Mainkan Kuis Galau Untuk Menampung Curahan Hati Galauers

Halo Devs yang mungkin lagi pada galau. Dicoding akan menulis artikel tentang sebuah aplikasi yang cocok banget nih buat Devs yang mungkin lagi butuh teman curhat atau butuh untuk didengarkan isi hatinya. Game Kuis Galau dari Agate Jogja yang satu ini akan jadi teman yang pas untuk mengisi kegalauan Devs sekalian. Tidak percaya? Coba simak review-nya yah.

Background Developer & Challenge

Agate Jogja

Agate Jogja

Agate Jogja merupakan salah satu anak perusahaan dari Agate. Agate Jogja termasuk salah satu developer lokal yang aktif meluncurkan berbagai karya game, terutama untuk platform mobile. Ciri khas dari game buatan Agate Jogjaadalah game yang casual dan ringan untuk dimainkan.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Game Kuis Galau dari Agate Jogja juga telah memenangkan banyak challange dari Dicoding. Ini listnya:

Background Game

Screenshot Kuis Galau 1

Screenshot Kuis Galau 1

Mungkin Agate Jogja melihat belakangan ini semakin banyak anak muda yang diranda kegalauan dalam hidupnya. Untuk mengatasi hal tersebut, maka muncullah game Kuis Galau yang spesial ditujukan untuk para galauers di Indonesia.

Game ini akan memberikan hiburan bagi Devs yang sedang diranda kegaualan dan bisa juga jadi sarana untuk melampiaskan perasaan kita. Dengan game bertipe kuis trivia ini, Agate Jogja akan menemani Devs dimasa-masa galaunya.

Review Game

Screenshot Kuis Galau 2

Screenshot Kuis Galau 2

Cara bermain game ini adalah kita akan diberikan pertanyaan seputar kegalauan seseorang. Uniknya, pertanyaan yang diberikan merupakan soal yang dibuat oleh pemain Kuis Galau lainnya. Jadi terkadang kita akan menemukan pertanyaan yang berhubungan dengan kita atau ada pertanyaan yang benar-benar asing.

Dalam satu paket soal, kita akan diberikan beberapa pertanyaan dengan tiga pilihan jawaban. Jika 80% jawaban kita benar di paket pertanyaan tersebut, maka kita bisa mengerjakan paket pertanyaan berikutnya.

Kita pun juga bisa turut menyumbang pertanyaan loh di Kuis Galau. Tapi tentu akan dikurasi terlebih dahulu oleh Agate Jogja sebelum bisa digunakan untuk bermain. Dengan menyumbang pertanyaan dan mendapatkan highscore di Kuis Galau, nama kita bisa eksis di halaman depan game ini.

Tapi memang berhubung pertanyaannya adalah user generated content, walaupun sudah dikurasi, ada pertanyaan yang saya sendiri benar-benar blank. Pertanyaan sama jawaban kok tidak nyambung. Terkadang pilihan jawabannya benar-benar subjektif.

Development Tools

Unity 3D

Unity 3D

Untuk pengembangan game ini, Agate Jogja menggunakan tools game engine Unity3D. Unity3D memang sudah menjadi piliha engine Agate Jogja karena mampu membuat proses pengembangan game menjadi lebih cepat.

Yang menarik, untuk membuat fitur pertanyaan dari user, awalnya Agate Jogja hanya menggunakan link yang melempar ke PHP lalu mengirimkannya via email ke kru Agate Jogja. Di awal waktu masih sedikit yang mengirimkan pertanyaan, proses kurasi masih bisa dilakukan dengan mudah. Cukup baca satu-persatu, lalu di copy paste ke XML, lalu tinggal di upload ke server. Nanti game akan melakukan pengecekan ke server ada soal baru atau tidak, kalau ada nanti akan di download ke dalam game.

Namun dengan jumlah pemain yang semakin banyak, jumlah pertanyaan yang masuk pun semakin tidak terbendung. Dalam sehari, mungkin bisa ada 1.000 email masuk. Oleh karena itu, untuk kurasi akhirnya dibuatkan sendiri sistemnya di server. Dengan begitu, admin bisa tinggal centang konten yang bagus, bisa koreksi dikit, lalu tinggal generate ke XML.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Untuk mendampatkan pemasukan, Agate Jogja menggunakan model iklan yang dibenamkan di dalam aplikasi. Ada iklan yang merupakan promosi game-game milik Agate Jogja lainnya, ada juga iklan yang menggunakan layanan Google.

Untuk layanan iklan, Agate Jogja menggunakan AdMob di dalam Kuis Galau. Ada iklan berupa banner yang selalu muncul di layar ada juga yang berupa iklan sisipan yang sesekali muncul memenuhi layar kita.

Kesimpulan

Screenshot Kuis Galau 3

Screenshot Kuis Galau 3

Kuis Galau merupakan permainan kuis trivia yang unik karena kontennya dibuat oleh pemain lain. Terkadang pertanyaannya lucu dan menarik, tapi juga ada pertanyaan yang jawabannya sangat subjektif karena merupakan user generated content. Kalau Devs penasaran atau ingin menambahkan pertanyaan, bisa langsung diunduh yah game Kuis Galau.

Unduh Kuis Galau: Google Play (Free)


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!