Sistem Pendaftaran Pasien Online: Inovasi Keren Karya Putra Papua

Sistem Pendaftaran Pasien Online: Inovasi Keren Karya Putra Papua

Karya putra Papua ini layak diapresiasi. Lewat android apps-nya, Johanes Ronald Gollop (35 thn) bercita-cita tingkatkan layanan kesehatan masyarakat di Merauke, kampung halamannya. Baru-baru ini, bekal menerima beasiswa DTS Kemenkominfo,  Ronald mengembangkan sebuah aplikasi pendaftaran pasien online. Solusi bagi menumpuknya antrian pasien di loket RSUD Merauke, tempatnya bekerja. Seperti apa? Mari kita simak. 

Pegawai Andalan RSUD Merauke 

Statusnya “hanya” karyawan honorer. Pun demikian, tak mengurangi semangat Ronald menebar manfaat. “Saya ingin buat suatu terobosan baru dalam hal pelayanan kesehatan,” tegasnya. Terbukti, sepanjang karirnya di RSUD Merauke, Ronald mengembangkan sistem laboratorium klinik (2013), sistem pembayaran di loket (2011-2015),  dan sistem pelayanan penerbitan surat jaminan kesehatan khusus bagi masyarakat asli Papua (2015 s.d sekarang) di RSUD Merauke. 

Kala internet mati dan surat jaminan untuk pasien JKN/BPJS tak dapat diterbitkan, datang dadakan ke kantor kala sore, malam, bahkan subuh pun, sudah biasa baginya. Ronald memang andalan kantor  dan khusus ditunjuk atasan untuk menangani programming sistem manajemen informasi RS.

Tapi yang unik, tupoksinya di atas kertas adalah hardware dan jaringan. 

Lalu, kok bisa Ronald dipercaya emban amanah yang seharusnya dilakukan oleh programmer? SKILL jawabannya

Pemuda Putus Kuliah tanpa Background Programming  

Skill programming yang kini Ronald miliki, bukanlah dari bangku pendidikan formal. Programming adalah hobi sedari SMA yang tak lanjut ke bangku kuliah. Di kuliah ia ambil jurusan mesin yang tak sesuai dengan passion. Tak heran, kuliahnya putus di tengah jalan.  

Meski demikian, karena niat belajar yang tinggi, Ronald tekun belajar otodidak dari situs dan forum-forum programming online. Motivasinya kuat: 

“Saya ingin mengisi kekosongan waktu dengan belajar hal-hal yang positif dan berguna untuk masa depan saya. Lalu sebagai Karyawan Honorer di RSUD Merauke saya ingin membantu pelayanan kesehatan jadi makin efisien.”

Terbukti, ia jadi mahir menggunakan Visual Basic. Dengan tools tersebut, karya putra Papua miliknya berupa sistem laboratorium, pembayaran, dan penerbitan surat jaminan khusus bagi masyarakat asli Papua pun lahir dan membawa manfaat. 

Menemukan Beasiswa DTS

Sampai akhirnya Ronald menemukan kesempatan Beasiswa Digital Talent dari Scholarship dari Kemenkominfo pertengahan 2019, lalu mendaftar. Saat ditanya kenapa, pemuda ramah ini menjawab: 

 “Dengan belajar bersama dengan yang lebih ahli dalam pemrograman, setidaknya saya bisa menyamai teman-teman lain yang di Indonesia Barat.” 

Melalui beasiswa ini, Ronald berkesempatan mengikuti kelas Belajar Membuat Aplikasi Android untuk Pemula yang diselenggarakan oleh Dicoding, satu-satunya Google Authorized Training Partner di Indonesia. Ia mengaku: 

“Saya sangat bangga bisa belajar bersama Dicoding. Materi yang disediakan mudah dipahami dan dipraktikkan. Kemudian pada saat tugas submission ditolak untuk revisi, saya dikasih tahu di mana letak kesalahan yang harus diperbaiki.  Dicoding membantu saya dalam mengenal programming lebih dalam lagi dengan materi sangat sesuai dengan apa yang saya inginkan dalam belajar.” 

Karya Putra Papua, “Sistem Pendaftaran Pasien Online” pun Lahir

Lewat kelas Android pemula, Ronald telah menghasilkan purwarupa aplikasi android “sistem pendaftaran pasien online.” Inilah solusi bagi tantangan pelayanan kesehatan masyarakat di Merauke.

Karya Putra Papua

Antrian di loket pendaftaran selalu menumpuk dan lama. Calon pasien juga harus bolak balik konsultasi dengan bagian rawat inap untuk mengecek ketersediaan kamar. Ini tentunya menyulitkan masyarakat, terutama masyarakat Papua asli yang tinggal jauh di daerah-daerah luar Merauke.  

Karena itulah aplikasi ini hadir menawarkan empat manfaat sebagai berikut: 

  1. Mempermudah masyarakat melakukan pendaftaran pelayanan rawat jalan secara online.
  2. Masyarakat  bisa mengetahui ketersediaan tempat tidur rawat inap secara online dan realtime.
  3. Adanya integrasi on call emergency unit (gawat darurat) dalam layanan kesehatan
  4. Masyarakat dapat mengetahui jadwal praktek dokter di klinik pelayanan rawat jalan secara online dan realtime. 

Lulus dari kelas pemula, Ronald melanjutkan pengerjaan purwarupa aplikasi ini di kelas Menjadi Android Developer Expert. “Atasan pun mendukung saya,” ujarnya. “Saya yakin bisa menyelesaikannya.” Terbukti, kini Ronald telah lulus dari kelas MADE tersebut. Selamat ya Ronald!

karya putra papua

Ronald (di depan, ber-hoodie) bersama rekan-rekan sejawat

Tetap Semangat Meski Minim Fasilitas dan Tunjangan

Suka duka jadi programmer buatnya, “banyak sih Mbak” ujarnya. Salah satunya adalah tidak punya laptop. Miliknya hanya netbook jadul kecil yang jauh dari spesifikasi minimal. Beruntung selama ini ia bisa meminjam laptop kantor untuk mengerjakannya. 

Terkadang ia juga mengaku sedih. Ia mengalami timpangnya pendapatan sebagai lulusan SMA jika dibandingkan dengan rekan sejawat lulusan S1 Teknik Informatika. 

Meski demikian, yang membuatnya tetap maju adalah keluarga dan semangat berkarya menebar manfaat. Menuju pelayanan kesehatan masyarakat yang lebih efisien bagi warga Papua. 

 Sistem Pendaftaran Pasien Online: Inovasi Keren Karya Putra Papua-end

Berminat juga belajar sungguh-sungguh seperti Ronald? Tentu bisa. Amankan paket langgananmu dan dapatkan Bonus T shirt Google Developer ya!

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Editor @ Dicoding