Marbel Belajar Bagian Tubuh, Game Edukasi Pendamping Anak Belajar dan Bermain

Mengajak anak belajar bisa menggunakan berbagai media. Salah satu media yang bisa dimanfaaatkan adalah menggunkan game di smartphone untuk membantu belajar. Educa Studio mengembangkan game edukasi anak untuk membantu mengenalkan bagian tubuh yang bernama Marbel Belajar Bagian Tubuh.

Background Developer & Challenge

Educa Studio

Educa Studio

Sejak berdiri pada 1 April 2011 hingga kini, Educa Studio telah memiliki lebih dari 100 aplikasi. Seratus aplikasi lebih telah dikapalkan oleh Educa Studio dalam berbagai platform. Tahun 2014 lalu, total unduhan seluruh aplikasi milik Educa Studio mencapai 15 juta download loh. Dan yang menarik, aplikasi yang dikembangkan oleh Educa Studio semuanya memiliki unsur pendidikan anak yang sangat bermanfaat.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Marbel Belajar Bagian Tubuh telah memenangkan tantangan di Dicoding yang berjudul Create Any Education App or Game for Elementary School.

Background Application

Screenshot_2015-11-12-02-45-59

Salah satu materi ajar untuk anak usia dini adalah mengenalkan bagian tubuh. Aplikasi Marbel Belajar Bagian Tubuh sangat cocok untuk dikenalkan pada anak yang sudah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Daripada anak-anak menggunakan smartphone hanya untuk bermain, dengan menggunkana Marbel Belajar Bagian Tubuh, anak-anak tidak hanya dapat bermain tapi juga dapat belajar. Aplikasi ini akan sangat membantu orang tua yang memiliki anak yang kecanduan gadget.

Review Application

Screenshot_2015-11-12-02-46-18

Marbel Belajar Bagian Tubuh memiliki dua mode utama, mode bermain dan mode belajar. Pada mode belajar, anak-anak dapat mengenal bagian tubuh manusia seperti bagian pada kepala, badan, tangan, dan kaki.

Lalu pada metode bermain, anak bisa bermain dan belajar menggunakan empat permainan seru seperti menyusun puzzle bagian tubuh, bermain tepat cepat, bermain merias wajah, dan bermain tebak gambar. Kombinasi dari dua mode permainan ini akan membuat anak bisa bermain sambil belajar.

Tak hanya itu, Marbel Belajar Bagian Tubuh juga dilengkapi dengan gambar yang cerah dan penuh animasi. Tentunya semua sudah disesuaikan dengan konten yang cocok untuk anak usia dini.

Development Tools

Cocos2d

Cocos2d

Untuk mengembangkan Marbel Benda, Educa Studio menggunakan game engine yakni Cocos2D. Cocos2D merupakan game engine yang cukup populer untuk mengembangkan game berbasis 2D.

Cocos2D bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi di berbagai platform. Untuk membuat aplikasi Android, dibutuhkan Android SDK dan juga Android Studio atau Eclipse sedangkan untuk membuat palikasi untuk iOS, dibutuhkan XCode.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Untuk mendapatkan uang dari aplikasi Marbel Angka, Educa Studio menggunakan model iklan. Ada iklan banner dan juga iklan intertisial di dalam game ini. Keduanya menggunakan layanan AdMob dari Google.

Untuk pengguna Android sendiri, nampaknya penggunaan iklan masih menjadi model monetisasi yang populer. Walapun sepertinya model ini kurang ideal jika ditujukan untuk permainan anak-anak karena rawan untuk tidak sengaja ditekan oleh anak.

Kesimpulan

Screenshot_2015-11-12-02-46-36

Marbel Belajar Bagian Tubuh merupakan game edukatif yang sangat cocok untuk anak-anak. Game ini dapat menjadi pendamping bagi anak untuk bisa belajar mengenal bagian tubuh sembari bermain.

Unduh Marbel Belajar Bagian Tubuh: Google Play (Free)


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.