5 Alasan Kenapa JS Penting untuk Web Programmer

5 Alasan Kenapa Javascript Penting untuk Web Programmer

5 Alasan Kenapa Javascript Penting untuk Web Programmer – karya Fiska Sukma Esaputra, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Hallo teman-teman! Ada programmer web disini? Pasti udah kenal dong sama Javascript. Tau kan kenapa Javascript penting untuk web programmer? Kali ini kita akan bahas tentang 5 alasan kenapa Javascript penting untuk web programmer.

Kenapa Javascript penting untuk web programmer?

javascript penting untuk web programmer

Seperti yang sudah kita tahu, Javascript adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengembangan web untuk membuatnya lebih dinamis dan lebih interaktif. Hampir semua kegunaan aplikasi yang membuat internet diperlukan untuk kehidupan modern, dibuat dengan Javascript.

Beberapa tahun ke belakang, browser yang mendukung Javascript masih sedikit. Bahkan Internet Explorer, salah satu browser terbesar besutan Microsoft belum mendukung Javascript. Microsoft bahkan menciptakan client-side script-nya sendiri yaitu JScript. Ini membuat para programmer yang ingin membuat sebuah aplikasi web dinamis, harus terjebak dengan hanya menggunakan satu browser saja, yang mana membuat internet menjadi tidak universal seperti sekarang.

Lalu apa saja alasan yang membuat Javascript penting? Berikut 5 diantaranya:

#1 Universal

Seorang web programmer tentunya ingin membuat aplikasinya digunakan oleh semua orang, yang berarti bersifat universal. Javascript yang akhirnya didukung oleh hampir semua browser yang sering digunakan, akhirnya menjadi bahasa pemrograman yang universal. Ini membuat pengembangan web menjadi semakin canggih, lebih dinamis dan lebih interaktif.

#2 Menjadikan frontend lebih powerful

Untuk waktu yang lama, website selalu menggunakan basis PHP, seperti WordPress contohnya. Semua logika web yang dibuat biasanya dikembangkan pada sisi server, inilah yang membuat sebuah web menjadi statis. Sudah tau dong perbedaan web statis dengan dinamis yang pernah kita bahas?

Browser modern memungkinkan sebuah web menjadi lebih interaktif dan dinamis. Logika yang sebelumnya harus di-handle pada sisi server, kini sepenuhnya dapat di-handle pada sisi client, semua berkat Javascript.

#3 Bahasa dari banyak sekali aplikasi

Memang, fungsi utama Javascript yaitu untuk pengembangan frontend web. Tapi jaman sekarang, Javascript bisa digunakan untuk hal yang lebih banyak, seperti:

  • Server side script

Loh Javascript kan buat sisi client? Dulu iya, tapi sekarang Javascript juga bisa digunakan untuk sisi server. Kita ambil contoh node.js, sebuah pengembangan dari Javascript yang tidak hanya dapat digunakan untuk ngoding dari sisi client tapi juga dari sisi server.

  • Aplikasi Mobile

Bikin aplikasi mobile? Ya betul sekali teman-teman, Javascript juga bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile. Dulu memang aplikasi mobile hanya dapat dikembangkan dengan bahasa seperti java untuk android. Tapi sekarang, Javascript memungkinkan untuk digunakan dalam mobile API untuk membuat aplikasi mobile.

Javascript juga memungkinkan membuat aplikasi mobile baru, contohnya PWA, yang menggabungkan fitur-fitur web dengan fitur aplikasi mobile.

#4 Kemudahan akses

Ada alasan kenapa Javascript penting untuk programmer web dan sering digunakan oleh programmer pemula. Disamping kelebihannya sebagai tools yang universal, Javascript juga free dan semua resource-nya dapat kita gunakan sepenuhnya. Bisa dibilang, kita gak perlu mengikuti pelatihan khusus untuk memahami Javascript.

#5 Membuat sebuah web menjadi hidup

Tiga pondasi utama web yaitu HTML, CSS, dan Javascript berkaitan satu sama lain. Ketiganya membuat sebuah web menjadi lebih hidup. Dianalaogikan HTML sebagai kanvasnya, CSS sebagai kuas dan catnya, dan Javascript sebagai rasanya. Jadi jika kita browsing sebuah web, seolah-olah kita sedang berkeliling di sebuah galeri lukisan.

javasript penting untuk web programmer

Itu dia teman-teman beberapa alasan pentingnya Javascript untuk programmer web. Tanpa Javascript sebuah web bisa dibilang hambar, berasa ada yang kurang gitu hehehe…

5 Alasan Kenapa Javascript Penting untuk Web Programmer

-end-

Artikel ini ditulis oleh Fiska Sukma Esaputra, Intern Junior Content Writer di Dicoding
“Buruan gabung di Dicoding dengan ribuan developer lainnya!”

Mengenal fungsi Asynchronous Request pada Javascript disini https://www.dicoding.com/blog/mengenal-fungsi-asynchronous-request-pada-javascript/
Gimana cara membuat browser menjadi lokal web server? Baca disini https://www.dicoding.com/blog/cara-membuat-browser-menjadi-lokal-web-server/

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding