Lestarikan Aksara Jawa Dengan Bermain Game Goa Caraka

Buat Devs yang asli Jawa, masih hafal tidak aksara Jawa? Kalau sudah lupa, mungkin game yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin turut melestarikan huruf peninggalan budaya Jawa ini. Yuk kita simak pembahasan game berjudul Goa Cara karya Dandelion team.

Background Developer & Challenge

Logo Dandelion team

Logo Dandelion team

Dandelion Team merupakan studio yang mengawali kiprahnya dengan mengikuti program PKM yang dicanangkan oleh Dikti pada tahun 2015. Studio yang telah meluncurkan produk perdananya berjudul Goa Caraka ini telah memiliki segudang prestasi.

Selain program PKM dari Dikti, Dandelion team juga pernah menjadi Finalis di Unity EduCOmp, Juara 3 Cakrawala Awards 2.0 Kategori Aplikasi-Game Android, dan juga memenangkan Intel NDK Challenge di Dicoding.

Background Game

Screenshot_2015-08-28-00-43-59

Game Goa Caraka dikembangkan atas dasar kepedulian dari Dandelion Team terhadap pelestarian budaya Indonesia. Salah satu budaya yang menurut Dandelion Team mulai sirna adalah kekayaan bahasa daerah kita, salah satunya aksara Jawa.

Saat ini, sedikit sekali remaja yang menguasai aksara Jawa. Bahasa ini semakin tergerus oleh kebudayaan asing. Apalagi saat ini, sedikit sekali sekolah yang masih mengajarkan aksara Jawa di pulau Jawa. Fenomena ini akan menjadi tantangan yang semakin berat mengingat gempuran budaya dari luar akan semakin deras masuk ke Indonesia.

Review Game

Screenshot_2015-08-28-00-45-05

Dalam game Goa Caraka, kita akan memerankan sesosok lelaki berpakaian adat Jawa yang tengah mengumpulkan bebatuan di dalam sebuah gua. Bukan sembarang batu, lelaki ini sedang mengumpulkan batu yang berisikan aksara Jawa.

Tugas kita adalah untuk menjatuhkan batu yang berisikan huruf-huruf jawa tersebut ke dalam gerobak milik lelaki tersebut. Di sini letak tantangan dari permainan Goa Caraka. Kita harus memastikan batu-batu tersebut jatuh sesuai dengan timing lelaki tersebut berada di bawah batu tersebut.

Kemudian setelah berhasil meletakan batu-batu tersebut di dalam gerobak, kita akan memasuki babak bonus. Di babak ini, kita akan menyusun huruf-huruf yang sudah dikumpulkan mengikuti dengan kalimat yang diperintahkan. Pada babak inilah kita akan belajar huruf-huruf jawa dan turut serta melestarikan akasra Jawa.

Development Tools

Unity 3D

Unity 3D

Untuk pengembangan game ini, Dandelion Team menggunakan game engine Unity. Unity dipilih karena menurut Dandelion team merupakan engine yang relatif mudah digunakan. Selain itu, Dandelion Team juga berniat untuk mendistribusikan game ini di berbagai platform. Dengan menggunakan Unity, proses porting akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Monetization

Saat ini game Goa Caraka belum dimonetisasi dan diberikan kepada pengguna secara cuma-cuma. Hal ini akan membantu pengguna untuk bisa mempelajari aksara Jawa dengan mudah.

Kesimpulan

Screenshot_2015-08-28-00-45-38

Game Goa Caraka adalah permainan yang tepat untuk kamu yang ingin turut melestarikan budaya Indonesia, terutama kebudayaan asli Jawa. Devs bisa mengenal huruf-huruf Jawa dengan metode yang menyenangkan di dalam game ini.

Unduh Goa Caraka: Google Play (free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more