Mainkan Kumpulan Lagu Anak Dalam La La La – Lantunan Lagu Anak

Berbeda dengan era tahun 90-an dimana banyak sekali lagu untuk anak beredar di masyarakat, kini lagu untuk anak-anak juga artis cilik sangatlah jarang. Lagu-lagu klasik seperti lagu karya Pak Kasur kini tidak lagi mudah ditemukan. Gundu Productions mencoba menghadirkan kembali lagu-lagu anak dalam game La La La – Lantunan Lagu Anak.

Background Developer & Challenge

Gundu Productions Logo

Gundu Productions Logo

Gundu Productions merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan game. Studio ini dapat mengerjakan berbagai jenis game mulai dari serious games, advergame, edugames, hingga playful solution. Gundu production mencoba menjadi pusat untuk berbagai playful solution.

Aplikasi La La La – Lantunan Lagu Anak juga telah mendapatkan penghargaan dari Dicoding yakni Create Any Education App or Game for Preschool & Kindergarten.

Background Application

Screenshot_2015-11-23-12-40-48

La La La – Lantunan Lagu Anak mencoba memperkenalkan lagu anak dengan cara yang menyenangkan. Mengingat anak-anak jaman sekarang lebih sering mendengarkan lagu yang bukan untuk usianya, aplikasi ini akan menjadi media baru bagi anak untuk belajar mengenal lagu. Dengan La La La – Lantunan Lagu Anak, anak-anak akan menjadi lebih familiar dengan berbagai jenis lagu yang memang diciptakan untuk anak usia mereka saat ini.

Review Application

Screenshot_2015-11-23-12-41-01

La La La – Lantunan Lagu Anak memiliki cukup banyak fitur menarik untuk dimainkan oleh anak. Fitur utama dari game ini adalah tebak lagu. Dalam fitur ini, kita akan menebak lagu anak-anak dengan menekan tuts piano sesuai dengan not balok yang diberikan. Setiap lagu yang berhasil kita tebak akan menjadi pilihan lagu yang bisa kita dengarkan lagi di lain waktu.

Tak hanya itu, kita juga bisa bermain piano secara bebas. Bisa mencoba memainkan lagu yang sudah kita kenal atau bisa bebas berkreasi membuat lagu sendiri. Dalam fitur ini, kita juga bisa merekam hasil permainan kita dan memainkan ulang karya yang sudah kita buat.

Satu lagi fitur menarik adalah pilihan suara berbeda yang disediakan. Pada awalnya, dalam bermain menebak lagu, bermain bebas, atau fitur lainnya, suara yang dihasilkan merupakan suara piano. Dengan fitur ganti suara, kita bisa mengubah suara musik yang dihasilkan menjadi suara burung, bebek, kambing, dan lain sebagainya.

Development Tools

Unity 3D

Unity 3D

Untuk proses pengembangan game La La La – Lantunan Lagu Anak, Gundu Productions menggunakan game engine bernama Unity. Unity merupakan salah satu game engine gratis yang bisa dinikmati oleh para pengembang game.

Monetization

Dalam game La La La – Lantunan Lagu Anak, metode monetisasi yang digunakan adalah menggunakan iklan. Iklan akan muncul dalam bentuk interstitial yang artinya sewaktu-waktu akan muncul iklan berukuran satu layar pada saat transisi layar. Bentuk iklannya bisa berupa iklan tulisan, gambar, ataupun video.

Kesimpulan

Screenshot_2015-11-23-12-42-39

La La La – Lantunan Lagu Anak merupakan aplikasi yang cocok untuk mengenalkan lagu-lagu kepada anak. Selain memiliki metode yang kreatif untuk mengenalkan lagu-lagu, anak-anak juga dapet menikmati permainan yang ada didalam game ini.

Unduh La La La – Lantunan Lagu Anak: Google Play (free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more