Kembangkan Kreativitas dan Otak Kanan Anak Dengan Marbel Musik

Halo Devs. Pada kesempatan kali ini, Dicoding akan meliput sebuah aplikasi karya developer dari Salatiga yakni Educa Studio. Seperti biasa, Educa Studio tampil membawa aplikasi yang tepat untuk digunakan oleh anak-anak untuk belajar dan bermain. Yuk kita simak lebih lanjut!

Background Developer & Challenge

Educa Studio

Educa Studio

Sejak berdiri pada 1 April 2011 hingga kini, Educa Studio telah memiliki lebih dari 100 aplikasi. Iya, Devs tidak salah baca, 100 aplikasi lebih yang telah dikapalkan oleh Educa Studio dalam berbagai platform. Tahun 2014 lalu, total unduhan seluruh aplikasi milik Educa Studio mencapai 15 juta download loh. Dan yang menarik, aplikasi yang dikembangkan oleh Educa Studio semuanya memiliki unsur pendidikan anak yang sangat bermanfaat.

Marbel Musik juga sudah memenangkan beberapa tantangan di Dicoding yakni 10K Downloads Club Android NDK Challenge dan 100K Downloads Club Android NDK Challenge.

Background Game

Screenshot Marbel Musik 1

Screenshot Marbel Musik 1

Dalam tumbuh kembang anak, penting untuk bisa mengasah otak kiri dan otak kanan mereka dengan baik. Salah satu media untuk bisa mengembangkan kreativitas anak adalah dengan musik.

Marbel Musik karya Educa Studio ini akan mampu menjadi media yang cocok untuk anak kita. Dengan kemudahan yang ada di dalam genggaman tangan kita, tidak perlu repot-repot membeli alat musik untuk bisa menstimulasi otak kanan kita dengan musik.

Review Game

Screenshot Marbel Musik 2

Screenshot Marbel Musik 2

Marbel Musik harid untuk membantu anak mengenal musik, suara, dan juga instrumen. Ada banyak fitur yang disediakan untuk belajar musik melalui interaksi yang akan menyenangkan bagi anak-anak.

Ada banyak sekali pilihan permainan musik yang bisa kita mainkan di Marbel Musik. Hampir seluruhnya disajikan dengan metode yang kreatif dan menarik bagi anak. Hal ini akan membuat anak dapat belajar musik dengan hati riang dan gembira.

Beberapa pilihan mode yang bisa kita mainkan adalah mengenal tangga nada, mengenal instrumen musik, mengenalkan suara dari masing-masing instrumen musik, mengenalkan piano, mengenalkan musik dengan suara dari binatang, ada orkestra kodok, dan metode pembelajaran menggunakan rumah orkestra.

Development Tools

Cocos2d

Cocos2d

Educa Studio memanfaatkan game engine Cocos2D untuk mengembangkan Marbel Musik. Cocos2D merupakan salah satu game engine populer yang banyak digunakan oleh developer di Indonesia.

Sedikit tips dari Educa Studio untuk pengembang pemula, belajarlah dari pengalaman, buatlah sesuatu yang memang mampu dilakukan terlebih dahulu. Baru kemudian dioptimasi. Kebanyakan developer pemula ingin langsung membuat game yang terlalu kompleks sehingga tidak release-release.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Cara Educa Studio mendapatkan penghasilan dari game miliknya adalah melalui iklan. Dengan game-nya yang sudah diunduh hingga jutaan orang, penggunaan iklan merupakan metode yang cukup efektif.

Layanan iklan yang digunakan oleh Educa Studio pada Marbel Musik adalah Google AdMob. Dengan layanan ini, kita bisa memunculkan iklan di dalam aplikasi dan mendapatkan uang dari pengguna yang melihat atau menyentuh iklan tersebut.

Kesimpulan

Screenshot Marbel Musik 3

Screenshot Marbel Musik 3

Marbel Music bisa menjadi media yang tepat bagi para Devs untuk mengajarkan atau mengenalkan musik kepada anak-anak. Banyak mode permainan yang bisa dipilih dan dimainkan.

Unduh Marbel Musik: Google Play (Free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more