Kamus Sunda, Praktis dan Mudah Digunakan

Adakah Devs yang keturunan Sunda? Masih bisakah berbicara bahasa Sunda? Kalau Devs ingin belajar bahasa Sunda, bisa gunakan aplikasi Kamus Sunda karya GITS Indonesia yang akan memudahkan kamu untuk mengerti bahasa Sunda.

Kali Ini Dicoding akan membahas lebih dalam tentang aplikasi Kamus Sunda. Simak yuk pembahasannya.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Background Developer & Challenge

logo gits indonesia

logo gits indonesia

GITS Indonesia merupakan perusahaan IT yang sudah cukup senior di Indonesia. Yang menarik, GITS Indonesia merupakan salah satu pelopor di pengembangan aplikasi Android di Indonesia. Dikala Google belum mendukung developer di Indonesia untuk membuat akun di Google Play, GITS Indonesia sudah selangkah lebih maju dengan membuat akun di luar Indonesia.

Selain menjadi expert dan pelopor Android di Indonesia, GITS Indonesia juga memiliki variasi portofolio dan skill di dunia IT yang sangat banyak, mulai dari kemampuan di area pengembangan website hingga berbagai platform mobile seperti untuk Windows Phone, Blackberry, iOS, Android, dan lain sebagainya.

Kamus Sunda juga sudah menjuarai tantangan yang ada di Dicoding. Tantangan yang sudah dimenangkan oleh GITS Indonesia melalui aplikasi Kamus Sunda adalah 100K Downloads Club Android NDK Challenge dan 10K Downloads Club Android NDK Challenge.

Background Aplikasi

Screenshot Kamus Sunda 1

Screenshot Kamus Sunda 1

Melestarikan budaya adalah kewajiban kita sebagai anak bangsa. Salah satu budaya yang perlu kita jaga adalah bahasa. Melalui Kamus Sunda, GITS Indonesia yang juga bermarkas di Bandung mencoba turut serta melestarikan bahasa Sunda.

Dengan membuat kamus dalam bentuk digital, siapapun akan bisa dengan mudah mengakses kamus tersebut. Apalagi mengingat Kamus Sunda ini juga disediakan gratis, tentu akan lebih memudahkan kita yang ingin belajar bahasa Sunda.

Review Aplikasi

Screenshot Kamus Sunda 2

Screenshot Kamus Sunda 2

Kamus Sunda merupakan aplikasi yang cukup straight forward. Begitu kita membuka aplikasi tersebut, langsung bertemu dengan halaman untuk memasukan kata dan menemukan terjemahannya. Kita bisa mencari arti dari bahasa Indonesia ke bahasa Sunda maupun sebaliknya.

GITS Indonesia selaku ahli di teknologi Android tentunya sudah membuat desain Kamus Sunda yang mengikuti standar dari Google. Standar ini disebut juga dengan Material Design. Hal ini akan membuat user interface di dalam aplikasi ini seragam dengan berbagai komponen di sistem operasi Android.

Ada juga fitur speech recognition dimana kita bisa memasukan kata dengan suara. Lalu juga ada fitur text to speech dimana aplikasi akan membacakan kata yang ada di layar. Namun sayangnya, logat bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris sehingga terkadang terasa kurang relevan dengan kata yang dimaksud. Apabila kata yang diucapkan menggunakan logat Indonesia, apalagi Sunda, maka aplikasi ini akan semakin memiliki daya tarik yang tinggi.

Development Tools

Android Studio

Android Studio

Untuk pengembangannya, GITS Indonesia menggunakan tools standard yang biasa digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android. Tools utamanya adalah menggunakan Android SDK dan Android Studio. Untuk keperluan desain user interface, GITS Indonesia menggunakan software desain Adobe Photoshop.

Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android menggunakan Android SDK dan Android Studio adalah Java. Cukup banyak tutorial bahasa Java yang bisa kita temukan di internet sehingga mudah bagi siapapun untuk mengembangkan aplikasi Android.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Untuk monetization, GITS Indonesia menggunakan layanan iklan di dalam aplikasi besutan Google. Layanan tersebut bernama AdMob. Dengan AdMob, GITS Indonesia menyematkan iklan di dalam aplikasinya berupa iklan banner dan iklan interstisial.

Layanan AdMob merupakan salah satu layanan iklan yang paling banyak digunakan oleh developer di Indonesia. Meskipun ada banyak layanan iklan lainnya seperti VSERV atau InMobi, AdMob masih menjadi pilihan utama developer di Indonesia untuk aplikasi berbasis Android.

Kesimpulan

Screenshot Kamus Sunda 3

Screenshot Kamus Sunda 3

Kamus Sunda merupakan aplikasi utilitas yang akan membantu Devs yang membutuhkan terjemahan dari bahasa Indonesa ke bahasa Sunda dan juga sebaliknya. Dengan ukuran file yang kecil, data yang offline, dan gratis, aplikasi Kamus Sunda bisa menjadi pilihan utama buat Devs yang sedang mencari kamus bahasa Sunda.

Unduh Kamus Sunda: Google Play (free)


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!