Kartu Prakerja Kini Bukan Lagi Sekedar Program Bansos

Kartu Prakerja Kini Bukan Lagi Sekadar Program Bansos

Kartu Prakerja adalah program upskilling dan/atau reskilling yang diadakan oleh pemerintah dan sudah berjalan sejak tahun 2020. Program Kartu Prakerja ini adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk para pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Tujuan Kartu Prakerja

Sejak awal dibentuk, program ini ditujukan kepada masyarakat Indonesia yang sedang mencari pekerjaan dan/atau yang ingin meningkatkan kemampuannya dalam bidang karier yang dituju. Namun, pada awal tahun 2020 tidak disangka wabah COVID-19 masuk ke Indonesia. Ini menyebabkan penghentian beberapa aktivitas bahkan pemutusan hubungan kerja (PHK) sehingga program Kartu Prakerja ini berubah menjadi program semi bansos.

Pada tahun 2020, Komite Cipta Kerja menargetkan program ini dapat diikuti oleh para pencari kerja dan pekerja formal atau informal. Khususnya, bagi para pencari kerja yang terkena dampak langsung dari berkurangnya aktivitas ekonomi nasional saat pandemi COVID-19. Berjalan hingga tahun 2022 akhir, Prakerja masih menjadi program semi bansos yang diberikan oleh pemerintah.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Namun, memasuki tahun 2023 program Kartu Prakerja telah kembali kepada rencana awal, yaitu ditujukan agar peserta meningkatkan skill (upskilling) dalam pekerjaannya/bidang karier yang diminati. Selain itu, program ini juga membantu para peserta untuk menguasai kemampuan baru (reskilling).

Tujuan dari program ini tidak selalu mendorong peserta untuk bekerja menjadi karyawan, tetapi juga mendorong peserta atau masyarakat yang mengikuti program ini menjadi seorang wirausaha. Dalam jangka panjang, peserta pun diharapkan dapat membuka juga lowongan pekerjaan yang bermanfaat.

Peserta diberikan saldo Kartu Prakerja untuk dapat memilih satu atau lebih pelatihan yang disediakan. Hal tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh peserta untuk memaksimalkan upskilling dan/atau reskilling-nya.

ilustrasi pelatihan kartu prakerja

Dicoding merupakan salah satu lembaga pelatihan yang menyediakan kelas atau pelatihan yang dapat diikuti oleh peserta penerima Kartu Prakerja. Manfaat dari mengikuti pelatihan yang lembaga sediakan pada program ini langsung dirasakan oleh tidak sedikit peserta, salah satunya adalah Yumna sebagai alumni kelas Belajar Dasar Pemrograman Web Dicoding pada program Kartu Prakerja tahun 2020.

Manfaat Kartu Prakerja

Di era saat ini, upskilling menjadi hal yang penting untuk menunjang pekerjaan agar skill atau kemampuan yang dimiliki terus ter-update seiring berjalannya waktu. Apalagi jika kamu seorang developer, tentunya harus selalu update pengetahuan dan skill karena teknologi berkembang sangat cepat. Berikut adalah beberapa manfaat upskilling yang harus kamu ketahui.

1. Perjalanan Karier Menjadi Lebih Baik

Ketika kamu melakukan upskilling dan berhasil menambah kemampuanmu dalam suatu bidang pekerjaan, tentu hal ini akan membantu kamu mendapatkan pekerjaan yang lebih baik sesuai level kemampuan yang dimiliki.

2. Memiliki Kemampuan yang Relevan dengan Perkembangan Zaman dan Teknologi

Perkembangan teknologi sangat cepat pada era digital ini. Lapangan pekerjaan pun tentu akan mengikuti tren teknologi tersebut dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi, banyak sekali kemampuan terkait dengan teknologi yang perlu dipahami. Apalagi sebagai seorang developer kamu perlu terus up-to-date mengenai teknologi yang saat ini eksis.

3. Menumbuhkan Kepercayaan Diri

Ketika kamu yakin dengan kemampuan yang kamu miliki, kamu dapat menyelesaikan masalah yang ada. Ini tentunya menumbuhkan tingkat kepercayaan diri berhubungan dengan hal yang kamu kerjakan selanjutnya hingga mendapatkan kesempatan promosi jabatan.

4. Menumbuhkan Kepuasan Konsumen

Dalam sebuah pekerjaan, pastinya kita menginginkan konsumen dari produk atau jasa yang dikerjakan memiliki tingkat kepuasan terbaik. Dengan melakukan upskilling, kita pun akan lebih percaya diri dengan hal yang dikerjakan. Kualitas produk atau jasa yang kita ciptakan pun bisa lebih baik. Hal ini berdampak pada tingkat kepuasan konsumen.

5. Memperbesar Peluang Diterima oleh Perusahaan

Ketika sebuah perusahaan memiliki bisnis yang berhasil, tentunya perusahaan pun membutuhkan lebih banyak talenta baru untuk menambah tenaga kerja. Namun, HR pasti akan memilih kandidat yang paling memiliki pengalaman dan keterampilan lebih.

Dengan memanfaatkan program Kartu Prakerja sesuai dengan tujuan programnya saat ini, diharapkan masyarakat Indonesia memiliki kemampuan kerja yang baik sehingga dapat menurunkan angka pengangguran negara.

Tidak semua upskilling ditujukan kepada para karyawan, bahkan saat ini tidak sedikit juga masyarakat memanfaatkan program Kartu Prakerja untuk menjadikan mereka sebagai pengusaha sesuai kemampuan yang mereka miliki. Pentingnya memanfaatkan Prakerja sebagai jalan upskilling dan/atau reskilling adalah untuk menjadikan diri lebih baik lagi dalam pekerjaan yang dijalani.

 

Itulah beberapa insight yang dapat kamu ambil mengenai program pemerintah yaitu Kartu Prakerja. Mari manfaatkan program ini dan tingkatkan kemampuan yang kamu miliki sekarang juga!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.