analisis bisnis dan digunakan untuk membuat model sistem dari sisi bisnis.
  • Dapat memberikan gambaran mengenai sistem atau perangkat lunak serta relasi-relasi yang terkandung di dalamnya.

Keunggulan

Menggunakan diagram kelas memberikan banyak keunggulan bagi proses pengembangan perangkat lunak dan dalam bisnis. Berikut ini adalah keunggulan dari diagram kelas:

  • Diagram kelas berfungsi untuk menjelaskan suatu model data untuk sebuah program, baik model data sederhana maupun kompleks.
  • Memberikan gambaran umum tentang skema aplikasi dengan jelas dan lebih baik.
  • Membantu kamu untuk menyampaikan kebutuhan dari suatu sistem.

Komponen penyusun class diagram

Diagram kelas memiliki tiga komponen penyusun. Berikut ini adalah komponen-komponennya:Contoh komponen class diagram

  • Komponen atas
    Komponen ini berisikan nama class. Setiap class pasti memiliki nama yang berbeda-beda, sebutan lain untuk nama ini adalah simple name (nama sederhana).

  • Komponen tengah
    Komponen ini berisikan atribut dari class, komponen ini digunakan untuk menjelaskan kualitas dari suatu kelas. Atribut ini dapat menjelaskan dapat ditulis lebih detail, dengan cara memasukan tipe nilai.

  • Komponen bawah
    Komponen ini menyertakan operasi yang ditampilkan dalam bentuk daftar. Operasi ini dapat menggambarkan bagaimana suatu class dapat berinteraksi dengan data.

Hubungan antar kelas

Setelah kita mengetahui penjelasan tentang diagram kelas, sekarang kita akan membahas hubungan antar kelasnya. Ada tiga hubungan dalam diagram kelas. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Asosiasi
    Pertama ada asosiasi. Asosiasi dapat diartikan sebagai hubungan antara dua class yang bersifat statis. Biasanya asosiasi menjelaskan class yang memiliki atribut tambahan seperti class lain.Contoh asosiasi

  • Agregasi
    Agregasi adalah hubungan antara dua class di mana salah satu class merupakan bagian dari class lain, tetapi dua class ini dapat berdiri masing-masing.Contoh agregasi

  • Pewarisan
    Pewarisan atau inheritance dapat disebut juga generalization dalam class diagram adalah suatu kemampuan untuk mewarisi seluruh atribut dan metode dari class asalnya (superclass) ke class lain (subclass).Contoh Pewarisan

Contoh penerapannya

Berikut ini adalah contoh dari diagram kelas sistem perpustakaan.Contoh class diagram perpustakaan

 

Kesimpulan

Jadi, itulah pembahasan kita tentang class diagram. Diagram kelas sendiri merupakan salah satu jenis diagram UML yang digunakan untuk menggambarkan serta mendeskripsikan class, atribut, metode, dan hubungan dari setiap objek. Ia juga memiliki beberapa fungsi, salah satunya adalah dapat memberikan gambaran mengenai sistem atau perangkat lunak serta relasi-relasi yang terkandung di dalamnya.

Demikian pembahasan kita kali ini. Semoga kamu dapat lebih memahami diagram kelas ini. Ditunggu artikel selanjutnya dari kami.

Memahami Class Diagram Lebih Baik – end

Untuk menambah kemampuan lain, simak juga beberapa artikel berikut ya:

  1. Apa itu UML? Beserta Pengertian dan Contohnya
  2. Apa Itu Sequence Diagram dan Contohnya
  3. Contoh Use Case Diagram Lengkap dengan Penjelasannya 

Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.