Mainkan Marbel Menulis Untuk Latih Anak Menulis Huruf dan Angka

Dicoding kali ini ingin membahas sebuah aplikasi permainan edukasi yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Bagi para Devs yang sudah memiliki anak, bisa menggunakan aplikasi yang satu ini untuk mengajarkan mereka cara menulis huruf dan angka.

Yuk mari kita simak lebih lanjut lagi tentang aplikasi Marbel Menulis karya Educa Studio yang satu ini.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Background Developer & Challenge

Educa Studio

Educa Studio

Sejak berdiri pada 1 April 2011 hingga kini, Educa Studio telah memiliki lebih dari 100 aplikasi. Iya, Devs tidak salah baca, 100 aplikasi lebih yang telah dikapalkan oleh Educa Studio dalam berbagai platform. Tahun 2014 lalu, total unduhan seluruh aplikasi milik Educa Studio mencapai 15 juta download loh. Dan yang menarik, aplikasi yang dikembangkan oleh Educa Studio semuanya memiliki unsur pendidikan anak yang sangat bermanfaat.

Marbel Menulis adalah aplikasi yang memenangkan tantangan Dicoding yakni 100K Downloads Club Android NDK Challenge.

Background Game

Screenshot Marbel Menulis 1

Screenshot Marbel Menulis 1

Educa Studio memiliki beberapa seri aplikasi yang berbeda-beda. Salah satu seri yang cukup populer adalah seri Marbel, yakni Mari Belajar. Marbel Menulis merupakan salah satu aplikasi dari seri Marbel yang merupakan seri belajar sambil bermain bagi anak-anak.

Dengan seri Marbel Menulis, Educa Studio akan membantu anak untuk belajar menulis menggunakan smartphone. Walaupun mungkin experience yang dialami akan berbeda dengan menulis secara manual di atas kertas, namun Marbel Menulis akan bisa membantu mengenalkan anak tentang huruf dan angka serta cara penulisannya.

Review Game

Screenshot Marbel Menulis 2

Screenshot Marbel Menulis 2

Marbel Menulis memberikan dua jenis pembelajaran yang bisa kita mainkan. Pembelajaran pertama adalah belajar menulis angka sedangkan pembelajaran kedua adalah belajar menulis huruf.

Cara bermainnya adalah di tiap mode, kita akan diberikan contoh huruf atau angka yang perlu ditulis. Lalu akan ada tanda panah di dalam huruf atau angka yang memandu anak belajar menarik garis untuk menulis. Anak tinggal mengikuti saja panduan yang diberikan.

Jika garis yang dibuat sesuai dengan pandua dan tidak keluar dari area yang disediakan, maka angka atau huruf tersebut akan terisi oleh warna. Kita juga bisa membunyikan audio untuk mendengarkan pengucapakan dari angka atau huruf tersebut.

Development Tools

Cocos2d

Cocos2d

Untuk mengembangkan Marbel Menulis, Educa Studio memanfaatkan game engine bernama Cocos2D. Agar bisa dimainkan di Android, mereka juga menggunakan Eclipse dan Android SDK.

Untuk satu game, menggunakan engine tersebut, kira-kira dibutuhkan waktu 3 bulan pengerjaan. Tantangan dari pembuatan game ini adalah harus selalu melakukan trial dan error karena bersaing dengan cukup banyak aplikasi yang juga mengincar market anak-anak. Untuk itu Educa Studio menyampaikan bahwa mereka harus terus berinovasi dan fight agar bisa menjadi yang terbaik.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Educa Studio bisa mendapatkan pemasukan dari aplikasi yang mereka kembangkan melalui iklan. Dengan menggunakan iklan, tiap pemain yang memainkan game-nya akan memberikan pemasukan tambahan bagi Educa Studio.

Educa Studio menggunakan layanan iklan dari Google bernama Google AdMob. Dengan AdMob, mereka bisa memasukan iklan berupa ad banner dan ad intertisial di dalam aplikasi mereka. Google akan membayar Devs dilihat dari jumlah view iklan dan juga jumlah klik pada iklan tersebut.

Kesimpulan

Screenshot Marbel Menulis 3

Screenshot Marbel Menulis 3

Marbel Menulis karya Educa Studio merupakan salah satu tools yang akan sangat membantu anak-anak belajar menulis huruf dan angka. Dengan aplikasi ini, anak-anak bisa belajar dimanapun mereka berada dengan mudah dan menyenangkan.

Unduh Marbel Menulis: Google Play (free)


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!