Kembali Hadir, Event Developer Baparekraf Developer Day 2023 dan Program Beasiswa Fasilitasi

Kembali Hadir Event Developer Terbesar di Indonesia, Baparekraf Developer Day 2023!

Dalam kondisi bangkit dari pandemi, Kemenparekraf/Baparekraf hadir memberikan angin segar bagi para pengembang talenta, sebagai upaya untuk mengaktifkan kembali ekonomi, khususnya pada bidang kreatif dan digital.

Sebelum pandemi, event Developer Day selalu dinanti. Acara tahunan sejak 2016 ini, telah memfasilitasi puluhan ribu pengembang aplikasi dan solusi digital dalam naungan BEKRAF (Kini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) dan didukung penuh oleh Dicoding sebagai platform pembelajaran pemrograman online di Indonesia. 

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Tahun 2023 ini, Kemenparekraf/Baparekraf kembali menggelar Program Pengembangan Talenta Digital Kreatif melalui event akbar bertajuk Baparekraf Developer Day (BDD) dan Program Beasiswa Baparekraf Digital Talent (BDT). 

Dalam kegiatan BDD tahun ini, peserta akan mendapatkan transfer knowledge dari para praktisi handal yang sukses dalam pengembangan Android dan Front-End Web dalam kemasan sesi inspirasi dan talkshow. Sedangkan Beasiswa Fasilitasi BDT akan berfokus pada 2 subjek pelatihan, yakni Pengembang Aplikasi Perangkat Bergerak Android (Mobile) dan Pengembang Aplikasi Web. Peserta fasilitasi akan dibekali dengan materi, tutorial, latihan, pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dengan standar global, serta dukungan mentor, fasilitator, dan forum diskusi online untuk membantu peserta menyelesaikan program fasilitasi ini.

Event Baparekraf Developer Day 2023 (Workshop Online) 

Event BDD 2023 bersifat gratis dan akan mulai pada Sabtu, 18 Maret 2023 secara online, disiarkan melalui kanal YouTube Baparekraf Developer Day

Melalui event ini, para developer berkesempatan belajar langsung dari ahlinya melalui track online. Terdapat 5 sesi track yang akan dimulai dari pukul 08.00 hingga 17.20 WIB, diantaranya sesi sambutan dari Kemenparekraf dan Dicoding, sesi Keamanan Data, sesi Track Android Developer, Track Front-End Web Developer, serta sesi Industri.

Deretan narasumber pemateri adalah para pakar di bidangnya. Mereka adalah para engineer dan praktisi tersertifikasi dari berbagai unicorn, perusahaan teknologi, perusahaan multinasional, komunitas, dan usaha rintisan. 

Kuota event ini tidak terbatas! Maka dari itu, pastikan kamu mendaftar dan bagikan informasi event ini ke komunitas-mu ya! 

Spesial tersedia copy materi/slide, serta sertifikat bagimu yang daftar dan menghadirinya. 

Program Beasiswa Fasilitasi Baparekraf Digital Talent 2023

Fasilitasi belajar ini ditujukan untuk belajar programming online di Dicoding secara gratis. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) membuka kesempatan ini pada seluas-luasnya Warga Negara Indonesia tanpa sekat usia, latar belakang pendidikan, pekerjaan, dll.

Tahun 2023, fasilitasi ini menawarkan dua pilihan kelas. Kamu hanya dapat memilih salah satu pilihan kelas berikut:

  1. Fasilitasi Pelatihan Android Developer Learning Path: Kelas Memulai Pemrograman Dengan Kotlin, atau
  2. Fasilitasi Pelatihan Front-End Web Developer Learning Path: Kelas Belajar Dasar Pemrograman Web.

Syarat mengikuti fasilitasi BDT 2023, antara lain:

  • Warga Negara Indonesia (WNI), tanpa batasan usia/profesi/akademik.
  • Mengisi form pendaftaran yang telah disediakan pada tombol Daftar Fasilitasi BDT
  • Mengisi Surat Komitmen Fasilitasi dengan data sebenarnya (siapkan tanda tangan dan materai 10.000)

Melalui event developer BDD dan program fasilitasi BDT 2023 ini, semoga dapat menjadi jembatan bagi para developer tanah air dalam mengembangkan diri dan membawa Indonesia menjadi lebih maju dalam era digital. 

Mari daftar pada Event BDD dan Fasilitasi BDT 2023 yang berlangsung dari tanggal 18 Maret 2023 melalui web bdd.kemenparekraf.go.id 

Seluruh kegiatan ini bersifat GRATIS!

Cek informasi lebih lanjut mengenai program ini akan disampaikan melalui kanal sosial media Dicoding (IG: @dicoding; FB: @dicoding; Twitter: @dicoding; Youtube: Dicoding Indonesia).

 


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.