Inilah Lima Sistem Operasi yang Banyak Dipakai

Inilah Lima Sistem Operasi yang Banyak Dipakai

Apakah kamu pernah bertanya bagaimana sebuah perangkat menjalankan berbagai fitur yang ada di dalamnya? Salah satu hal yang sangat berperan dalam sebuah perangkat tersebut adalah sistem operasi. Nah, mungkin kamu juga pernah mendengar nama-nama seperti Windows dan Android. Itu adalah contoh dari sistem operasi, lo! Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai sistem operasi yang banyak dipakai di dunia. Yuk, kita simak bersama.

Pengertian

Sebelum melangkah ke bagian pengenalan beragam sistem operasi yang banyak dipakai, tentu kita harus mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Apa itu sistem operasi?

Sistem operasi adalah sebuah sistem yang menghubungkan antara perangkat keras dan penggunanya (Haryanto, 2012). Ia bertugas untuk mengelola sumber daya yang akan digunakan oleh perangkat serta menyediakan layanan kepada pengguna sehingga memudahkannya untuk memanfaatkan beragam fitur yang ada pada perangkat tersebut.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Selain itu, ia berfungsi untuk mengelola manajemen berbagai komponen yang ada dalam sebuah perangkat. Disadur dari buku Sistem Operasi (2005) yang mengutip Silberschatz, dkk., umumnya sistem operasi memiliki komponen, antara lain manajemen proses, memori, file, sistem inputoutput, jaringan dan proteksi, serta sistem commandinterpreter.

Ilustrasi lima orang sedang menggunakan sistem operasi yang berbeda-beda.

Dapat dilihat dari pengertian dan fungsinya bahwa sistem operasi ini ternyata memang hal yang sangat penting dalam sebuah perangkat. Tanpanya, sebuah perangkat tentu tidak akan dapat digunakan dengan baik oleh pengguna. Mungkin saja perangkat masih bisa menyala (booting), tetapi fungsinya tidak akan optimal.

Sistem Operasi yang Banyak Dipakai

Setelah mengetahui pengertiannya, tentu sebagian dari kamu penasaran, apa saja contohnya? Sebagian lainnya mungkin sudah paham dan langsung bisa menerka berbagai macam tersebut. Yuk, langsung saja, ini dia beberapa di antaranya yang sering digunakan oleh pengguna di seluruh dunia.

Android

Ini adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Android dirancang untuk teknologi mobile, seperti ponsel pintar dan tablet.  Android dibangun berbasis kernel Linux dengan sistem pengembangan sumber terbuka (open source). Oleh sebab itu, para developer bisa mengembangkan aplikasi berbasis Android dengan bebas.

Logo Android, sistem operasi dirancang untuk mobile.

Android dikembangkan sejak tahun 2005 dan mulai dipasarkan pada akhir tahun 2008. Menurut statcounter.com, pangsa pasar Android berjumlah sebesar 39,2% per Agustus 2023. 

Berdasarkan data pangsa pasar dari IDC.com, perangkat Android yang terjual (dicatat dari perusahaan Samsung, Xiaomi, Oppo, dan Transsion) sebanyak 148,8 juta unit di kuartal kedua tahun 2022. Data tersebut lebih banyak apabila dibandingkan dengan perangkat komputer yang terjual pada rentang waktu yang sama, yakni sebanyak 111,2 juta unit saja.

Windows

Siapa yang tidak mengenal Windows? Umurnya sudah cukup tua, yakni 40 tahun sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 1983. Windows dikembangkan oleh Microsoft yang awalnya bertujuan memenuhi kebutuhan tampilan bergambar pada komputer.

Logo Windows

Diambil dari statcounter.com, pangsa pasar Windows berjumlah sebesar 30,12%. Beberapa versi Windows yang cukup menguasai pasar tersebut adalah Windows 10, Windows 11, dan Windows 7.

iOS

Bagi kamu para pecinta perangkat iPhone, tentu sudah tidak asing dengan nama yang satu ini. iOS adalah sistem operasi yang menjalankan aplikasi perangkat lunak di dalam perangkat iPhone dan juga iPad (hingga tahun 2019). Hingga saat ini, sudah ada 16 versi iOS, dan versi terbarunya, yakni ke-17 yang rilis pada tahun ini.

iOS, sistem operasi dalam iPhone.

Masih merujuk pada data dari statcounter.com, pangsa pasar iOS berjumlah 16,48%, dan menempati posisi ketiga. Dengan total pendapatan sekitar $394,3 miliar pada tahun 2022, 52% di antaranya berasal dari penjualan iPhone.

MacOS

Nah, kalau sebelumnya dikhususkan bagi pecinta perangkat iPhone, nama MacOS pastinya tidak asing untuk pengguna Macbook. Ya, MacOS adalah sistem operasi yang difungsikan dalam perangkat Macbook.

Dulu, saat awal pengembangannya, MacOS difungsikan untuk perangkat komputer Macintosh dengan nama OS X. Saat ini, OS X sudah diberhentikan pengembangannya dan digantikan dengan MacOS sejak tahun 2016.

Logo MacOS

Per tahun 2023, pangsa pasar OS X mencapai angka 8,77%, dikutip dari statcounter.com. Versi yang merajai OS X adalah MacOS Catalina (dengan angka 92,88%), yang dirilis pada tahun 2019.

Linux

Terakhir adalah Linux yang sering digunakan oleh para developer. Sama halnya dengan Android, Linux juga dikembangkan dengan sumber terbuka. Oleh sebab itu, kodenya dapat dilihat, diedit, dan didistribusikan oleh siapa saja. Hal ini memberikan transparansi untuk mengaudit keamanan dan mendorong munculnya inovasi.

Linux, sistem operasi andalan developer.

Linux telah menjadi basis untuk beberapa sistem operasi terkenal lainnya. Selain Android, ada juga Chrome OS dengan jumlah pangsa pasar sebesar 1,44% dicatat oleh statcounter.com

 

Itulah dia beberapa sistem operasi terkenal yang mungkin sudah pernah kamu baca atau dengar. Bisa jadi, kamu malah sudah menggunakannya di perangkatmu. Nah, dari beberapa macam di atas, mana yang jadi favoritmu? Yuk, saling berbagi di kolom komentar.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.