Kenali Benda-Benda di Sekitar Dengan Marbel Benda

Anak-anak memang penuh dengan rasa penasaran terhadap lingkungan sekitarnya. Buat Devs sekalian yang ingin mengenalkan berbagai jenis benda kepada anaknya, Educa Studio punya aplikasi yang tepat untuk menjawab kebutuhan Devs. Simak pembahasannya lebih lanjut di artikel Dicoding yang satu ini.

Background Developer & Challenge

Educa Studio

Educa Studio

Sejak berdiri pada 1 April 2011 hingga kini, Educa Studio telah memiliki lebih dari 100 aplikasi. Iya, Devs tidak salah baca, 100 aplikasi lebih yang telah dikapalkan oleh Educa Studio dalam berbagai platform. Tahun 2014 lalu, total unduhan seluruh aplikasi milik Educa Studio mencapai 15 juta download loh. Dan yang menarik, aplikasi yang dikembangkan oleh Educa Studio semuanya memiliki unsur pendidikan anak yang sangat bermanfaat.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Marbel Benda dari Educa Studio merupakan aplikasi jawara di Dicoding. Marbel Benda sudah memenangkan tantangan dari Intel dan Dicoding yakni 100K Downloads Club Android NDK Challenge.

Background Game

Marbel Benda

Marbel Benda

Melanjutkan seri Marbel, Educa Studio merilis aplikasi Marbel Benda. Marbel merupakan seri Mari Belajar Sambil Bermain yang secara khusus dikembangkan oleh Educa Studio sebagai sarana bagi anak-anak usia dini untuk belajar sambil bermain.

Dalam Marbel Benda, Educa Studio akan mengajak anak-anak untuk menyalurkan rasa ingin tahunya tentang benda-benda di sekitarnya. Secara khusus, Marbel Benda akan mengenalkan benda-benda yang ada di dalam ruang belajar.

Review Game

Screenshot Marbel Benda 2

Screenshot Marbel Benda 2

Marbel Benda merupakan sarana untuk mengenalkan kepada anak terhadap berbagai objek di sekitarnya. Cara bermainnya dibagi jadi dua mode utama, yang pertama mode belajar dan yang kedua mode bermain.

Pada mode belajar, kita akan masuk ke dalam ruang belajar yang penuh dengan berbagai benda. Kita bisa menavigasikan ke kanan dan kiri untuk melihat sekeliling dari ruangan tersebut. Kita juga bisa menyentuh objek-objek tersebut dan akan muncul keterangan nama benda yang disentuh.

Lalu di mode bermain, kita akan diuji pengetahuan mengenai benda-benda yang ada di ruang tersebut. Akan ada pertanyaan yang berisi nama benda yang ada di ruangan. Tugas kita adalah menemukan benda yang dimaksud sebelum batas waktunya habis.

Namun yang sedikit menyulitkan adalah proses navigasi ke kanan dan kiri yang terasa agak kurang responsif. Di mode bermain, hal ini dapat membuat batas waktu habis sebelum sempat menemukan objek yang dimaksud.

Development Tools

Cocos2d

Cocos2d

Untuk mengembangkan Marbel Benda, Educa Studio menggunakan game engine yakni Cocos2D. Cocos2D merupakan game engine yang cukup populer untuk mengembangkan game berbasis 2D.

Cocos2D bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi di berbagai platform. Untuk membuat aplikasi Android, dibutuhkan Android SDK dan juga Android Studio atau Eclipse sedangkan untuk membuat palikasi untuk iOS, dibutuhkan XCode.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Metode monetisasi yang digunakan oleh Educa Studio dalam Marbel Benda adalah dengan iklan. Iklan yang digunakan pada Marbel Benda adalah layanan iklan dari Google yang bernama AdMob.

Iklan di dalam Marbel Benda diletakan dengan dua cara. Yang pertama dengan banner yang ada di sisi bawah aplikasi dan yang kedua adalah iklan selingan yang muncul pada transisi layar.

Kesimpulan

Screenshot Marbel Benda 3

Screenshot Marbel Benda 3

Marbel Benda merupakan seri permainan edukasi untuk anak-anak agar bisa mengenal berbagai objek benda di sekitarnya. Aplikasi ini sangat cocok untuk anak-anak yang memiliki rasa ingin tahu yang besar.

Unduh Marbel Benda: Google Play (free)


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!